Bupati Sukabumi Kukuhkan Pengurus LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan

Sabtu 28 Oktober 2017, 12:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 41 orang Dewan Pengupahan dikukuhkan Bupati Marwan Hamami, di Aula Setda Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (27/10/2017).

Seperti dalam siaran pers yang diterima sukabumiupdate.com dalam pengukuhan tersebut, di antaranya Fajar Laksana sebagai Wakil Ketua, dan sebanyak 21 orang untuk Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit Kabupaten Sukabumi, masa bhakti 2017-2020.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Hadiri Wisuda Hafidz Haflah Alqur’an Angkatan ke X

Marwan mengatakan, Dewan Pengupahan, dan Lembaga Kerjasama Tripartit, merupakan wadah kelembagaan yang diamanatkan dalam perundang-undangan ketenagakerjaan, serta kelembagaan yang terdiri dari perwakilan tiga unsur, yaitu pemerintah, pekerja (Serikat Pekerja/Buruh), serta pengusaha (Organisasi Pengusaha).

“Wadah ini kita harapkan mampu memberikan bahan pertimbangan dan kebijakan di bidang ketenagakerjaan. Tujuannya untuk menciptakan iklim kondusif di Kabupaten Sukabumi,” kata Marwan, dalam sambutannya.

Marwan menambahkan, LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan hendaknya dapat menjalin kondusifitas serta solidaritas hubungan industrial dalam menciptakan pelaksanaan pembangunan tenaga kerja yang produktif serta perlindungan tenaga kerja dan keluarganya, sesuai harkat dan martabat kemanusiaan.

Tujuannya, sambung Marwan, untuk menjamin hak-hak dasar pekerja/buruh, serta perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun buat mewujudkan kesejahteraan pekerja/buruh dengan memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha di Kabupaten Sukabumi.

Marwan berharap, kepada Dewan Pengupahan maupun lembaga yang baru dikukuhkan dapat melaksanakan tugas, fungsi, dan tanggungjawabnya dengan penuh kesabaran, dan sesuai ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Canangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan

“Sehingga hasil kelembagaan ini, nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan kebijakan di bidang ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat di masa kini, dan masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara Kadisnakertras Ade Mulyadi mengatakan pembentukan LKS Tripatrit dengan komposisi tujuh orang dari unsur pemerintah, tujuh orang dari pengusaha, dan tujuh orang dari Pekerja (Serikat Pekerja/Buruh).

“Sedangkan untuk Dewan Pengupahan, sesuai hasil kesepakatan, terdiri dari 10 orang dari unsur pengusaha, 10 orang dari serikat (Pekerja), 20 orang dari pemerintah, dan satu pakar. Adapun target dari lembaga ini adalah adanya keputusan yang berkaitan dengan KHL, pengukuhan Dewan Pengupahan, penetapan UMK, Penyerahan Rekomondasi Bupati, berkaitan dengan UMK ke Gubernur, dan Sosialisasi UMK 2018,” bebernya, dalam kesempatan sama.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 12:15 WIB

5 Tata Krama yang Perlu Diajarkan pada Anak agar Menjadi Orang Baik saat Dewasa

Tata Krama sejatinya persoalan dasar yang mesti diajarkan kepada anak sejak kecil. Dalam hal ini, orang tua sudah harus mengajarinya agar terbiasa saat dewasa
Ilustrasi - Tata Krama yang harus diajarkan orang tua kepada anak sejak kecil (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)
Bola20 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Final Championship Series, Persib Bandung Main Kandang Lebih Dulu

Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series.
Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series. (Sumber : x/@MaduraUnitedFC/@persib).
Life20 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Alasan Kenapa Orang Tua Tak Boleh Memanjakan Anak, Ini Dampaknya

Memanjakan anak adalah pola asuh yang sebaiknya dihindari oleh orang tua. Ini akan membahayakan bagi perkembangan psikologis dan karakter anak ketika dewasa nanti
Alasan Memanjakan Anak Tidak Disarankan kepada Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@kampusproduction)
Internasional20 Mei 2024, 11:44 WIB

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Kementerian Luar Negeri RI belum memberikan pernyataan atas kejadian ini.
Presiden Iran Ebrahim Raisi dikabarkan meninggal dalam kecelakaan helikopter. | Foto: Istimewa
Kecantikan20 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat, Gampang Banget!

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk flek hitam.
Ilustrasi. Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat (Sumber : Pexels/RonLach)
Life20 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Orang tua sesungguhnya perlu menghindari perlakukan buruk di hadapan anaknya. Sebab dampaknya berbahaya bagi perkembangan si kecil
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Nasional20 Mei 2024, 11:06 WIB

Tidak Semua! Daftar 19 Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak menanggung semua jenis penyakit, termasuk operasi.
(Foto Ilustrasi) Berdasarkan Permenkes Nomor 28 Tahun 2014, hanya beberapa operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan. | Foto: Freepik
Life20 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam, Apa Kamu Memilikinya?

Kerendahan hati menunjukkan bahwa seseorang tidak sombong atau terlalu bangga akan dirinya. Sikap ini membuat orang lebih mudah didekati dan disukai.
Ilustrasi - Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam. (Sumber : Pexels/TuấnKiệtJr.)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:33 WIB

Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction