Dijanjikan Kerja dan Mengaji, Gadis Belia Asal Cidahu Kabupaten Sukabumi Hilang

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dea Natasha, gadis berusia 14 tahun warga Cipanengah RT 02/01, Desa/Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, dinyatakan menghilang tidak diketahui rimbanya.

Kisah hilangnya Dea berawal dari kedatangan seorang perempuan mengaku bernama Rina. Kepada orang tua Dea, Edi Suganda (48) dan Neneng (43), Rina menawari gadis yang tak lulus sekolah menengah pertama itu, bekerja di sebuah konveksi yang memproduksi busana Muslim di daerah Ciledug, Tangerang, Provinsi Banten.

Sebelum bekerja, Rina menjanjikan kepada kedua orang tua Dea, jika anak gadisnya tersebut akan disediakan tempat kos. "Bahkan katanya, selain diajari menjahit, juga akan diajari mengaji dan membaca kitab kuning," terang Edi kepada sukabumiupdate.com, Selasa (30/5).

BACA JUGA: Siswi SMP di Cireunghas Kabupaten Sukabumi yang Hilang Sejak 30/12 Ditemukan

Edi bahkan mengaku, jika keberangkatan Dea ke Ciledug, diantar langsung oleh dirinya. Namun, sejak Selasa (28/3) hingga kini, Dea tidak diketahui rimbanya.

"Saya percaya karena orang yang mengaku bernama Rina itu, seperti orang baik-baik dan mengaku ustadzah. Macam-macam lah itu. Kayak gimana ya, kayak orang benar lah, makanya saya izinkan. Berangkat tanggal 28 Maret, dan saya mendengar kabar Dea hilang, Kamis tanggal 27 April, katanya Dea sudah dua hari menghilang," Neneng menimpali.

Mendapat kabar Dea hilang, keesok harinya, Jumat (28/4), Edi langsung berangkat menuju Ciledug. Namun, tiba di rumah tempat di mana Dea pertama kali tinggal, pemiliknya bernama Ustazah Maryati sedang tidak di rumah. "Kata tetangganya, Maryati sedang ziarah ke Jawa Timur."

BACA JUGA: 11 Hari Hilang, Bagaimana Perjalanan Bocah Cipetir Kabupaten Sukabumi Sampai di Jakarta?

Karena tidak puas dan kecewa, Edi pun langsung melaporkan hilangnya anak kedua dari empat bersaudara itu, kepada pihak kepolisian.

"Saat mendapat kabar anak kami tidak pulang ke kos, kami langsung mendatangi tempat kosnya. Tapi kami tidak banyak mendapat informasi ke mana Dea pergi. Akhirnya melapor ke polisi," ujar Edi.

Ditambahkan Edi, ia juga telah menempel foto Dea disertai alamat dan nomor handphone, di sejumlah tempat strategis, dengan harapan ada orang berbaik hati memberi informasi keberadaan Dea, terlebih bersedia mengantarkan ke alamat tertera.

BACA JUGA: Polsek Cisaat Temukan Anak Perempuan Terlantar di Cibatu Kabupaten Sukabumi

Sampai sekarang, ungkap Edi, ia dan keluarganya sudah tak terhitung bolak-balik ke Ciledug. "Sampai sekarang belum ketemu. Apalagi Dea tidak memiliki handphone, jadi sulit keluarga untuk menghubungi," tandasnya.

Sementara, sang ibu menduga, Dea pergi dari rumah itu karena tidak betah. "Padahal, sebelumnya sudah dititipkan ke pemilik rumah yang sekaligus mengajaknya bekerja," terang Neneng.

Ditambahkan Neneng, sebelum diajak bekerja, sehari-hari Dea mengasuh adiknya dan membantu pekerjaan rumah. "Dia anaknya baik. Bahkan ada pemilik warung di Ciledug juga mengatakan, Dea anaknya baik. Kami sangat menyesalkan sikap ustadzah yang tidak segera memberitahu Dea hilang. Padahal dia sudah punya nomor handphone kami," ketusnya.

BACA JUGA: Hilang, Bocah Warga Kota Sukabumi Tidak Pernah Sampai di Sekolah

Kini, Neneng berharap dan berdoa Dea bisa segera pulang. Ia mengaku sangat takut kehilangan atau terjadi hal tidak diinginkan kepada anak gadisnya itu.

"Harapan saya cepat-cepat ketemu. Apalagi Dea anak perempuan kami satu-satunya. Dea, pulang atuh jangan tinggal di situ terus. Bapak kamu sudah nyari ke mana-mana. Kasihan bapakmu. Capek. Adik kamu di sini kangen. Ke mana kami harus mencarimu, nak," sebut Neneng sambil menangis.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official
Life05 Mei 2024, 10:00 WIB

Gangguan Tidur! 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang.
Ilustrasi - Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)