Soal Surat Terbuka, Bupati Sukabumi: Ngomong Mah Gampang

Selasa 25 April 2017, 10:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gagasan warga yang disampaikan melalui surat terbuka di media sosial Facebook, kemudian dimuat sukabumiupdate.com, tentang anggaran yang bisa diambil untuk memperbaiki jalan rusak di Kabupaten Sukabumi melalui Dana Preservasi, sudah mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Thendy Hendrayana.

Diakui Thendy, soal Dana Preservasi Jalan tersebut memang tercantum dalam Undang-Undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang bersumber dari kendaraan atau pengguna jalan. Namun, menurutnya, pasal tentang Dana Preservasi itu memang ada. Namun, aturan pelaksanaannya belum ada, sehingga dirinya tidak bisa menerapkan UU tersebut begitu saja.

"Kalaupun aturan pelaksanaannya sudah ada, maka yang melaksanakannya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," jelas Thendy, kepada sukabumiupdate.com, Senin (24/4).

Kalaupun dipaksa dibuatkan peraturan daerah (Perda) untuk mengatur pelaksanaannya, dirinya menegaskan, tetap harus mengacu kepada aturan di atasnya, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Menteri (Kepmen), sehingga tidak begitu saja bisa dibuatkan Perda. 

BACA JUGA:

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Marwan Hamami berpendapat, jalan Kabupaten Sukabumi sepanjang 1.700 kilometer, sepanjang 1300 kilometer dinyatakan tidak layak. Sementara, anggaran yang bisa dialokasikan saat ini di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) hanya Rp26 miliar saja.

Padahal, menurutnya, sebelum Indonesia mengalami krisis moneter, Kabupaten Sukabumi mendapatkan minimal Rp58 miliar untuk DPU. "Silakan hitung saja sendiri dan pikirkan, saya hanya melanjutkan program yang sudah ada. Kalau pun ada anggarannya saat ini, semuanya akan saya anggarkan," tegas Marwan kepada sukabumiupdate.com, Selasa (25/4).

Lebih jauh, Marwan menyayangkan, orang-orang yang selalu mem-bully, apalagi sampai hanya bisa ngomong saja persoalan pengambilan anggaran untuk perbaikan jalan yang memang tidak ada aturannya sama sekali, sehingga tidak bisa dilakukan.

"Sampai saat ini di seluruh Indonesia tidak ada aturannya. Teori mah gampang, ngomong mah gampang. Ngomong duitna ti dieu ti dieu, gampang ngomong mah aturan pemerintahnya mana? Arek menta ka saha duitna kitu, hayoh we ngenah siga penonoton maen bola, ah camplang siah te bisa nyepak nyepak acan, padahal jang lumpat oge geus euweuh," bebernya sambil tersenyum.

Dirinya berjanji, akan memprioritaskan perbaikan jalan yang bisa menunjang tingkat perekonomian tinggi dan produktif. "Jangan hanya meminta jalan bagus semua, sedangkan nilai produktifnya tidak ada," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)