Apa Itu Sukabumi City Hub? Nanti Ada Bioskopnya Lho!

Senin 24 Juni 2019, 10:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi mendukung rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun Sukabumi City Hub, di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Sukabumi Bersama MPC Pemuda Pancasila Doakan Ani Yudhoyono

Sukabumi City Hub ini merupakan pusat keramaian masyarakat atau pusat keramaian kota, yang nantinya akan menunjang perekonomian di Kota Sukabumi. Dalam perencanannya di sarana tersebut akan tersedia hotel, bioskop, pusat usaha kecil menengah (UKM), dan terminal terpadu. 

"Kami apresiasi dan mendukung penuh pembangunan Sukabumi City Hub," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami disela-sela sosialisasi penajaman pembangunan Sukabumi City Hub di Hotel Horison Kota Sukabumi, Senin (24/6/2019).  

Menurut Andri, keberadaan Sukabumi City Hub ini mendukung kesiapan Sukabumi dalam menghadapi selesainya pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan rencana pembangunan bandara di Sukabumi. Pembangunannya akan dilakukan oleh pihak investor dengan sistem Build Operate Transfer atau BOT. 

"Namun rencananya badan usaha milik daerah (BUMD) Sukabumi juga dilibatkan. Harapannya kedepan Sukabumi City Hub ini dapat menyebarkan pusat keramaian di Sukabumi. Mohon doanya pembangunan bisa segera dimulai dan berjalan dengan baik," imbuhnya.

BACA JUGA: KPK Ingatkan Ini Pada Pemkot Sukabumi Agar Terhindar Dari Jerat Korupsi

Selain Sukabumi, kata Andri ada dua daerah lainnya yang akan dibangun, yakni Cirebon dan Sumedang. Namun Sukabumi dinilai lebih siap sehingga akan lebih dahulu dibangun. Namun saat ini tahapannya baru pada kajian dan penyampaian dari konsultan investor. 

"Lahan yang akan digunakan untuk pembangunan mencapai 3,3 hektare. Sukabumi ditunjuk oleh Kemenhub untuk membangun sarana ini karena lokasinya dekat dengan rencana pusat Pemerintahan Sukabumi. Selain itu karena terminal Sukabumi dinilai memberikan pelayanan terbaik selama in," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdul Rachman menambahkan biaya investasi pembangunan mencapai sekitar Rp 500 miliar hingga Rp 700 miliar. 

''Pembangunan sarana ini bisa memecah kemacetan lalu lintas di pusat keramaian kota,'' singkatnya.

BACA JUGA: Hari Skateboard Internasional, Pemkot Sukabumi Benahi Skatepark Lapdek Tahun Ini

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Agung Raharjo mengatakan ketika Kemenhub mengelola Terminal Tipe A maka harus ada peningkatan kinerja pelayanan yang semakin baik. 

"Salah satunya ada perbaikan sarana dan fasilitas khususnya terminal. Apalagi pada tahun depan adalah masa kebangkitan terminal. Rencananya pada tahun depan terminal akan menjadi jauh lebih modern dan pelayanan cepat serta fasilitas lebih manusiawi. Meskipun saat ini sudah dilakukan perbaikan salah satunya di Kota Sukabumi," paparnya.

Agung menjelaskan, pembangunan sarana ini mendapatkan dukungan dari Pemkot Sukabumi. Sebabnya keberadaan sarana tersebut dapat mendukung kesiapan Sukabumi menghadapi selesainya pembangunan jalan tol, kereta api Jakarta Bandung via Sukabumi dan Cianjur serta bandara. "Targetnya pada 2020 sudah bisa terbangun dan untuk Sukabumi dapat selesai sekitar 1,5 tahun," ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life18 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Ala Nabi Muhammad SAW yang Sangat Dianjurkan bagi Orang Tua

Mendidik anak seperti dalam anjuran Nabi Muhammad SAW tentu akan menjadi rekomendasi bagi para orang tua selama mengasuh.
Ilustrasi - Mendidik anak ala Nabi Muhammad SAW yang perlu diketahui semua orang tau. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Life18 Mei 2024, 17:00 WIB

6 Golongan Orang yang Bakal Terjebak Hidup Miskin Selamanya, Apa Kamu Termasuk?

Beberapa golongan orang yang sering melakukan kebiasaan buruk akan berpotensi terjebak hidup miskin seumur hidup.
Ilustrasi - Golongan orang yang berpotensi hidup miskin selamanya. (Sumber : Pexels.com/Yura Forrat).
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).