Napas Anak Usia Dini di Balik Bangunan Terminal Cibareno Sukabumi yang Terbengkalai

Jumat 18 Oktober 2019, 08:32 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Suara riuh anak-anak terdengar dari balik sekat triplek bercat jingga di Terminal Cibareno, Kampung Bantarkalapa, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jumat (18/10/2019) pagi itu. Mereka adalah murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutiara  yang sejak 2016 silam “mengambil alih” kehidupan di Terminal Cibareno.

Terminal yang berada diperbatasan Provinsi Jawa Barat dan Banten ini, telah lama mati dan terbengkalai. Sudah tidak ada kegiatan transportasi di terminal tersebut, bahkan sejumlah bangunan pendukung sudah rusak lapuk dimakan usia.

BACA JUGA: Ratusan Guru dan Anak PAUD se Sukabumi Unjuk Kebolehan di Selabintana

"Kita menumpang disini bukan tanpa alasan, karena memang selain PAUD tidak memiliki bangunan karena terkendala biaya, juga karena terminal ini tidak digunakan makanya kita numpang disini," ujar Kepala Sekolah Paud Mutiara, Ani Nuraeni kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/10/2019).

Semangat belajar murid PAUD Mutiara meski PAUD tersebut berada di Terminal Cibareno, Kampung Bantarkalapa, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok.

Sejatinya, PAUD Mutiara memiliki bangunan yang layak. Tapi lokasinya berada tepat di tikungan Jalan Cibareno sebelum terminal. Keadaan tersebut menjadi kekhawatiran orang tua karena lokasi bangunan PAUD yang sebelumnya berada di ruas jalan provinsi yang rawan kecelakaan. Pernah sekali, kendaraan yang mengalami kecelakaan terpental ke PAUD. Dari sana dicari jalan keluar yang akhirnya PAUD numpang di terminal Cibareno yang terbengkalai ini.

BACA JUGA: Semangat Belajar Anak PAUD di Tenda Pengungsian Pergerakan Tanah Kertaangsana Nyalindung

Sejatinya PAUD Mutiara sudah memiliki lahan dan bangunan yang saat ini dalam tahap pembangunan. Lokasinya masih berada di Kampung Bantarkalapa. Namun pembangunnya sudah lama tertunda karena kesulitan biaya.

"Lahan itu dibangun oleh yayasan Medina Arasidiah yang membeli tanah dan dihibahkan kepada PAUD ini. Jadi Alhamdulillah bangunannya sudah berdiri tinggal finishing namun pemilik yayasan sudah meninggal, ya akhirnya belum ada dana lagi," bebernya.

BACA JUGA: Muscab III Himpaudi Kecamatan Cikakak Sukabumi, Suarakan Kesetaraan Guru PAUD

Menurut dia, bangunan yang dalam proses itu mengalami kekurangan keramik, Jendela sama WC belum ada. Pihaknya tidak diam karena sudah berupaya mengajukan bantuan kemana-mana namun belum ada yang merespon.

"Kami berharap ada donatur, pemerintah atau siapapun yang peduli terhadap pendidikan anak usia dini mohon dengan sangat karena sudah khawatir melihat bangunan terminal seperti ini sudah pada lapuk," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 11:10 WIB

Bicarakan, Begini 4 Cara Mengetahui Apakah Anak Senang di Sekolah

Anak-anak akan terlihat sumringah dan bahagia ketika akan pergi ke sekolah. Namun hal tersebut bukan indikasi bahwa anak senang di sekolah.
Ilustrasi anak senang di sekolah. | Foto: Pexels.com/@Tima Miroshchenko
Life30 April 2024, 11:00 WIB

Tetap Tenang, 8 Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup

Terlihat Tetap Tenang, Inilah Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Kebiasaan. Orang bahagia | Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup Foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Life30 April 2024, 10:48 WIB

Lewat 9 Pertanyaan Ini, Apakah Anak Prasekolah Tunjukkan Ketidakmampuan Belajar

Anak Anda mungkin baru berusia 3 atau 4 tahun, tetapi cara mereka berperilaku di kelas dapat memberi Anda petunjuk tentang perkembangannya.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik/@jcomp
Life30 April 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mempengaruhi Orang Lain Agar Mau Diperintah Kita, Ini Rahasianya

Skill mempengaruhi orang lain harus dimiliki oleh semua orang. Ini sangat berguna dalam kehidupa sosial, di mana perannya vital sekali.
Ilustrasi. Cara mempengaruhi orang lain. Sumber foto : Pexels/ RDNE Stock project
Life30 April 2024, 10:22 WIB

Temukan Solusi Positif, Ini 6 Cara Membantu Anak Mengatasi Kemarahannya

Mengapa anak-anak kecil bersikap keras ketika mereka sedang marah, dan bagaimana Anda dapat lebih memahami perilaku mereka? Berikut cara menangani anak yang pemarah dan agresif.
Ilustrasi anak marah. | Foto: Freepik/@jcomp
Sukabumi30 April 2024, 10:13 WIB

Heboh! Warga Cisaat Sukabumi Temukan Dua Senjata Laras Panjang Terkubur di Tanah

Senjata api laras panjang ini ditemukan dalam keadaan sudah berkarat.
Dua senpi laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Istimewa
Life30 April 2024, 10:00 WIB

Terlalu Fokus Pada Masa Lalu! 10 Ciri Orang yang Sulit Sukses dalam Hidupnya

Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali.
Ilustrasi - Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali. (Sumber : pexels.com/@MART PRODUCTION).
Life30 April 2024, 09:46 WIB

Dapat Mengganggu Perkembangan Kognitif, 8 Dampak Negatif Memukul Anak

Memukul sering dilakukan orang tua dan memiliki tujuan untuk mendisiplinkan anak. Akan tetapi, hal itu memiliki dampak buruk pada anak.
Ilustrasi memukul anak. | Foto: Freepik/@menguasai1305
Sukabumi30 April 2024, 09:33 WIB

Warga Sukabumi Kecewa VAR Anulir Gol Indonesia dalam Semifinal Piala Asia U-23 2024

Wasit Shen Yinhao memeriksa VAR karena terindikasi offside.
Kegiatan nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23 tahun 2024 antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin malam, 29 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat30 April 2024, 09:00 WIB

7 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi - Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/@8photo).