Bappeda Gelar Workshop Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Sukabumi

Kamis 23 Agustus 2018, 08:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi menggelar workshop evaluasi program penanggulangan dan penyusunan dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD). Ini dilakukan guna menuju sinergitas penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sukabumi.

Kepala Pemerintahan Bidang Bappeda Kabupaten Sukabumi Yudi Indriawan mengatakan, maksud dari workshop ini ingin menyusun perencanaan yang sinergis antara para pihak, baik pemerintah pusat, provinsi, daerah. Kemudian unsur swasta komunitas, dan perguruan tinggi dalam mengakselerasi penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Sukabumi.

"Tujuan dari kegiatan ini, kita ingin membuat perencanaan, dalam penurunan angka kemiskinan dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sukabumi yang sinergis serta memberikan dampak efektif," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (23/8/2018).

Selain itu, kata Yudi, semua kewenangan dan kebijakan para pihak dapat terlibat bersama-sama untuk bisa berkontribusi positif dalam menanggulangi angka kemiskinan di Kabupaten Sukabumi.

"Upaya dalam menanggulangi itu ada empat staregi, pertama perlindungan sosial yakni bagaimana masyarakat dibawah dasar garis kemiskinan atau 10 persen terendahnya itu kita intervensi melalui program-program," ucapnya.

Kedua pelaksanaan dasar, tambah Yudi,  baik itu pendidikan, kesehatan dan lainya sehingga masyarakat miskin dapat  mengakses pelayanan dasar itu.

"Selanjutnya pemberdayaan masyarakat kita dorong agar lebih berdaya lagi baik secara ekonomi, maupun kemampuan sosial serta memotivasinya," paparnya.

BACA JUGA: Rayakan Idul Adha, Perumda Air Minum Kabupaten Sukabumi Potong 10 Ekor Hewan Kurban

Terakhir, pendekatan pembangunan ekonomi yang influnsi yakni mendorong  membangun di Kabupaten Sukabumi sehingga tidak hanya bermanfaat bagi segelintir orang tapi berdampak pada semua.

"Jadi yang mendapatkan keuntungan tidak hanya pengusahanya saja, tetapi masyarakat usaha kecil menengah dan lainya dalam proses pembangunan," katanya.

Yudi berharap, dengan workshop ini juga dapat memperkuat dan juga meningkatkan koordinasi serta sinergitas program kepada para pihak.

"Kita ingin mendorong inovasi yang dilakukan oleh pemerintah, dan semua pihak sehingga menpenciptakan tenaga dan masyarakat yang berdaya saing," pungkasnya.

BACA JUGA: Bupati Bicara Kondisi Anak-anak di Kabupaten Sukabumi

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono saat membuka workshop mengatakan, upaya penanggulangan kemiskinan tidak semata merupakan tanggung jawab pemerintah pusat namun peranan pemerintah daerah juga sangat berpengaruh dalam membantu percepatan penurunan tingkat kemiskinan. 

"Persoalan kemiskinan  bukan hanya sekedar berapa jumlah dan persentase penduduk miskin , akan tetapi dimensi lain yang perlu di perhatikan adalah tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan. Selain itu harus mampu memperkecil jumlah penduduk miskin, kebijakan kemiskinan juga sekaligus harus bisa mengurangi tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan," paparnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com
Musik06 Mei 2024, 17:00 WIB

OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara!

Dikabarkan Rizky Febian dan Mahalini menikah sesuai dat Bali pada Minggu, 5 Mei 2024 dan Ijab Qobul di Jakarta pada Rabu, 8 Mei 2024.
Foto Cover Latar Biru OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara. Sumber: YouTube/@Rizky Febian
Life06 Mei 2024, 16:30 WIB

Terapkan Yuk Bund! 5 Cara Mendidik Anak yang Suka Melawan Tanpa Perlu Emosi

Sifat melawan dan membantah merupakan bagian dari tumbuh kembang anak, bentuk pertahanan dirinya terhadap situasi mengancam yang tidak ia sukai.
Ilustrasi. Orang tua memberi contoh yang baik. Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto
Motor06 Mei 2024, 16:00 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha Lexi LX 155 Terbaru Mei 2024

Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS.
Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS. (Sumber : yamaha-motor.co.id).
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)