Lika-liku Pejabat Sukabumi hingga Jadi Sorotan di 2017

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pejabat dan tokoh masyarakat hampir sama dengan selebritis, selalu menjadi pusat perhatian. Apapun yang dilakukannya bakal menarik masyarakat, halnya kebijakan dari seorang pejabat termasuk pernyataannya.

Dimulai dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Ade Dasep yang membuat status di Facebook terkait deklarasikan mendukung Bupati Marwan Hamami padahal selama ini dirinya yang sering melontarkan kritik pedas kepada Bupati. Adapun hal lainnya, Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz akhirnya menenuhi undangan pemanggilan sebagai saksi pada kasus Pasar Pelita.

Pejabat inipun lantas menjadi sorotan, berikut ulasannya:

1. Ade Dasep ZA "Banting Stir" Dukung Bupati Marwan

Sosok Ade Dasep Zaenal Abidin tidak pernah berhenti bertingkah penuh kontroversi. Baru-baru ini, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi tersebut menyatakan sikap tak biasa, mendukung Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Tapi, apa alasannya?

Sikap tersebut Ia umumkan melalui status di akun facebook pribadinya, Ade Dasep ZA, Minggu 24 Desember sekitar pukul 09.47 WIB. Akun facebook yang sama biasa Ia gunakan untuk menyerang Bupati Marwan.

"Setelah melaksanakan Salat Subuh, saya memposisikan diri ke Pak Marwan Hamami," kata Ade Dasep dikonfirmasi sukabumiupdate.com, Senin (25/12/2017).

Ia menegaskan, penyataan ini merupakan sikap politiknya. Ada Dasep sadar betul risiko yang bisa muncul dari publik karena perubahan sikapnya.

Selengkapnya...

 

2. Soal Surat Terbuka, Bupati Sukabumi: Ngomong Mah Gampang

Gagasan warga yang disampaikan melalui surat terbuka di media sosial Facebook, kemudian dimuat sukabumiupdate.com, tentang anggaran yang bisa diambil untuk memperbaiki jalan rusak di Kabupaten Sukabumi melalui Dana Preservasi, sudah mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Thendy Hendrayana.

Diakui Thendy, soal Dana Preservasi Jalan tersebut memang tercantum dalam Undang-Undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang bersumber dari kendaraan atau pengguna jalan. Namun, menurutnya, pasal tentang Dana Preservasi itu memang ada. Namun, aturan pelaksanaannya belum ada, sehingga dirinya tidak bisa menerapkan UU tersebut begitu saja.

"Kalaupun aturan pelaksanaannya sudah ada, maka yang melaksanakannya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," jelas Thendy, kepada sukabumiupdate.com, Senin (24/4/2017).

Kalaupun dipaksa dibuatkan peraturan daerah (Perda) untuk mengatur pelaksanaannya, dirinya menegaskan, tetap harus mengacu kepada aturan di atasnya, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Menteri (Kepmen), sehingga tidak begitu saja bisa dibuatkan Perda.

Selengkapnya...

 

3. Wali Kota Sukabumi Hadiri Sidang Pasar Pelita

Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, akhirnya menghadiri persidangan terdakwa Irwan, kasus tipu gelap uang pedagang Pasar Pelita. Kehadiran Muraz, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN), Kamis (21/12/2017) pagi tersebut, sebagai saksi.

Pantauan sukabumiupdate.com, dalam sidang lanjutan kesepuluh kalinya ini dikawal ketat aparat kepolisian. Bahkan, sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Sukabumi, anggota Ormas, serta elemen masyarakat lainnya, serta simpatisan Muraz, juga turut memenuhi area halaman PN.

Selengkapnya...

 

4. Hanafie Zain Sah Jadi Kader PDI Perjuangan Kota Sukabumi

Setelah resmi pensiun dini, menanggalkan jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, kini Hanafie Zain pun akhirnya mendaftar dan sah menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Pantauan sukabumiupdate.com, usai berpamitan kepada para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, dan jajarannya, Hanafie langsung dijemput belasan relawan dari Balai Kota ke Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan di Jalan Jamrud Perum Baros, Kamis (30/11/2017).

“Ini suatu kepercayaan. PDI Perjuangan langsung memberikan KTA (Kartu Tanda Anggota) untuk berkiprah di dalam perpolitikan,” ujar Hanafie, kepada sukabumiupdate.com, siang tadi.

Menurutnya, PDI Perjuangan mempunyai komitmen yang sama dengan dirinya untuk memperjuangkan masyarakat, karenanya perlu adanya kerjasama buat berjuang mewujudkannya.

Selengkapnya...

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)