Terbalik dan Tabrak Tiang Dermaga, Ini Kronologis Perahu Karam di Minajaya Sukabumi

Senin 13 Januari 2020, 02:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca buruk menyebabkan sebuah perahu karam di perairan Minajaya, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/1/2020) malam. 

Perahu bermesin diesel PS 100 dengan bobot 7 ton itu mengangangkut lima orang yang hendak memancing di perairan Cipaku Ciroyom, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Dihantam Ombak Tinggi, Perahu Karam di Pantai Minajaya Sukabumi

Satpol Airud Polres Sukabumi, Brigadir Ade mengatakan, lima orang di perahu tersebut adalah nahkoda bernama Jajang (45 tahun), Maesana alias doran (45 tahun), Kurniawan alias Tanaka (64 tahun), Darman alias Dede (50 tahun) dan pemilik perahu Muhammad Toha (64 tahun).

Ade menjelaskan, sekira pukul 08.00 WIB, perahu tersebut bertolak dari Pantai Palangpang menuju wilayah perairan Ujung Genteng Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Saat itu perahu ditumpangi Jajang, Maesana dan Darman.

BACA JUGA: Terlempar dari Perahu, Cerita Nelayan Ujung Genteng Berenang 2 Jam di Tengah Laut

"Sekira pukul 10.00 WIB Kapal tersebur bersandar di Pantai Bagal Batre Ujung Genteng dan beristiraht sebelum berangkat untuk memancing di wilayah perairan Cipaku Ciroyom, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung," kata Ade.

Sekitar pukul 14.00 WIB kapal tersebut berlayar dari Pantai Ujung Genteng menuju lokasi mancing wilayah perairan Cipaku Ciroyom. Di Pantai Ujung Genteng ini, Muhammad Toha dan Kurniawan naik sehingga diperahu ada lima orang dengan Jajang, Maesana dan Darman.

BACA JUGA: Tabrak Perahu Nelayan Sukabumi, KR Baruna Jaya dalam Tugas Pemetaan Tsunami

Sekira pukul 16.00 WIB kapal tersebut tiba ditujuan wilayah perairan Cipaku Ciroyom dan dilanjutkan memancing. Pada saat dilokasi mancing kondisi ombak sangat besar sehingga memutuskan untuk kembali ke perairan Ujung Genteng. Sekira pukul 17.30 WIB saat diperjalanan pulang kapal tersebut dihempas ombak sangat besar sehingga kapal tersebut mengalami bocor dibagian belakang bawah mesin diesel.

Saat itu mesin masih jalan dan perahu terus diarahkan agar bisa sampai di pesisir terdekat hingga akhirnya perahu masuk ke wilayah perairan Minajaya menuju dermaga Minajaya.

BACA JUGA: Perahu Nelayan Ujung Genteng Rusak Dihantam Ombak Tinggi di Pantai Cidaun

Sekira pukul 19.30 WIB kapal tersebut mendekati wilayah perairan Minajaya untuk mendarat. Pada saat jarak 150 meter ke bibir pantai, perahu tersebut dihempas ombak yang sangat besar sehingga terbalik dan menabrak tiang tanda masuk dermaga tradisional. Saat itu semua lima orang diperahu tenggelam dan berusaha menyelamatkan diri.

"Sekira pukul 21.00 WIB kelimanya dapat diselamatkan oleh nelayan setempat. Tiga orang, Jajang, Maesana dan Muhamad Toha selamat tanpa mengalami luka sedangkan Kurniawan dan Darman dilarikan ke RS Jampangkulon untuk mendapatkan perawatan medis. Pukul 23.00 WIB Kurniawan dan Darman sudah bisa kembali dari RS Jampangkulon. Kurniawan mengalami luka dibagian telapak kaki dan Darman mengalami luka lecet dibagian jari kaki sebelah kanan," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel08 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Langkah Mudah! Cara Membuat Air Rebusan Jinten Hitam untuk Mengatur Gula Darah

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari air rebusan jinten hitam, disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur, misalnya satu atau dua kali sehari.
Ilustrasi. Minuman. Cara Membuat Air Rebusan Jinten Hitam | Sumber: Freepik (azerbaijan_stockers)
Science08 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 8 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 8 Mei 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)