TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Hagglund, Mobil Lapis Baja PMI Terjun ke Lokasi Banjir Bandang Sukabumi, Ini Tugasnya

Selasa 22 Sep 2020, 10:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Satu unit kendaraan taktis dikerahkan Palang Merah Indonesia (PMI) pusat di lokasi evakuasi bencana banjir bandang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/9/2020).

Kendaraan taktis dengan cat warna putih lengkap dengan logo PMI tersebut bernama Hagglund. Kendaraan yang bisa melintasi medan berlumpur yang sulit dijangkau oleh kendaraan biasa.

Mengutip dari akun Facebook Markas PMI Kota Sukabumi, Dalam sejarahnya, Hagglund pertama kali dikenal sebagai kendaraan lapis baja pendukung militer.

Hagglund kendaraan taktis lapis baja dari PMI pusat dikirim ke lokasi banjir bandang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/9/2020). | Foto: Andri Somantri

Kiprahnya pertama kali dimanfaatkan angkatan darat Swedia pada era 1970-an. Roda berantai dan desain yang kokoh disiapkan untuk melaju di medan bersalju. Saat itu, Hagglund merupakan kendaraan yang mampu membuka jalan untuk membawa kebutuhan logistik.

Pantauan di lokasi, Hagglund dioperasikan untuk mengevakuasi sejumlah puing-puing material bangunan dan pepohonan yang masih berserakan di lokasi pasca bencana.

Hingga kini, proses evakuasi masih berlangsung. Hagglund yang dikerahkan oleh PMI pusat tersebut juga terus melakukan evakuasi di tengah medan berlumpur tanpa terkendala.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x