Mobil Listrik Impian Elon Musk, Tesla Model 3, Diluncurkan

Sabtu 29 Juli 2017, 06:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pembuat mobil listrik Tesla memperkenalkan sedan Model 3 pertamanya pada hari Jumat, 28 Juli 2017. Hal ini menandai semakin dekatnya peluncuran mobil - yang dibanderol dengan harga untuk konsumen umum tersebut - ke pasar Amerika.

Dalam sebuah acara di kompleks pabrik Tesla dekat San Francisco, kepala eksekutif perusahaan, Elon Musk, menyerahkan Model 3 awal dari jalur perakitan kepada 30 karyawan terpilih untuk menjadi pemilik pertama model tersebut.

Ini adalah momen penting dalam evolusi Tesla dari produsen kendaraan listrik mewah menjadi produsen mobil pasar massal.

Perusahaan belum menentukan kapan mulai menjual Model 3, seharga US$ 35.000, kepada 500 ribu calon pembeli yang telah memesan mobil tersebut dengan deposit US$ 1.000.

Tapi Musk mengatakan mobil itu akan mulai dijual segera. Mobil itu merupakan buah dari ambisinya untuk membuat mobil listrik yang terjangkau bagi sebagian besar konsumen. "Kami akhirnya memiliki mobil listrik hebat yang terjangkau, dan itu benar-benar apa yang dibutuhkan," ujar Musk kepada media pada hari Jumat.

Meskipun mencatat kerugian miliaran dolar, Tesla telah menjadi sasaran investor yang mendorong nilai pasarnya menjadi setara dengan produsen mobil yang jauh lebih besar seperti General Motors dan Ford.

Sebagian besar antusiasme itu terkait dengan potensi Model 3, yang memiliki harga yang memungkinkannya untuk bersaing langsung dengan banyak mobil bertenaga bensin tradisional dan kendaraan sport.

"Ini adalah tonggak sejarah paling penting Tesla dan salah satu yang menjadi kunci untuk keberhasilan atau kegagalannya," kata Akshay Anand, seorang analis di perusahaan riset mobil Kelley Blue Book.

Perusahaan mobil lain berada dalam berbagai tahap pengembangan mobil listrik terjangkau. G.M., misalnya, telah menjual Chevrolet Bolt bertenaga baterai seharga US$ 35.000 selama beberapa bulan. Tapi citra merek Tesla telah membayangi sebagian besar para pesaingnya di segmen mobil listrik.

Musk mengatakan dia tidak yakin seberapa cepat Tesla bisa mempercepat produksi untuk memenuhi pesanan. "Kami akan melalui setidaknya enam bulan proses manufaktur," katanya.

Perusahaan ini berupaya mencapai lebih dari empat kali lipat tingkat produksi tahunan, untuk 500.000 kendaraan, pada tahun depan.

Tesla Model 3 pertama akan dijual terbatas untuk versi yang didukung baterai standar yang dapat mencapai jarak perjalanan 220 mil (354 km) dalam satu kali pengisian baterai. Tesla kemudian akan menawarkan versi jarak jauh dari mobil itu yang memiliki kecepatan tertinggi lebih tinggi dan jarak tempuh baterai 310 mil (499 km).

Model 3 meniru gaya ramping dari Tesla Model S yang jauh lebih mahal, yang dibanderol di atas US$ 100.000.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 09:32 WIB

Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

Dengan mengikuti panduan untuk Diet Asam Urat ini, penderita asam urat dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik dan mengurangi risiko serangan gout.
Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 09:24 WIB

DPRD Sukabumi Soroti Perawatan Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu, Jangan Saling Mengandalkan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Demokrat, Badri Suhendi, menyerukan kepada seluruh pihak agar menjaga dan merawat Tugu Jangilus, yang menjadi ikon Ibukota Palabuhanratu.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi Demokrat) | Foto : Ilyas Supendi
Sehat17 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup dengan Asam Urat: Makanan yang Aman Dikonsumsi dan Harus Dihindari

Memiliki asam urat mesti menjaga pola makan dan asupan yang masuk kedalam tubuh.
Ilustrasi - Memiliki asam urat mesti menjaga pola makan dan asupan yang masuk kedalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Andrey Castillejos)
Sukabumi17 Mei 2024, 08:52 WIB

Sengkarut UHC di Sukabumi, Bupati Keluhkan Tunggakan Rp40 M dan Ungkit Data Fiktif

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami angkat bicara terkait polemik pencabutan status Universal Healt Coberage (UHC) Non-Cut Off oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sukabumi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Ist
Inspirasi17 Mei 2024, 08:31 WIB

Info Loker Karyawan Kontrak di DKI Jakarta, Minimal Lulusan SMA

Berikut Informasi Lowongan Kerja Karyawan Kontrak di DKI Jakarta Pendidikan Minimal Lulusan SMA.
Ilustrasi. Wawancara. Info Loker Karyawan Kontrak di DKI Jakarta (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Jawa Barat17 Mei 2024, 08:28 WIB

Satrya Graha dan Subagja Hamara Terpilih Aklamasi, Ketua dan Sekretaris AMSI Jabar 2024-2028

Satrya Graha dan Subagja Hamara Terpilih Aklamasi Nakhodai AMSI Jabar Periode 2024-2028
Konferensi wilayah ke-3 AMSI Jawa Barat 2024, di Hotel Sutanraja, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 16 Mei 2024. (Sumber : Istimewa).
Nasional17 Mei 2024, 08:00 WIB

Interupsi di DPR, Slamet: UU Cipta Kerja Gagal Tingkatkan Investasi, Rugikan Petani

UU Cipta Kerja gagal memberikan insentif yang cukup untuk sektor pertanian.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet saat interupsi di Rapat Paripurna DPR RI ke-16 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life17 Mei 2024, 07:30 WIB

9 Kebiasaan Sepele yang Membuat Seseorang Tidak Pernah Merasa Bahagia

Yuk Ketahui Apa Saja Kebiasaan Sepele yang Membuat Seseorang Tidak Pernah Merasa Bahagia.
Ilustrasi. Ketahui apa saja kebiasaan sepele yang bisa membuat seseorang tidak pernah merasa bahagia (Sumber : Pixabay/rainermaiores)
Sehat17 Mei 2024, 07:00 WIB

Kurangi Purin, 10 Tips Pola Makan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Beberapa contoh makanan tinggi purin yang perlu dibatasi atau dihindari penderita asam urat diantaranya daging merah, unggas hingga makanan laut (seperti kerang, udang, dan lobster).
Ilustrasi - Menu Bergizi Kurangi Purin, Tips Pola Makan Sehat untuk Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/catscoming)
Food & Travel17 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Edamame, Makanan Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat

Makanan Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat. Edamame sering disajikan dengan sedikit garam di atasnya, tetapi Anda juga dapat menambahkan bumbu atau rempah sesuai selera, seperti garam, merica, atau rempah-rempah lainnya.
Ilustrasi. Edamame atau kacang kedelai muda adalah sumber protein nabati yang baik dan rendah purin. Anda dapat menikmatinya dengan sedikit garam sebagai menu sehat untuk penderita asam urat. (Sumber : Instagram/@catchatstregis)