Susun LPPD 2019 Kabupaten Sukabumi, Cek Skor Periode 2015-2018

Kamis 07 November 2019, 05:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 121 perangkat daerah termasuk kecamatan se Kabupaten Sukabumi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), tentang Tata Cara Pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK) Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2019. 

BACA JUGA: Hore! Pemkab Sukabumi Sabet Opini WTP yang Keempat dari BPK

Bimtek tersebut diselengarakan selama dua hari, 6-7 Novmber 2019 di Hotel Sukabumi Indah, Jalan Selabintana Sukabumi dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono. 

Dalam sambutannya Adjo menyampaikan, penyusunan LPPD merupakan amanat Pasal 69 Ayat 1 UU No 9 Tahun 2015 Tentang Pemerintah Daerah. Dimana kepala daerah berkewajiban untuk memberikan LPPD kepada menteri dalam negeri melalui Gubernur.

Adjo memaparkan, capaian kinerja Pemerintahan Kabupaten Sukabumi, berdasarkan peringkat nasional Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) atas LPPD setiap tahun selalu meningkat. Tahun 2015 peringkat ke 54 dengan skor 3,2380 predikat sangat tinggi, tahun 2016 peringkat ke 44 dengan skor 3,3230 prestasi sangat tinggi. 

"Di tahun 2017 hasil EKPPD Kabupaten Sukabumi telah ditetapkan melalui Kepmendagri Nomor 118-8840 tahun 2018 peringkat ke-18 dengan prestasi sangat tinggi dengan skor 3,2634. Sementara hasil capaian kinerja untuk tingkat Provinsi Jawa Barat atas EKPPD tahun 2018 berada pada peringkat ke - 3 prestasi sangat tinggi dengan skor 3,4714," kata Adjo. 

BACA JUGA: Buka Bimtek Akuntansi, Sekda Kabupaten Sukabumi Ingatkan Pentingnya Kualitas Laporan Keuangan

Adjo berharap mengenai hasil EKPPD atas LPPD Kabupaten Sukabumi untuk penilaian kinerja tahun 2018 secara nasional semakin meningkat baik LKPD ataupun WTP.

Selain itu, Adjo juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih untuk seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan, atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) dari BPK RI selama 5 tahun berturut-turut.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Gungun Gunardi, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah dan capaian tersebut wajib dilaporkan ke pemerintah pusat. 

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Kembali Raih Penghargaan LKPD 2017 Dari Kemenkeu

"Capaian terkait pemanfaatan hak yang diperoleh dengan capaian keluaran dan hasil sesuai dengan perencanaan. Materi yang disampaikan dalam Bimtek itu diantaranya, materi kebijakan penyusunan LPPD 2019 dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2018," ucapnya. 

Di mana progres pencapaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Sukabumi secara nasional trennya mengalami peningkatan. Untuk pemeringkatan nasional akan diumumkan pada hari otonomi Daerah 25 April 2020 mendatang. 

"Kami berharap seluruh peserta memiliki pemahaman yang sama dalam penyusunan LPPD tahun 2019, tepat waktu dan didukung data yang akuntabel," tandasnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)