Idap Cerebral Palsy dan Epilepsi, Bantu Anak di Kota Sukabumi via Udunan Online

Senin 13 Juni 2022, 11:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Udunan Online terus dimanfaatkan untuk membantu warga yang memerlukan dana. Program unggulan Pemerintah Kota Sukabumi tersebut saat ini sedang membuka donasi bagi biaya pengobatan dan kebutuhan Syena Aisha Al'Mira (5 tahun).

Mengutip www.udunanonline.com, Senin (13/6/2022), Syena adalah warga Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, yang berjuang melawan penyakit cerebral palsy dan epilepsi. Orang tuanya selalu telaten melakukan apa pun untuk kesembuhan sang buah hati.

Anak ini terlahir normal. Namun dalam perkembangannya memperlihatkan gejala aneh. Enam bulan kemudian baru terjawab kejanggalan yang muncul pada perkembangan tubuh Syena yakni penyumbatan pada ubun-ubun sehingga divonis mengidap cerebral palsy dan epilepsi.

"Informasi ini membuat kedua orang tua Syena syok dan tidak menyangka atas penyakit yang dialami anak pertamanya ini," tulis penjelasan www.udunanonline.com.

Kondisi itu tidak membuat orang tua Syena patah semangat. Keluarga Dedi Sutrisna (32 tahun) dan Mia Nuraeni (28 tahun) ini terus berjuang untuk kesembuhan anaknya ke Hasan Basri, dokter spesialis anak. Lalu, ke RSUD R Syamsudin SH, konsultasi melalui dokter spesialis saraf.

"Hingga akhinya mereka mengikuti program terapi untuk anak penderita cerebral palsy dan epilepsi di RS Hermina sampai saat ini," lanjut laporan itu.

Dari semula hingga awal-awal menjalani terapi, mereka menggunakan biaya sendiri (mandiri). Tentu ini beban yang harus dialami keluarga Dedi yang berpenghasilan pas-pasan sebagai buruh harian lepas. Namun demi sang anak, mereka tetap melakukan terapi tersebut.

"Alhamdulillah beberapa bulan ke belakang BPJS KIS-nya terbit, sehingga sedikit tertolong karena biaya terapinya ter-cover oleh BPJS KIS. Tetapi, mereka tetap membutuhkan biaya lain-lainnya untuk proses pengobatan Syena," tulis keterangan www.udunanonline.com.

Hingga Senin ini, penggalangan dana untuk Syena di website www.udunanonline.com sudah mencapai Rp 3.134.032. Bagi yang ingin ikut berdonasi, silakan salurkan melalui Rekening Bank Mandiri (1820004051975) dan Bank BJB (0004051975001).

Mengutip www.alodokter.com, cerebral palsy adalah penyakit yang menyebabkan gangguan pada otot, gerak, dan koordinasi tubuh. Kondisi ini dapat terjadi pada masa kehamilan, ketika proses persalinan, atau di tahun pertama setelah kelahiran.

Gejala cerebral palsy atau lumpuh otak sangat beragam. Pada tingkat paling parah, cerebral palsy dapat menyebabkan kelumpuhan. Penderitanya mungkin memerlukan peralatan khusus untuk bisa beraktivitas. Penyakit ini bahkan dapat menyebabkan penderitanya tidak mampu berjalan sehingga memerlukan perawatan seumur hidup.

Kerusakan otak pada cerebral palsy bersifat permanen dan tidak bisa disembuhkan. Namun, ada perawatan yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan fungsi saraf yang mengatur pergerakan otot tubuh. Penyakit ini juga tidak akan bertambah buruk, tetapi beberapa gejalanya dapat berubah seiring waktu.

Sementara epilepsi adalah gangguan pada sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik yang berlebihan di otak. Hal ini menyebabkan penderitanya mengalami kejang secara berulang pada sebagian atau seluruh tubuh.

Seseorang dinyatakan menderita epilepsi jika pernah mengalami kejang lebih dari satu kali tanpa penyebab yang jelas. Epilepsi dapat diderita oleh semua kelompok usia, tetapi biasanya epilepsi dimulai saat masih anak-anak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat15 Mei 2024, 13:15 WIB

Viral Film Vina: Sebelum 7 Hari, Polisi Rilis Identitas 3 DPO Pembunuh Vina dan Eki

Walaupun tanpa foto, Polda Jabar merilis identitas tiga DPO ini melalui akun media sosial resmi mereka dan menegaskan bahwa pengembangan kasus ini masih terus dilakukan.
Kelompok pelaku pembunuhan vina dan kekasihnya dalam tayangan film vina: sebelum 7 hari (Sumber: Dee Company)
Life15 Mei 2024, 13:15 WIB

4 Alasan Bayi Selalu Merasakan Lapar Yang Patut Diketahui Orang Tua

Bayi akan terlihat selalu lapar, dan orang tua dirumah perlu mengetahui mengapa mereka seperti itu terutama para ibu yang baru saja melahirkan si kecil
alasan mengapa bayi selalu lapar yang jarang disadari orang tua (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Efeknya Langsung Terasa!

Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi.
Ilustrasi. Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Life15 Mei 2024, 12:45 WIB

Terapkan Yuk Bunda, 10 Cara Untuk Meningkatkan Jumlah ASI Secara Alami

Mengasihi merupakan salah satu kegiatan yang sangat mulia, namun adakah cara yang dapat meningkatkan pasokan ASI? Simak ulasan berikut
ilustrasi seorang ibu meningkatkan jumlah ASI secara alami untuk anaknya (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 12:30 WIB

Hindari Purin! 8 Tips Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat

Purin adalah senyawa yang diubah menjadi asam urat dalam tubuh, sehingga membatasi konsumsi makanan tinggi purin dapat membantu mengurangi kadar asam urat.
Ilustrasi. Hindari Purin! Ketahui Tips Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sehat15 Mei 2024, 12:15 WIB

18 Rekomendasi Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Beberapa ikan laut ini rendah purin dan aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Beberapa ikan laut ini rendah purin dan aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@DanaTentis).
Bola15 Mei 2024, 12:00 WIB

Prediksi Madura United vs Borneo FC di Leg 1 Semifinal Championship Series

Madura United akan menjamu tamunya Borneo FC di Leg 1 Semifinal Championship Series.
Madura United akan menjamu tamunya Borneo FC di Leg 1 Semifinal Championship Series. (Sumber : x/@MaduraUnitedFC/@BorneoSMR).
Life15 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Golongan Orang yang Sulit Sukses di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Terdapat sejumlah golongan orang yang memiliki karakter dimana nantinya berpotensi sulit sukses di masa depannya di kemudian hari
Orang yang sulit sukses di masa depan karena memilih untuk menyerah (Sumber : Pexels.com/@MARTPRODUCTION)
Nasional15 Mei 2024, 11:35 WIB

Dewan Pers: RUU Penyiaran Tak Sesuai Hak Warga Negara, Bikin Tak Merdeka

RUU Penyiaran menjadi salah satu alasan pers Indonesia tidak merdeka.
(Foto Ilustrasi) Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan draf RUU Penyiaran tidak sesuai dengan hak konstitusional warga negara. | Foto: Istimewa
Sehat15 Mei 2024, 11:30 WIB

Infused Water! Manfaat Air Jeruk Lemon untuk Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah

Air jeruk lemon tak hanya memiliki manfaat kesehatan dari satu sisi saja, namun buah kuning sedikit asam ini juga menjadi andalan jitu untuk menurunkan kadar kolesterol, asam urat hingga gula darah.
Ilustrasi. Infused Water! Manfaat Air Jeruk Lemon untuk Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah (Sumber : Pexels/JuliaZolotova)