Krisis Ekonomi dan Pengganguran di Masa Pandemi Covid-19  

Sabtu 26 Desember 2020, 05:36 WIB

Oleh: [email protected] (netizen)

Ekonomi merupakan lini terpenting dan terbesar yang berpengaruh bagi suatu negara, setelah  kesehatan dan pendidikan.Ekonomi merupakan jantungnya sebuah negara karena suatu  negara bisa dikatakan  negara maju jikalau ekonominya baik dan terpenuhi.Lalu bagaimana dengan  ekonomi indonesia itu sendiri? Ekonomi di Indonesia mengalami penurunan dan penaikan dalam artian ekonomi Indonesia tidak stabil kadang naik kadang juga turun,tentu pernyataan ini sesuai dengan riset dari data pendapatan perkapita indonesia,yaitu menurut BPS mencatat bahwa pendapatan per kapita penduduk Indonesia pada 2019 mencapai Rp 59,1 juta, naik dibanding 2018 sebesar Rp 56 juta dan 2017 sebesar Rp 51,9 juta. Dari data tersebut, kita bisa tahu dan  menyimpulkan bahwa ekonomi Indonesia berada di garis ketidakstabilan. Kendati demikian, bagaimana kabar ekonomi Indonesia pada masa pandemi covid 19?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang krisis ekonomi dan pengangguran di masa pandemi, maka kita harus tahu dulu apa pengertian ekonomi itu sendiri?

Ekonomi berasal dari Bahasa Yunani yaitu dari kata “Oikos ” dan “Nomos ”. Oikos yang berarti keluarga,rumah tangga,dan Nomos  berarti peraturan,aturan,dan hukum.Jadi ekonomi  adalah ilmu social yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi,distribusi,dan konsumsi terhadap barang dan jasa.Sedangkan menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah suatu bidang keilmuan yang menyelesaikan permasalahan- permasalahan kehidupan manusia lewat pemanfaatan sumber daya.

Dari pengertian di atas tidak dapat dipungkuri lagi bahwa ekonomi sangatlah penting dan berkesinambungan terhadap semua lini,khususnya lini sosial yang mengatur hubungan soasial,bagi kehidupan manusia.Dan ekonomi juga memiliki peran penting untuk meningkatkan taraf kehidupan sumber daya manusia dan juga untuk mengatur prinsip kebutuhan pokok manusia / masyarakat.

Tapi seiring berjalannya waktu dari masa ke masa, ekonomi semua negara  di dunia sangat mengkhawatirkan,karena adanya satu wabah yang menggoncangkan dunia,yaitu wabah virus corona yang banyak melumpuhkan semua aspek penting kehidupan.Khususnya aspek ekonomi yang merupakan tonggak kehidupan jayanya suatu negara.

Perlu kita ketahui bahwa  virus corona atau  yang sering di sapa covid 19 ini, merupakan wabah  yang berasal dari negeri tirai bambu dan menjadi  racun  bagi semua negara dalam  segala aspek.Di mulai dari aspek kesehatan, kebebasan, pendidikan, bahkan  merambat ke ekonomi.Tak hanya Indonesia yang dihujani dengan virus ini, bahkan negara adidaya seperti Amerika,dan Jepang pun terkena virus ini.

Virus corona memberikan dampak buruk  yang sangat signifikan.Terutama pada ekonomi.Bahkan pada masa pandemi, ekonomi indonesia mengalami kekerisisan yang sangat hebat.Kenapa ini terjadi?

Karena di masa pandemi ini Indonesia tidak bisa melakukan bisnis seperti kegiatan ekspor dan import dengan China.Yang di mana China merupakan pengekspor terbesar bagi Indonesia.Tapi karena pandemi covid semuanya jadi terbalik dan terhambat.Sehingga pendapatan penghasilan Indonesia pun berkurang.

Tak hanya itu, bahkan akibat pandemi ini pendidikan pun jadi terhalang.Karena proses belajar mengajar menjadi terhambat, juga kesehatan dan kebebasan pun terbatas, bahkan lapangan pekerjaan pun semakin sempit dan juga terbatas.Contohnya kecilnya yaitu seperti realita di lingkungan sekitar kita, yaitu para pegawai pabrik banyak yang di PHK akibat pandemi covid 19.sehingga secara tidak langsung masyarakat Indonesia banyak yang mengalami pengangguran dan mati kutu di negerinya sendiri.

Dari fakta mengerikan tersebut, solusi terbaik apa yang harus di ambil,khususnya kita sebagai mahasiswa?

Solusinya terbaiknya yaitu pertama pemerintah harus lebih respek lagi dan lebih respon terhadap keadaan masyarakat. Sehingga kehidupan masyarakat tetap baik dan stabil.

Kedua yaitu harus  menciptakan inovasi baru yaitu dengan cara pemerintah harus membuka koperasi simpan pinjam sebagai badan bantuan untuk memenuhi modal bagi masyarakat ketika ingin membuka usaha.Dan juga memberikan bantuan kecil-kecilan pada masyarakat seperti memenuhi persediaan pokok,sandang, papan,dan pangannya.

Dan juga pemerintah harus menciptakan lapangan kerja yang memadai yang mampu menjangkau masyarakat dari semua tingkatan.

Ketika semua solusi tersebut sudah dilaksanakan dengan baik.Maka krisis ekonomi dan penggangguran di masa pandemi pun akan berkurang.Dan kehidupan masyarakat pun akan aman, terjamin,makmur,dan berlangsung dengan baik sesuai dengan cita-cita negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Penulis Mutiara Nurfatimah Apriliani adalah Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 08:38 WIB

DPRD Minta DLH Pikirkan Solusi Soal Masalah Sampah di Sagaranten Sukabumi

Menurut Budi, masalah sampah bukan hanya terjadi di Kecamatan Sagaranten.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. | Foto: SU
Life19 April 2024, 08:19 WIB

Cukup 4 Bahan, Asam Urat Minggat! Yuk Bikin Minuman Herbal Ala Zaidul Akbar

Asam urat memiliki gejala yang membuat persendian nyeri saat kambuh.
Resep minuman herbal cuma 4 bahan untuk atasi asam urat ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik.com/8foto
Life19 April 2024, 08:12 WIB

Asam Urat Kambuh Setelah Lebaran? Bikin Minuman Herbal Sederhana Ala Zaidul Akbar Ini

Penyakit asam urat yang kambuh setelah lebaran pasti membuat Anda tidak nyaman dan tubuh terasa tidak enak.
Resep minuman herbal sederhana ala Zaidul Akbar yang dapat meredakan asam urat saat kambuh. | Foto: Freepik.com/jcomp
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)