BMKG Ingatkan Potensi Hujan Deras, Apa Langkah Pemkab Sukabumi?

Senin 06 Januari 2020, 10:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) antisipasi bencana tahun 2020, di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Senin (6/1/2019).

BACA JUGA: Cerita BPBD Kabupaten Sukabumi Saat Membantu Korban Banjir Bandang di Bekasi

Rakor dipimpin langsung Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman.

Asep Suherman dalam laporannya mengatakan, bahwa rakor ini untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, antara perangkat daerah terkait dan para camat untuk mengantisipasi bencana di tahun 2020.

"Kita berkumpul di sini untuk berkoordinasi mengantisipasi bencana di tahun 2020. Apalagi berdasarkan info dari BMKG, dua bulan kedepan akan terus menerus turun hujan dan kita semua harus siap mengantisipasi bencana yang disebabkan oleh hujan seperti tanah longsor dan banjir," katanya.

Sementara itu, Sekda mengajak kepada seluruh perangkat daerah terkait dan para camat agar segera membuat langkah persiapan atau antisipasi penanganan bencana.

BACA JUGA: BPBD Kabupaten Sukabumi Kirim Petugas ke Lokasi Bencana Bekasi

"Hari ini kita bersama-sama mengevaluasi kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana, sehingga apa yang telah kita lakukan dan siapkan berjalan dengan lancar. Jadi ketika nanti ada kejadian yang tak diinginkan kita sudah siap menanggulanginya," jelasnya.

Iyos berharap melalui rapat ini bisa menghasilkan solusi terbaik tentang kesiagaan dalam menanggulangi bencana di tahun 2020.

"Fungsi kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, makanya para camat maupun perangkat daerah terkait harus dekat dengan masyarakat, terutama dengan para relawan tanggap bencana dan harus siap siaga 24 jam," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).