Banyak Batang Pohon di Lokasi Banjir Bandang Sukabumi, Bupati: Seperti Baru Ditebang

Selasa 22 September 2020, 04:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meninjau lokasi banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/9/2020).

Dari peninjauan itu, Marwan menduga batang kayu yang tergerus arus pada saat banjir bandang terjadi, berasal dari pohon yang baru ditebang. 

"Menurut laporan Pak Dandim setelah mengecek lapangan, ini akibat dari cekungan air yang dindingnya bobol akibat hujan besar. Sebagian material banjir berupa pohon ini masih bergetah, masih baru," ujarnya Marwan kepada sukabumiupdate.com, Selasa (22/9/2020). 

BACA JUGA: Polisi Terjunkan Tim Telusuri Pemicu Banjir Bandang di Utara Sukabumi

Namun ia tidak bisa memastikan batang pohon tersebut berasal dari pohon yang sengaja ditebang untuk alih fungsi lahan. Marwan menjelaskan, untuk memastikan itu perlu pengkajian mendalam. 

"Tetapi kita tidak bisa begitu saja. Kita akan evaluasi dengan membentuk tim dan akan menyisir sepanjang alur sungai ini. Apa ada perubahan fungsi hutan diatas atau tidak," terangnya

Marwan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendirikan rumah ke sempadan sungai. Menurutnya, itu dapat membahayakan keselamatan warga sekitar.

"Seharunya Pak Kades dan Pak Camat mengingatkan. Seperti di Nyangkowek itu sampai setengah ruas bahuan sungai sudah ada pancang-pancang rumah," tegasnya

Marwan melanjurkan, masa tanggap darurat bencana akan berlangsung selama sepekan. "Tanggap darurat itu seminggu, sudah standar seperti itu. Namun kondisional nanti bisa diperpanjang lagi. Yang paling harus dicermati baju ganti," tandasnya.

Pantauan di lokasi, terdapat beberapa dapur umum yang sudah didirikan untuk menyiapkan kebutuhan pangan warga terdampak bencana banjir bandang. Diantaranya dari Sat Brimob, Tagana Kabupaten Sukabumi, dan PMI Sukabumi. Personel yang disiapkan terdiri dari BPBD Kabupaten Sukabumi, Basarnas Pos Sukabumi, TNI, Polri, dan PMI, serta semua relawan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life01 Maret 2024, 05:00 WIB

Pernah Terjebak dalam Situasi Sulit? Cobalah Baca Doa Ini Saat Mengalaminya

Doa dapat menjadi sumber kekuatan, kedamaian, dan harapan saat terjebak dalam situasi sulit.
Doa dapat menjadi sumber kekuatan, kedamaian, dan harapan saat terjebak dalam situasi sulit. | Sumber: Pixabay.com (derudyarra)
Inspirasi29 Februari 2024, 23:54 WIB

Budaya Kerja Jadi Rahasia Kesuksesan Netflix, Bikin Betah Karyawan!

Terungkap rahasia kesuksesan netflix, budaya kerjanya bikin betah karyawan.
Gambar logo netflix. (Sumber : Pinterest)
Sukabumi29 Februari 2024, 23:54 WIB

Rindu Atraksi Barongsai, Ribuan Pengunjung Padati Bazar Cap Go Meh Kota Sukabumi

Ribuan pengunjung yang rindu atraksi Barongsai tumpah ruah penuhi Bazar Cap Go Meh di Kota Sukabumi. Ada juga bazar UMKM dilokasi acara Cap Go Meh
Ribuan Pengunjung padati Jalan Pajagalan Kota Dukabumi dapam acara Vazar Cap Go Meh pada Kamis (29/2/2024) | Foto : Asep Awaludin
Food & Travel29 Februari 2024, 23:49 WIB

Daftar 21 Merek Kurma Produk Israel, Banyak Beredar saat Ramadan

Masyarakat mulai membeli kurma seiring jelang bulan Ramadan tahun 2024. Namun Anda bisa memilah kurma yang akan Anda beli karena kurma produk Israel tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia.
Daftar 21 kurma produk Israel yang banyak beredar saat Ramadan | Foto : Pixabay
Internasional29 Februari 2024, 23:38 WIB

Innalillahi, Korban Meninggal Akibat Serangan Israel di Gaza Tembus 30 Ribu Jiwa

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Kamis 29 Februari 2024 menyebut jumlah kematian di Jalur Gaza sejak serangan Israel pada 7 Oktober lalu telah melampaui 30 ribu jiwa
Jumlah kematian di Jalur Gaza sejak serangan Israel pada 7 Oktober lalu telah melampaui 30 ribu jiwa | Foto: YouTube/Chiosphotos.gr
Nasional29 Februari 2024, 23:30 WIB

Stok Jagung Langka dan Mahal, PINSAR Desak Pemerintah Turun Tangan

Kalangan peternak ayam petelur yang tergabung dalam Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Petelur Nasional mendesak pemerintah campur tangan
Stok Jagung langka | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih29 Februari 2024, 23:23 WIB

Golkar Rebut 2 Kursi, 9 Caleg Dapil 3 Diprediksi Lolos DPRD Kabupaten Sukabumi

Berikut daftar nama Caleg Dapil 3 yang diprediksi menduduki kursi DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029.
Daftar 9 Caleg Dapil 3 Kabupaten Sukabumi yang diprediksi lolos ke Jajaway. (Sumber : Sukabumi Update)
Nasional29 Februari 2024, 23:17 WIB

Ambang Batas Parlemen 4 Persen Tidak Berlaku Mulai 2029

Mahkamah Konstitusi (MK) menghapus ketentuan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen yang selama ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
Hakim Mahkamah Konstitusi | Foto : Ist
Sukabumi29 Februari 2024, 23:03 WIB

Ratusan Warga Datangi Balai Desa Wanasari Sukabumi Pertanyakan Pemotongan BPNT

Ratusan warga Desa Wanasari Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi mendatangi kantor Desa Wanasari mempertanyakan kaitan adanya dugaan pemotongan BPNT, Kamis 29/2/2024.
Ratusan warga ontroh balai desa Wanasari Surade Sukabumi pertanyakan pemotongan BPNT | Foto : Ragil Gilang
Nasional29 Februari 2024, 22:42 WIB

Sindir Orang-orang Ribut Beras Mahal, Dedi Mulyadi: Saat Rokok & Skincare Naik Diam

Politisi Partai Gerindra, Dedi Mulyadi mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait jeritan masyarakat karena harga beras yang kian mahal.
Politisi Partai Gerindra, Dedi Mulyadi | Foto : Ist