Kontak Dengan TKI Positif Covid-19 di Hongkong, Perempuan Asal Ciracap Sukabumi Dikarantina

Jumat 19 Juni 2020, 04:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perempuan berusia 35 tahun asal Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi tengah dikarantina di RSUD Jampang Kulon.

BACA JUGA: Ratusan WNI yang Pulang dari Luar Negeri Positif Covid-19

Camat Ciracap, Deden Sumpena mengatakan, perempuan berinisial H tersebut dikarantina sejak Kamis (18/6/2020) pukul 08.00 WIB, lantaran baru saja pulang dari luar negeri pada bulan April lalu.

"Kami jelaskan kronologinya. Nyonya H berangkat ke Jakarta menggunakan jasa travel Bapak Hifni pada tanggal 2 Juni 2020. Tujuannya bekerja menjadi Asisten Rumah Tangga (ART). Tiba di tempat tujuan, majikannya adalah tenaga kesehatan, maka nyonya H berinisiatif melakukan rapid test di RSUD Cengkareng sebelum bekerja," papar Deden kepada sukabumiupdate.com, Jumat (19/6/2020).

BACA JUGA: Update 18/6/2020: Kabupaten Sukabumi, Lansia 60 tahun Asal Cicantayan Sembuh dari Covid-19

Lanjut Deden, setelah dilakukan rapid test, ternyata hasilnya adalah IgM Non Reaktif dan IgG Reaktif. Setelah didapatkan hasil pemeriksaan, calon majikannya mengusulkan untuk membawa H ke fasilitas pemeriksaan lebih lanjut, namun H menolak dan meminta pulang. 

"Akhirnya pada tanggal 4 Juni 2020, H pulang dengan jasa travel yang sama, namun sopir berbeda, tanpa ada keluhan apa-apa, tidak ada gejala yang mengarah ke Covid-19," lanjut Deden.

Sore harinya, sambung Deden, setelah H tiba di rumah, petugas Puskesmas Ciracap bersama Satgas Covid-19 Kecamatan dan Desa melakukan rapid test dan edukasi kepada keluarga H.

"Dari situ satgas mendapat pengakuan bahwa H sebelum melakukan perjalanan ke Jakarta, sekitar bulan April H bari saja pulang dari Abu Dhabi. Saat perjalanan pulang, sempat transit di Hongkong. Saat transit sempat bertemu dengan TKI asal Taiwan yang positif Covid-19. Setelah pulang dari luar negeri, H beraktivitas seperti biasa tanpa ada gejala yang mengarah ke Covid-19," kata Deden lagi.

BACA JUGA: Gugus Tugas Kabupaten Sukabumi Swab Test 2.000 Orang Dalam Tujuh Hari

Lanjut Deden, dari hasil koordinasi Satgas Covid Kecamatan Ciracap dan RSUD Jampang Kulon tentang keadaan H, maka dilakukan tes Swab pada tanggal 5 Juni 2020 dengan hasil negatif. Namun sesuai dengan saran pihak rumah sakit, diharuskan isolasi mandiri selama 14 hari sampai dilakukan tes PCR/Swab kedua kalinya.

"Selama pelaksanaan isolasi mandiri, pihak Satgas kecamatan, Satgas desa dan Puskesmas Ciracap mensosialisasikan kepada keluarga agar membatasi kegiatan luar rumah, menerapkan PHBS, serta jadwal ronda dilingkungan rumah H," terangnya.

Deden melanjutkan, tanggal 16 Juni 2020, tes PCR/Swab kedua dilakukan kepada H dengan hasilnya positif. Hasil diterima tim medis Puskesmas Ciracap dari pihak RSUD Jampang Kulon pada tanggal 17 Juni 2020 pukul 14.00 WIB.

"Kami berkordinasi, bermusyawarah tentang teknis penanganan H. Saran dari pihak RSUD adalah mengisolasi atau karantina di RSUD Jampang Kulon. Maka pada tanggal 18 Juni 2020 pukul 08.00 WIB, berangkat untuk karantina di RSUD Jampang Kulon," ujarnya.

BACA JUGA: 16 Ribu TKI akan Pulang, Jokowi Ingatkan Covid-19 Gelombang II

Deden mengungkapkan, tindakan yang akan dilakukan berikutnya adalah melakukan rapid test kepada keluarga dan yang pernah kontak erat dengan H, hingga isolasi mandiri, memberikan bantuan selama diisolasi, serta melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran.

"Mudah-mudahan hasil selanjutnya pasien tersebut sembuh dan hasilnya negatif. Ciracap belum masih zona merah atau kuning, itu yang menentukan Gugus Tugas Kabupaten," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa