Menuju Pemekaran Kabupaten Sukabumi, 14 Dinas Bakal Pindah ke Jajaway

Jumat 10 Januari 2020, 03:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, terus melakukan pembangunan pusat perkantoran pemerintah daerah, di Jalan Jajaway Palabuanratu. 

BACA JUGA: Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi Harap Ketersediaan Rumah Layak Huni Lebih Tegas

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman mengatakan pekerjaan pembangunan 2019 saat ini telah memasuki tahap pekerjaan pra kontruksi, yang dilakukan dengan pekerjaan cut and fill kawasan perkantoran.

"Ini adalah langkah awal pembangunan perkantoran. Tadi pak bupati meminta bahwa penataan ruang harus refresentatif, nyaman, dan aman untuk pelayanan publik," ujar Dedi saat survei lokasi bersama Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Kamis (9/1/2020).

Menurut Dedi, pusat perkantoran itu akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang komplit seperti  fasilitas publik. Selain itu, sambung dia akan dibangun asrama untuk peningkatan kapasitas SDM untuk sarana pendidikan dan latihan.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami (mengenakan kemeja puih) bersama Kepala Dinas Perkim, Dedi Chardiman, dan Satpol-PP Bambang Dwi Laksono serta Kasi Bangunan Gedung Dinas Perkim menyurvei pembangunan pusat perkantoran pemerintah daerah, di Jalan Jajaway Palabuanratu.//FOTO: ISTIMEWA.

"Bangunannya nanti berbentuk hexsagonal dengan empat lantai dan akan diisi oleh 14 dinas," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan, bahwa pusat perkantoran itu untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan publik, selain itu juga sebagai langkah awal persiapan pemekaran Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Dinas Perkim Gunakan APBD 2019 Rp 729 Juta Bangun Kantor Kecamatan Tegalbuleud

"Intinya kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, di samping menyediakan tempat pelayanan publik yang nyaman. Nantinya akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat karena pelayanannya tersentralisasi. Sehingga mayarakat nantinya ketika berurusan dengan perangkat daerah tidak perlu lagi menyita waktu banyak, karena harus pergi ke perangkat daerah yang posisinya berada di wilayah utara," paparnya.

Marwan menambahkan, pemusatan perkantoran juga menjadi persyaratan dasar daerah otonomi baru. "Kalau DOB disahkan sementara perkantoran masih ada yang di wilayah utara, nanti akan repot juga. Ini harus kita persiapkan sehingga kabupaten induk sudah siap dari tatanan pelayanan administrasi pemerintahan yang terpusat dan ruang kewilayahannya," imbuhnya.

Diketahui Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menerima surat dari pemerintah Provinsi Jawa Barat Nomor 118/6393/Perkim tangal 20 Desember 2019 tentang Penyampaian Hasil Konsultasi dan hasil forum desk calon daerah persiapan terkait usulan persyaratan calon daerah persiapan otonom baru di Jawa Barat.

Dalam isi surat tersebut menyebutkan ada 3 daerah, yaitu Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Garut yang harus melengkapi persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan dasar kapasitas daerah.

Hadir dalam kegiatan itu, Sekertaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Bambang Dwi Laksono dan Kasi Bangunan Gedung pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).