638 Honorer Kabupaten Sukabumi Dapat SK P3K, Marwan Ajak Rutin Donor Darah

Senin 08 Februari 2021, 10:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sedikitnya 638 tenaga honorer di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi telah resmi mendapat Surat Keputusan (SK) Bupati Sukabumi tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja alias P3K.

SK diserahkan langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami secara simbolis kepada 5 orang perwakilan, disaksikan oleh seluruh tenaga honorer penerima secara virtual di Gedung Pendopo Sukabumi, Senin (8/2/2021).

Dikutip dari rilis yang diterima sukabumiupdate.com, Senin sore, pengangkatan P3K pada Tahap I ini terdiri dari 541 Guru Ahli Pertama, 73 Penyuluh Pertanian dan 24 Tenaga Kesehatan. 

Dalam amanatnya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan, peningkatan status kepegawaian P3K ini harus membuat para pegawai semakin semangat dalam bekerja, terutama dalam melayani masyarakat.

"Berbagai tahapan sudah dilalui untuk mendapatkan SK ini, jadi semangat bekerja jangan sampai kendor. Integritas dan pengabdian harus lebih kuat untuk melayani masyarakat," ujar Marwan.

BACA JUGA: Bagaimana Nasib Honorer di Sukabumi? Simak Program Paslon Pilkada 2020

Marwan meminta peran dan tanggung jawab yang tinggi dari para pegawai P3K untuk mengoptimalkan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat. "Perlihatkan dedikasi untuk bangsa dan negara. Tunjukan kinerja terbaik untuk Kabupaten Sukabumi," imbuhnya.

Selain membahas optimalisasi pelayanan, Marwan juga mengajak pegawai P3K untuk aktif berdonor darah dan membantu sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona.

"Salah satu contoh Tanggung jawab pengabdian ialah membantu sesama dengan diaplikasikan lewat rutin berdonor darah. Bantu juga untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan tempat kerja, dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala BKPSDM Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan bahwa program P3K ini merupakan kebijakan nasional yang dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan pegawai. Melalui program tersebut Pemkab Sukabumi mengusulkan pegawai honor yang masuk dalam Kategori II untuk dapat diangkat statusnya.

"Pegawai P3K Tahap I ini, merupakan eks honorer Kategori II. Jumlah pendaftar di Kabupaten Sukabumi sebanyak 980 orang, namun yang lolos dalam tahapan seleksi sebanyak 638 orang," singkat Ade.

Siti Rokhmat, salah satu guru honor di SDN Batukarut Kecamatan Sukaraja mengaku bahagia mendapatkan SK P3K tersebut. "18 tahun saya menjadi pegawai honor dan Alhamdulillah sekarang mendapat SK," ucapnya penuh haru.

BACA JUGA: Ada Guru Honorer, Ini 27 Raperda dalam Propemperda Tahun 2021 Kabupaten Sukabumi

Menurut Siti, proses mendapatkan SK P3K itu tidak mudah. Sebab selain usulan yang disampaikan oleh Pemkab Sukabumi pun harus mengikuti beberapa tes dan berbagai tahapan seleksi. 

"Selain mengikuti seleksi, kami juga harus menunggu sekitar setahun hingga mendapatkan SK ini. Saya berharap, semua honorer di Kabupaten Sukabumi bisa lolos menjadi PPPK," harapnya.

Diketahui sebelumnya, selain mengusulkan tenaga honor yang bertugas pada Pemkab Sukabumi beberapa tahun lalu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga pernah menyurati Presiden Republik Indonesia untuk meminta kebijakan pengangkatan  Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Katagori 35 + (GTKHNK 35 plus) yang bertugas di Kabupaten Sukabumi.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)