bankbjb

Sungai Cibojong Ngamuk Lagi, Warga Pondokaso Tengah Sukabumi Kebanjiran

Fitriansyah
Penulis
Kamis 6 Okt 2022, 18:04 WIB
Sungai Cibojong Ngamuk Lagi, Warga Pondokaso Tengah Sukabumi Kebanjiran

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah rumah dan lahan pertanian di Kampung Bantar RT 05/01 Desa Pondokaso Tengah Cidahu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Kamis petang 6 September 2022 disapu banjir. Sungai Cibojong meluap hingga menggenangi seluruh kawasan di sekitarnya.

Amukan sungai Cibojong ini cukup mengerikan, khususnya bagi warga yang tinggal di DAS (daerah aliran sungai). M Azis Abdillah (21 tahun) salah seorang warga setempat melaporkan sejumlah rumah di Kampung Bantar RT 05/01 terendam banjir dari luapan sungai Cibojong.

"Sekitar pukul 15.20 WIB. Sungai Cibojong meluap, merendam pemukiman warga," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, 6 September 2022.

Kejadian ini sempat membuat panik, karena air naik dengan cepat. Warga khususnya lansia, wanita dan anak-anak langsung dievakuasi ke tempat tinggi. 

"Warga siaga karena sekarang masih hujan deras, dan debit air sungai belum turun," sambung Aziz.

"Lebih dari 4 rumah yang berendam bersamaan dengan air sungai naik. Sawah di pinggir sungai juga habis disapu banjir bandang," lanjutnya.

photoSejumlah rumah dan lahan pertanian di Kampung Bantar RT 05/01 Desa Pondokaso Tengah Cidahu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Kamis petang 6 September 2022 disapu banjir. Sungai Cibojong meluap hingga menggenangi seluruh kawasan di sekitarnya. - (istimewa (warga))</span

Benteng penghalang air dari sungai ke pemukiman jebol. Lahan pertanian yang terdampak, lanjut Aziz kurang lebih 3 hektar. "Padinya mau dipanen, habis semua."

Warga saat ini berusaha mengamankan barang pribadi dan harta benda. Sepengetahuan Aziz ini adalah kejadian ke 4, pemukiman dan sawah diamuk sungai Cibojong.

Baca Juga :


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini