100 Hari Kerja dan Masa Depan Kabupaten Sukabumi

Selasa 01 Juni 2021, 14:19 WIB

Genap 100 hari kepemimpinan Marwan Iyos dalam menahkhodai pemerintahan daerah kabupaten sukabumi, dan tentu ini bukan langkah mudah melainkan langkah berat dalam meneruskan dan melanjutkan kebaikan sebagaimana tagline kampanye pada tahun 2020 yang lalu. Sebagaimana harapan masyarakat kabupaten sukabumi yang kembali memberikan mandat kekuasaan kepada Bupati dan Wakil Bupati yakni Marwan Iyos, ditangan dan pundak mereka lah nasib rakyat sukabumi akan ditentukan, apakah melanjutkan kebaikan atau meninggalkan kesan tanpa kepercayaan.

Tentu ini menjadi ikhtiar bersama para pendukung nya kala itu, baik dari kalangan politisi, partai politik, tokoh, dan lain sebagai nya. Akan tetapi instrument kemenangan tersebut diatas harus bisa melakukan sinergitas gerak guna membantu perwujudan sukabumi religius, maju, inovatif, menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin sebagaimana visi dari pasangan Marwan Iyos pada tahun 2020 lalu yang di topang oleh partai politik besar dalam koalisi gemuk yakni Golkar, PKS, Demokrat, dan Nasdem. Tentu ke empat partai yang mengusung pasangan ini memiliki kursi yang cukup besar di parlement dimana keterwakilan para anggota legislatif dari partai-partai tersebut harus mampu menjadi mintra strategis di dalam lingkar pemerintahan daerah. Bila hal tersebut ditopang dengan soliditas yang baik diantara para pendukung, maka apa yang menjadi harapan masyarakat melalui kebijakan politik Marwan Iyos akan terasa dampak positif nya bagi masyarakat ditengah frustasi ekonomi yang sedang dirasakan masyarakat ditengah pandemi covid 19 yang belum berakhir.

Seratus hari kerja yang sebagaimana janji politik yang disampaikan pada sambutan pelantikan beberapa pekan lalu, kita perlu mereview apa saja yang menjadi agenda dalam pelaksanaan kebijakan 100 hari Marwan Iyos yang jatuh pada bulan ini, yakni bulan Juni yang penuh dengan tonggak sejarah bangsa indonesia. Bila kita urai satu persatu apa yang menjadi janji 100 hari kerja tersebut, yakni mencakup beberapa bidang. Satu diantara adalah program beasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu untuk melanjutkan jenjang pendidikan s1 di salah satu kampus yang ada di kabupaten sukabumi. Selain itu, pelayanan kesehatan gratis merupakan target kinerja dari 100 hari program pemerintah daerah kabupaten sukabumi yang ditopang oleh kebijakan dokter masuk kampung walau program itu masih jauh dari harapan dengan minim nya tenaga kesehatan yang ada di pemerintah daerah kabupaten sukabumi, terutama dokter. Sehingga akan sangat sulit bila program dokter masuk kampung ini berjalan dalam waktu yang dekat mengingat luas wilayah kabupaten sukabumi yang cukup besar, dengan letak geografis yang cukup sulit untuk ditempuh oleh para medis. Tidak hanya itu, program peningkatan kesejahteraan guru madrasah dan BOP madrasah diniyah atau lembaga pendidikan alquran merupakan satu hal pentinga dalam praktik pelaksanaan visi dari pasangan Marwan Iyos untuk menopang suprastruktur masyarakat untuk membangun masyarakat yang religius, tetapi ditengan rancangan besar hal tersebut diatas memiliki beberapa kendala dalam meningkatan kesejahteraan para guru madrasah ditengah pemangkasan anggaran akibar refocusing, sehingga tentu ini akan menjadi PR yang harus diselsaikan kedepan. Dalam sektor ketenagaraan kerjaan ditengah tinggi nya usia produktif pekerja pemerintah daerah akan membuat silent centre untuk membantu pengembangan sebagai pusat ketenagakerjaan yang terintegrasai dengan dunia kerja, walau bila melihat realitas ini tidak terwujud dengan banyak nya PHK masal dibeberapa industri yang ada di sukabumi karena dampak covid 19.

Bila kita mencermati secara seksama dalam RPJMD pemerintau daerah kabupaten sukabumi yang telah ditetap kan pemerintah daerau kabupaten sukabumi memiliki target besar pada dua sektor unggulan daerah yakni pariwisata dan pertanian, tentu hal tersebut sesuai dengan culture dan tipologi daerah kabupaten sukabumi. Akan tetap bila kedua sektor itu dijadikan poninter khusus dalam pembangunan masa depan kabupatan sukabumi maka pemerintah daerah perlu melihat bagaimana persiapan ini akan berjalan dengan sesuai rencana ditengah gempita dan geliat pembangunan nasional yang ada di wilayah kabupaten sukabumi. Terlebih ada beberapa proyek startegis nasional yang akan berjalan di wilayah kabupaten sukabumi, satu diantara nya adalah pembangunan bandara dan dermaga, dan lain lain. Hal tersebut tentu menjadi sarana prasarana yang akan menopang pengembangan sektor pariwisata dan pertanian yang ada, akan tetapi pemerintah daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati perlu meninjau ulang perencanaan yang di usulkan oleh kedua dinas tersebut yakni dinas pertanian dan dinas pariwisata, sehingga apa yang menjadi pertimbamgan dalam pembangunan dua sektor tersebut tidak sebatas persiapan eksodus ekonomi saja melainkan persiapan sumber daya manusia sebagai subjek dari pembangunan itu sendiri. Tentu, masa depan yang diharapkan kedepan oleh masyarakat sukabumi adalah kabupaten sukabumi mampu menjadi daerah yang secara kesejahteraan bisa sejajar dengan daerah lain sehingga peningkatan pendabapatan masyarakat mampu menjadi pendorong dalam sektor pajak. Untuk itu masa depan sukabumi sesungguh nya adalah bukan hanya masa depan yang hanya tersaji pada periode saso politik lima tahunan, melainkan perwujudan peradaban yang jauh lebih baik dalam melanjutkan kebaikan dengan kebaikan yang ada, sehingga pembangunan yang disusun adalah pembangunan yang berkelanjutan dalam mempersiapkan generasi emas sukabumi ditengah gempuran modernism, tekhnologi, dan digitalisasi di era terbuka.

Penulis:

Dewex Sapta Anugrah

Founder Lingkar Kajian Kebangsaan | Email: [email protected]

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On