Pemenang Pilkades Sekarsari Sukabumi Dilaporkan, Diduga Main Politik Uang

Jumat 20 Mei 2022, 22:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ditengah masih dalam suasana pelantikan 70 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak 2022 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, hari ini Jumat (20/5/2022), diterima kabar adanya kasus dugaan politik uang atau money politic di salah satu Desa yang melakukan pemilihan.

Kabar itu datang dari salah satu tim pemenangan calon Kepala Desa (Cakades) di Pilkades Sekarsari, Kecamatan Kalibunder. Mereka bersama Panitia Pengawas (Panwas) melaporkan adanya dugaan "Politik ala Sinterklas" ini sebagai kasus suap kepada Polres Sukabumi, dua hari pasca pemilihan pada 8 Mei 2022 lalu.

"Kami atas nama tim pemenangan Nomor urut 4, beserta Panwas telah melaporkan adanya money politic yang dilakukan oleh tim Nomor urut 3, ke Polres Sukabumi, pada tanggal 10 Mei 2022," kata Ade bin Aneng (43 tahun) selaku pelapor sekaligus salah satu tim pemenangan Cakades nomor urut 4 itu kepada sukabumiupdate.com, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga :

Menurut Ade, pada penetapan calon, semua tim dan cakades telah bersepakat untuk tidak melakukan politik uang dalam bentuk apapun. Akan tetapi hal itu, kata dia, tetap dilakukan tim cakades yang keluar sebagai pemenang itu.

"Dua hari sebelum pencoblosan, tim nomor urut 3 melakukan money politic. Dan saat itu sudah diselesaikan dengan tidak akan mengulangi kembali, namun pada hari pencoblosan terjadi kembali," tuturnya.

photoSurat tanda penerimaan laporan dari polisi terkait kasus dugaan politik uang di Pilkades Sekarsari Sukabumi. - (Istimewa)</span

Saat melapor ke pihak berwajib, Ade mengaku juga menyerahkan barang bukti berupa 4 buah amplop berisi uang tunai Rp 50.000.

"Barang bukti berupa amplop dengan isi uang Rp 50 ribu. Ada 4 buah amplop dijadikan barang bukti, sudah diserahkan kepada pihak berwajib. Juga kami memiliki video sebagai bukti," ungkapnya.

Diketahui, hasil Pilkades di Sekarsari dimenangkan oleh calon Kades nomor urut 3, Awan Kurniawan yang mendapat suara pemilih sebanyak 1187. Sedangkan Cakades lainnya yaitu Cakades nomor urut 1 Acep peroleh 426 suara, Cakades nomor urut 2 Nuryaman memperoleh 308 suara dan Cakades nomor urut 4 Dede Gunawan mendapat 1061 suara.

Sementara itu untuk diketahui juga, bahwa 70 Kepala Desa hasil Pilkades serentak siklus II, gelombang I Masa Bakti 2022-2028 sudah dilantik hari ini, Jumat (20/5/2022). Mereka dilantik dan diambil sumpah jabatan langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

photoSuasana pelantikan 70 Kades terpilih di Kabupaten Sukabumi. - (Dokpim Kabupaten Sukabumi)</span

Dalam sambutannya, Marwan bersyukur pilkades serentak di-70 desa yang tersebar di-36 kecamatan bisa berjalan lancar. Meskipun, kegiatan tersebut harus terus dievaluasi agar semakin sempurna pelaksanaannya. "Hasil pelaksanaan pilkades serentak ini harus dicermati agar semakin sempurna dikemudian hari," terangnya.

Marwan juga memberikan selamat kepada para kades yang telah dilantik. "Selamat bertugas. Terus lakukan ikhtiar untuk memajukan desa," pungkasnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi