Seleksi Beasiswa Universitas Nusa Putra, Bupati Sukabumi: Ini Tahun Kedua

Senin 15 Maret 2021, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami berharap kerja sama pemerintah dengan Universitas Nusa Putra melalui program beasiswa bisa memberi kesempatan putra-putri di daerah yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Apalagi, kata Marwan, program beasiswa ini adalah tahun kedua, di mana di tahun sebelumnya Pemkab Sukabumi juga sudah memfasilitasi ratusan putra-putri di daerah yang ingin berkuliah jenjang Sarjana atau S1.

"Ini yang kedua. Tahun kemarin juga kita laksanakan. Beasiswa ini untuk memberi kesempatan kepada pelajar agar mencari ilmu pengetahuan sampai ke jenjang yang lebih tinggi," kata Marwan seperti dikutip dari siaran pers Pemkab Sukabumi, Senin (15/3/2021).

Baca Juga :

Menurut Marwan, pemberian beasiswa ini dapat membawa pemerataan ilmu pengetahuan  terhadap masing-masing orang yang berada diwilayah Kabupaten Sukabumi.

"Makanya kenapa kita sebar dan mencari dari tiap-tiap kecamatan. Kita ingin memiliki generasi yang lebih cerdas dan pintar. Setelah lulus dan dapat ilmunya, mereka harus bisa memberikan ide dan gagasan untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah agar lebih maju," imbuhnya.

Marwan meyakini pemberian beasiswa ini dapat membantu ekonomi masyarakat yang tidak mampu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat 

"Sumber daya yang ada di Sukabumi ini luar biasa, maka kita perlu siapkan anak-anak kita untuk meningkatkan SDM-nya, biar tidak kalah bersaing. Ini menjadi tujuan dari visi misi  Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, inovatif, sejahtera lahir batin," pungkasnya

photoBeasiswa Bupati Sukabumi di Universitas Nusa Putra. - ( Istimewa)</span

Sementara itu, Rektor Universitas Nusa Putra, Dr Kurniawan mendukung program Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kerjasama ini sebagai wujud triple helix, kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan dan industri. Diharapkan dengan adanya program ini, SDM di Sukabumi bisa menjawab tantangan di era global dan siap pakai di dunia industri," ujar Kurniawan.

Untuk diketahui, di tahun ini ada 733 siswa yang mengikuti seleksi beasiswa Bupati Sukabumi di Universitas Nusa Putra. Seleksi dilakukan di 27 lokasi yang tersebar di Kabupaten Sukabumi. Pelaksanaan tes dengan memberlakukan protokol kesehatan itu dilaksanakan di 22 SMP, 1 SD dan 4 kantor kecamatan.

Tahun lalu dari sekitar 400 peserta yang mengikuti ujian, 150 diantaranya dinyatakan lulus. Tahun ini, kuota yang diberikan Nusa Putra masih seperti konsep tahun lalu dengan mempertimbangkan nilai dan capaian passing grade dari hasil ujian peserta. Hasil ujian dan kelulusan akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram