Melirik Bisnis Sepatu Sneakers di Tengah Masa Pandemi

Senin 02 November 2020, 18:05 WIB

Oleh: Muhamad Fadhil Maulana

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajemen

Ngomongin tentang sneakers, siapa sih yang tidak tau dengan tren fashion yang satu ini. Kepopuleran sneaker memang tidak akan ada habisnya. Setiap orang pasti akan selalu membeli dan memakai sepatu jenis ini dalam berbagai aktifitasnya, mulai dari aktifitas kerja, olahraga, sekolah hingga aktifitas sehari-hari. Meski tergolong mahal bagi sebagian orang, sneakers tak pernah kehilangan tempat di hati masyarakat Indonesia terutama para fashion enthusiasts, sneakers head atau penggila sneakers yang ada di Indonesia.

Sebelumnya, bicara tentang bisnis terutama di tengah masa pandemi COVID-19 memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semenjak adanya pandemi, sektor ekonomi yang ada di Indonesia terdampak buruk. Dari berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia, banyak yang mengalami kerugian bahkan sampai ada yang harus dihentikan kegiatan produksinya. Namun, dampak dari virus Corona ini dapat menjadi sebuah peluang bagi kita yang jeli untuk melihat potensi bisnis yang bisa dilakukan di masa sulit ini. Karena perilaku belanja masyarakat di Indonesia pada saat ini mengarah kepada layanan online untuk memenuhi kebutuhan guna mengurangi terjadinya transaksi langung, banyak peluang yang bisa kita manfaatkan salah satunya bisnis sneakers ini. 

Setiap tahunnya brand-brand produsen sepatu sneakers seperti Adidas, Nike, Vans, hingga Balenciaga selalu mengeluarkan model keluaran terbaru tiap tahunnya. Harganya pun bervarian, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 100 juta tergantung model.

Bagi Anda yang berfikir dua kali atau ragu untuk mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis sepatu sneakers ini, Anda tidak perlu takut ataupun khawatir karena Anda bisa menjalankan bisnis sepatu sneakers ini dengan cara menjadi seorang reseller.

Bisnis sneakers yang ada di Indonesia kebanyakan menggunakan sistem reseller bagi mereka yang ragu untuk mengeluarkan modal yang besar. Contoh dari sistem reseller ini adalah misalnya Anda memiliki kenalan dengan orang di luar negeri seperti di Jepang, Anda bisa mengajak mereka untuk kerja sama. Bagaimana Caranya? Nantinya Anda akan meminta mereka untuk mencarikan sepatu sneakers disana yang memiliki harga diskon. Sebagai informasi, Jepang dikenal memiliki banyak sekali tempat yang menjual sepatu sneakers lebih murah dibandingkan di Indonesia dan kebanyakan reseller yang ada di Indonesia membeli barang dagangannya dari Jepang. Atau apabila Anda tidak memiliki kenalan dengan orang luar, Anda bisa membeli sneakers dengan harga promo yang beredar di Instagram, contoh akun Instagram yang terkenal memiliki sneakers dengan harga promonya adalah @luckycatsupply, @monkeysteal, @tigrail dan masih banyak lagi. Kemudian Anda menjual kembali barang-barang tersebut dengan harga yang sudah Anda sesuaikan. Misalnya Anda membeli sepatu sneakers seharga Rp 2 juta, kemudian Anda bisa menjualnya kembali dengan harga Rp 2,2 juta – Rp 2,5 juta tergantung dari target penjualan Anda.

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara penjualan yang sebaiknya dilakukan di tengah masa pandemi ini, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk menjual sneakers ini kepada orang-orang. Untuk pemula, bisnis sepatu sneaker dengan sistem reseller adalah jalan yang tepat. Cara ini lebih praktis dan lebih murah serta tidak perlu susah payah memikirkan banyak hal.

Lalu, bagaimana cara agar bisnis sepatu sneakers Anda dapat berkembang dengan cepat? Begini caranya.

1. Membuat grup WhatsApp/Line

Guna membuat grup ini adalah sebagai tempat untuk menawarkan barang dagangan Anda kepada konsumen dan menjangkau lebih banyak konsumen. Sebab, hampir semua masyarakat di Indonesia menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan komunikasi sehari-hari. 

Kemudian Anda bisa mengirimkan pesan broadcast di grup tersebut untuk menawarkan barang dagangan Anda. Tapi yang harus menjadi perhatian adalah Anda harus memperhatikan waktu tiap pengiriman pesan tersebut agar Anda tidak dianggap melakukan spam di aplikasi tersebut yang menyebabkan akun Anda terblokir oleh sistem.

2. Membuat akun media sosial

Cara selanjutnya adalah Anda diharuskan untuk membuat akun media sosial. Dengan media sosial, Anda dapat menjangkau calon konsumen yang lebih banyak lagi. Sebab, media sosial pada saat ini menjadi media promosi yang paling sering digunakan oleh banyak orang.

Untuk media sosial yang paling sering digunakan para reseller sepatu sneakers adalah Facebook dan Instagram. Untuk Instagram, Anda harus memperhatikan gambar yang akan anda posting agar terlihat lebih menarik. Kemudian hal yang paling penting adalah Anda harus memperhatikan deskripsi dari barang yang akan dijual, misalnya Anda harus mencantumkan harga, jenis barang, ukuran dan kondisi dari barang tersebut agar lebih meyakinkan calon pembeli yang akan membeli barang tersebut. Contohnya “AJ1 MID CACTUS FLOWER WMNS, Harga : Rp 2,099 juta nett, Size : EU 41, Kondisi barang : BNIB (Brand New In Box)”. Pemberian deskripsi seperti ini akan lebih meyakinkan bagi para pembeli, terutama bagi orang-orang awam.

3. Berikan promo yang menarik 

Siapa sih yang tidak tertaik kalau ada promo? Semua orang yang ada di Indonesia pasti akan tertarik apabila melihat ada barang yang diinginkannya memiliki diskon atau harga promo. Hal ini yang kemudian bisa Anda lakukan agar dapat menarik lebih banyak konsumen. Anda bisa memberikan diskon seperti “setiap pembelian 2 atau lebih sneakers untuk merek Adidas, akan ada potongan harga sebesar Rp 100 ribu pada setiap pasangnya” atau diskon lainnya seperti “gratis ongkir untuk setiap pembelian sneakers lebih dari 2”.

4. Adakan sebuah giveaway 

Cara berikutnya agar Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa melakukan Giveaway. Gimana caranya? 

Pertama Anda bisa mengadakan giveaway dengan inisiatif sendiri, dalam artian Anda menggunakan modal milik pribadi untuk mengadakan suatu giveaway.

Kedua, Anda bisa mengajak kerja sama dengan toko reseller lainnya untuk mengadakan giveaway. Ada satu sistem yang bisa memberi Anda keuntungan yang lebih banyak lagi, yaitu dengan sistem membeli nomor undian. Kemudian untuk memenangkan giveaway itu akan diacak dan dipilih satu pemenang yang beruntung mendapatkan nomor undian yang telah dipilih secara acak tersebut.

Atau Anda bisa melakukan cara ketiga, yaitu dengan bekerja sama dengan entrepreneur atau artis ternama yang dimana tentunya Anda akan mendapatkan lebih banyak calon pembeli dengan catatan Anda harus mengeluarkan modal yang lebih besar lagi untuk melakukan kerja sama tersebut.

5. Memiliki lebih dari satu distributor

Cara yang terakhir agar bisnis sepatu sneakers Anda dapat berkembang lebih cepat lagi adalah Anda harus memiliki banyak distributor. Kenapa demikian? Dengan memiliki banyak distributor, Anda alan lebih banyak mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah dan tentunya Anda akan lebih banyak memiliki varian dalam produk penjualan Anda

Untuk memiliki jumlah distributor yang banyak, yang pertama Anda bisa melakukan kerja sama dengan toko reseller lainnya, atau yang kedua Anda bisa bergabung ke dalam grup-grup komunitas sneakers lainnya yang tersebar di Indonesia.

Biasanya di dalam grup tersebut terdapat lebih dari satu distributor, yang kemudian bisa Anda ajak untuk melakukan kerja sama.

Itulah cara-cara untuk menjadi seorang reseller. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis sneakers seperti yang dibahas diatas? Tentunya untuk menjadi seorang reseller tersebut kita harus menjadi penjual yang jujur dan berintegritas. Jangan sampai kita menjual produk hasil tiruan namun kita menjual produk tersebut dengan mengaku-ngaku bahwa produk tersebut asli.

Untuk target pasar dari bisnis sneakers sendiri, sebenarnya mencakup untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Namun ada baiknya Anda untuk memfokuskan terlebih dahulu penjualan produk-produk Anda kepada kalangan anak muda ataupun remaja dengan mencari model sepatu yang kekinian, stylish, hingga sporty.

Sekian, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca sekalian terutama para generasi muda milenial yang tertarik utuk terjuan kedalam dunia bisnis.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)