Pemkot Sukabumi Bantu Pasarkan Produk UMKM Lewat Online

Selasa 11 Agustus 2020, 05:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mulai bergerak kembali di tengah Pandemi Covid-19.

Pemkot akan membantu menjalankan kembali roda ekonomi di sektor UMKM dengan meningkatkan kemampuan manajeman hingga membantu pemasaran produk UMKM secara online.

BACA JUGA: Ada Bantuan Pembiayaan Koperasi dan UMKM, Daftar ke DPKUKM Kabupaten Sukabumi

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggiatkan pelatihan kewirausahaan kepada pelaku UMKM di Hotel Balcony, Selasa (11/8/2020).

Kegiatan yang digelar Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Sukabumi ini dengan menerapkan protokol kesehatan dan dibuka langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi serta dihadiri pula Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami yang memberikan materi kewirausahaan.

BACA JUGA: 72 Ribu UMKM Terima Jatah Rp 18 Triliun dari Belanja BUMN, Simak Prosesnya

"Pemerintah ingin kembali menggerakan roda ekonomi di fase recovery ini, misalnya menggelar pelatihan kewirausahaan bersumber dari DAK non fisik kementerian,'' kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. 

Harapannya, sambung Fahmi, pelaku UMKM semakin berkualitas dan profesional dalam menjalankan usahanya. Terutama pelaku UMKM mampu membangun jejaring dan peningkatan kualitas produk baik kemasan dan perizinan.

BACA JUGA: Pemerintah Kasih Duit Segar Rp 2,4 Juta ke UMKM, Bukan Pinjaman

Pemerintah Kota Sukabumi pun akan memfasilitasi perizinan agar UMKM di Kota Sukabumi naik kelas serta dipasarkan melalui media digital atau online. 

"Kegiatan ini sejalan dengan tujuan berdirinya negara sebagai amanat dalam undang-undang, yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia," ungkap Fahmi.

BACA JUGA: Omset Drop Hingga 70 Saat Pandemi, 213 UMKM di Kota Sukabumi Bersiap Bangkit

Fahmi mengungkapkan, di tengah kondisi pandemi ini semua sektor terdampak, dan perekonomian Indonesia menurun. Hal ini sangat berat bukan hanya dialami pelaku UMKM, tapi juga pemerintah.

"Dalam Pandemi Covid-19 saat ini masuk fase ketiga, yakni pertama kesehatan, kedua jaring pengaman sosial dan bulan lalu secara serentak fase recovery ekonomi.

BACA JUGA: Kemenkeu: 60,6 Juta UMKM yang Dapat Subsidi Bunga akan Dihubungi

Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Sukabumi Didin Syarifudin menambahkan, pelatihan ini dalam peningkatan kapasitas UMKM tahun 2020 yang bersumber dari DAK non fisik. Rencananya pelatihan selama tiga hari mulai 11-13 Agustus 2020 dan diikuti sebanyak 30 orang peserta.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:59 WIB

Polisi Ungkap Alasan Tak Autopsi Mayat Wanita yang Ditemukan di Sungai Cicatih Sukabumi

Mayat wanita setengah telanjang, berinisal EKS (25 tahun), warga Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Cicatih tidak dilakukan autopsi
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi02 Mei 2024, 19:44 WIB

Mimpi Ketua DPRD, Kabupaten Sukabumi Jadi Pertahanan Pangan hingga Tujuan Wisata

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan dirinya punya mimpi bahwa Kabupaten Sukabumi kedepan harus menjadi (lokasi) pertahanan pangan nasional.
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara | Foto: Dok. SU
Sehat02 Mei 2024, 19:30 WIB

3 Penyebab Utama Asam Urat yang Sering Dianggap Sepele, Tiba-tiba Sakit!

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:18 WIB

Hardiknas 2024, Bupati Bicara Pendidikan Karakter dan Kewajiban Ikuti Pramuka di Sukabumi

Pembina upacara Hardiknas 2024, Bupati Sukabumi Marwan Hamami soroti soal pentingnya pendidikan karakter dan kewajiban mengikuti gerakan pramuka.
Bupati Sukabumi saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hardiknas tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life02 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah

Jangan Ragu untuk Melakukan Kebiasaan Sederhana Ini Agar Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah Hidup.
Ilustrasi. Kebahagiaan. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia. (Sumber : Pexels/BrettSayles)
Life02 Mei 2024, 18:38 WIB

Ketahui 6 Tanda Orang Tua yang Gagal dalam Mendidik Anak, Ini Buktinya

Tidak semua orang tua berhasil dalam mendidik anak. Sebagian di antara mereka justru gagal mendidik anak oleh sebab kesalahan pola asuhnya
Orang tua yang gagal dalam mendidik anak | Foto : Pexels/ Kampus Production
Life02 Mei 2024, 18:30 WIB

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Harus Bergantung Pada Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.
Ilustrasi -  Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi. (Sumber : pexels.com/@Matheus Bertelli).
Sukabumi02 Mei 2024, 18:23 WIB

Status UHC Non-Cut Off Dicabut, Dinkes Sukabumi Jelaskan Layanan Kesehatan Warga Miskin

BPJS Kesehatan cabut status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, ini kata Dinkes soal layanan kesehatan warga miskin.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman saat menjelaskan soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Istimewa)