Cerita Galang Hendra Juara WSSP300 Brno, Motor Lebih Kompetitif

Senin 11 Juni 2018, 03:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Galang Hendra Pratama meraih kemenangan pertamanya musim ini di balap motor World Supersport 300 (WSSP300) di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu, 10 Juni 2018. Galang Hendra (Biblion Yamaha MotoX Racing) sebenarnya mengawali start yang kurang mulus. Dari posisi pertama di grid, rider asal Yogyakarta itu sempat melorot ke posisi 2 selepas tikungan pertama.

Meski demikian, Galang mampu bangkit dan mengambil alih pimpinan lomba. Posisi ini ia pertahankan hingga balapan selesai dengan keunggulan jarak 4,739 detik dari pembalap kedua. Balapan dihentikan 3 lap menjelang finish yang disebabkan kecelakaan.

“Saya akan melakukan yang terbaik dan fokus untuk balap selanjutnya di Misano," ujar Galang Hendra dalam siaran pers yang diterima Tempo, Senin, 11 Juni 2018. Saat ini Galang menempati posisi ke-8 dalam klasemen sementara WorldSSP300.

Dalam balapan ini, sepeda motor Yamaha YZF-R3 yang dikendarai Galang Hendra sebenarnya kalah dalam raihan top-speed dengan Ninja 400 dan RC390R, tetapi Galang dapat mengoptimalkan skill balapnya.

Berdasarkan data saat balapan, top speed YZF-R3 Galang Hendra mencapai 181,8 kilometer per jam, sedangkan Ninja 400 dan RC390R masing-masing di angka 198,2 kilometer per jam yang diukir Loureiro (DS Junior Team) dan 194,9 kilometer per jam oleh Grunwald (Freudenberg KTM WorldSSP  Team).  Secara keseluruhan, Galang Hendra ungguk di 4 sektor trek Brno yang memiliki panjang 5,403 kilometer.

Kemenangan Galang Hendra ini disambut gembira oleh Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto. “Hasil yang luar biasa,” kata Morimoto.

Morimoto mengatakan bahwa kinerja Galang Hendra saat ini dapat dibuktikan dengan peraturan yang adil di WSSP300. Di seri-seri sebelumnya, sepeda motor Yamaha YZF-R3 yang diproduksi di Indonesia tak mampu mengimbangi Kawasaki Ninja 400 dan KTM RC 390.

Dua motor itu memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dan top speed lebih kencang dibanding Yamaha YZF-R3 berkubikasi 300cc. “Ini adalah penghargaan untuk YZF-R3 buatan Indonesia dan Galang Hendra yang berasal dari Yogyakarta, Indonesia,” ujarnya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)