Berkibarnya Sang Saka Merah Putih Jadi Simbol Suksesnya Pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-72 di Cicurug

Kamis 17 Agustus 2017, 04:28 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Berkibarnya sang Saka Merah Putih (Bendera), jadi simbol suksesnya pelaksanaan upacara detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan HUT RI ke-72 Tahun 2017 tingkat Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di Alun-alun Al-Huriyah Cicurug, Kamis (17/8/2017).

Selaku inspektur upacara (Irup) Camat Cicurug, Agung Gunawan. Anggota DRPD Kabupaten Sukabumi, Edi Sudrajat didapuk selaku pembaca teks Pancasila, dan Deni Gunawan membacakan teks Proklamasi.

“Bulan Agustus ini, selain kita memperingati HUT RI ke-72, kita juga memperingati Hari Veteran Nasional, pada tanggal 10 Agustus 2017,” kata Agung dalam upacara peringatan detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan HUT RI ke-72 Tahun 2017 tingkat Kecamatan di Alun-alun Al-Huriyah Cicurug, Kamis (17/8/2017) pagi.

BACA JUGA: Lima Foto Karnaval Meriahkan HUT RI ke-72 Tingkat Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, pihaknya mengucapkan selamat Hari Veteran Nasional kepada para Veteran, sekaligus berterima kasih atas jasa-jasanya yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Semoga, kami sebagai penerus Bangsa, dapat meneladani semangat dan jiwa Patriotisme para Veteran, khususnya dalam mengisi Kemerdekaan ini,” imbuhnya.

Selain peringatan Hari Veteran Nasional, kata Agung, pada 10 Agustus juga ditetapkan sebagai salah satu hari bersejarah nasional, yaitu Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

“Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 71 Tahun 1995, dan pada bulan ini pula, setiap tanggal 14 Agustus kita memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka,” ujarnya.

BACA JUGA: Meriahkan HUT RI KE-72, PHBN Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Gelar Karnaval

Kemerdekaan sambung Agung, merupakan rahmat dan anugerah yang tak ternilai dari Allah SWT, yang telah diperjuangkan para pejuang pendahulu, dengan linangan air mata, cucuran keringat, dan darah, hingga pengorbanan jiwa, serta harta benda, secara tulus ikhlas.

“Kemerdekaan juga merupakan titik awal bagi Bangsa Indonesia untuk mewujudkan semua harapan bangsa dan negara, yang termaktub dalam pembukaan Undang-undang (UU) 1945. Yakni, melindungi segenap bangsa, dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, sekaligus ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, juga keadilan sosial,” paparnya.

BACA JUGA: Peringati HUT RI ke-72, PHBN Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Gelar Gerak Jalan

Keinginan untuk mewujudkan suatu harapan, kata Agung, hanya bisa dicapai dengan mengaktualisasikan tindakan, yaitu kerja bersama. Kerja bersama yang dimaksud jelas dirinya, bukanlah semata-mata kerja bersama bisa, kerja bersama harus dilakukan dengan kesadaran akan kekuatan dari persatuan Indonesia.

“Hanya melalui kerja bersama, Bangsa Indonesia akan bisa membangun jiwa, sekaligus membangun raganya untuk kejayaan Indonesia Raya. Dan hanya melalui kerja bersama, Republik Indonesia akan berdiri kokoh, serta mampu mewujudkan semua cita-cita mulia yang tersurat dalam Pembukaan UUD 1945,” jelasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)