Kolong Jembatan Jileubud Jampang Tengah Penuh Sampah, Ini Respon DLH

Minggu 06 Oktober 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemandangan tak sedap terlihat di kolong jembatan Jileubud di Kampung Jileubud RT 05/02, Desa Bojonglopang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Di kolong jembatan yang menghubungkan jalan Provinsi Jampang Tengah ini dipenuhi sampah.

Menurut warga, di jembatan tersebut sudah dipasang spanduk larangan membuang sampah ke aliran Sungai Cibojong tersebut. Meski demikian masih ada warga yang nakal membuang sampah ke kolong jembatan tersebut.

BACA JUGA: Masyarakat Masih Buang Sampah Ke Sungai Cijulang Sukabumi, Ini Penampakannya!

"Sudah beberapa kali ada himbauan dan dipasang tulisan larangan membuang sampah ke sungai oleh pihak desa maupun Kecamatan," ujar Titin (45 tahun) warga Desa Bojonglopang, Kecamatan Jampang Tengah, kepada sukabumiupdate.com, Minggu (6/10/2019).

Menurut Titin, orang yang membuang sampah biasanya naik motor atau mobil. Kemudian melemparkan kantong yang berisi sampah ke sungai. "Seenaknya melemparkan kantong yang berisi sampah," cetus Titin.

Titin sangat kesal dengan orang yang membuang sampah sembarangan ke Sungai Cibojong. Sebab saat kemarau air di sungai Cibojong digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

Dia berharap ada perhatian dari Pemda untuk kembali memasang papan larangan buang sampah juga sarana dan fasilitas kebersihan. "Selama ini belum ada mobil angkutan sampah dan tempat pembuangan sampah," pungkasnya.

BACA JUGA: Status UGG Ciletuh Palabuhanratu Bisa Dicabut karena Sampah Plastik

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska menyatakan akan segera memasang larangan membuang sampah ke Sungai Cibojong dalam waktu dekat ini. "Sosialisasi berupa pemasangan larangan membuang sampah sembarangan Insya Allah akan kita laksanakan setelah berkoordinasi dengan Kecamatan Jampang Tengah," jelasnya.

Mengenai layanan angkut sampah di daerah tersebut, Denis mengatakan hal tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak pemerintah kecamatan sebab di daerah Jampang Tengah ada kendala dalam hal lahan untuk tempat pembuangan akhir.

BACA JUGA: Palabuhanratu Segera Jadi Pilot Project KBS, Jangan Buang Sampah Sembarangan

"Kita memang ada rencana untuk membuka layanan pengangkutan sampah di Kecamatan Jampang Tengah, hanya saja setelah kita rapatkan dengan Pak Camat dan Kades se-Jampang Tengah, kita kesulitan mencari lahan untuk lokasi tempat pemrosesan akhir sampahnya, karena kebanyakan lahan disana merupakan lahan perkebunan," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science05 Maret 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 5 Maret 2024, Cek Dulu Sebelum Beraktivitas!

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 5 Maret 2024
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 5 Maret 2024 | Foto: Unplash
Life05 Maret 2024, 05:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Kamu Selamat dan Terhindar dari Orang Zalim

Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri
Ilustrasi . Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)