Memanfaatkan Bisnis Online Sebagai Media Penghasilan Tambahan

Sabtu 31 Oktober 2020, 02:47 WIB

Oleh: Salman Nurjaman

Mahasiswa Universitas Nusa Putra

Di era pandemi covid19 seperti yang kita rasakan saat ini, pekerjaan-pekerjaan yang formal khususnya, seperti guru, pedagang, petani, dosen, pemborong, arsitek  dan masih banyak pekerjaan lainnya yang terhambat pekerjaanya, bahkan mereka yang melakukan pekerjaan itu tidak kerja karena dalam situasi covid19, yang takutnya terjadi penularan-penularan yang tidak di inginkan.

Bahkan bukan hanya pekerjaan formal yang berhenti aktivitasnya, tetapi lembaga-lembaga khususnya seperti sekolah, perkuliahan, perkantoran, perdagangan pasar, itu semua di berhentikan ,dan digantikan dengan cara online. pemberhentian aktivitas ini akan membawa dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat kecil khusunya ,yaitu akan terjadi kemerosotan pendapatan, gazi berkurang , kelaparan , dan masih banyak dampak negatif yang akan terjadi pada situasi covid19 sekarang.

Nah! Kita semua jangan takut dengan dampak semua itu ,cukup dengan menggunakan smartphone kita miliki untuk memulai bisnis, karena masyarakat mayoritas pasti memiliki smartphone, selain mudah dibawa berkomunikasi, ternyata smartphone juga dapat mengahasikan uang lho!! Yaitu salah satunya dengan melakukan bisnis online, dengan melakukan bisnis online ini  sangatlah membantu untuk pengahasilan tambahan, kita melakukannya bisa sambil kerja, rebahan, santai, terutama dalam situasi covid19 pasti sering berdiam diri di rumah sambil main handphone.

Bisnis online ini ternyata banyak jenisnya ternyata, namun penulis akan menjelaskan dua saja, karena yang dua ini sangatlah gampang dan mudah dijangkau oleh masyarakat ,terutama bagi anak sekolah, mahasiswa, dan yang lainnya.  yuk simak apa aja sih ! 

1.Bisnis reseller online 

Bisnis ini adalah bisnis yang menjual kembali produk yang dibeli dari produsen ke lapangan .model bisnis reseller online ini sangat terjangkau sekali terutama bagi pemula, mahasiswa yang sedang daring, dan yang sedang bekerja dalam bidangnya untuk dijadikan sampingan penghasilan tambahan.

Sebagai reseller mudah sekali, Karena pada dasarnya tugas menjadi reseller adalah hanya sebagai perantara antara produsen dan pelanggan, menjual lagi produk orang lain, dan kita hanya cukup memasarkannya bisa melalui status whats App, instagram, facebook ,dan masih banyak lagi media lainnya untuk memasarkannya. jadi pada dasarnya kita tidak perlu membuat produk sendiri, tetapi kita masih memiliki pilihan produk yang luas untuk dipilih dan di sebar luaskan untuk di jual. 

Keuntungan menjadi reseller reatif besar, salah satunya yaitu :

a. bisa menentukan harga jual sendiri kepada pembeli. dengan kita menjadi reseller kita bebas untuk menentukan harga jual kepada konsumen karena barang yang yang kita sudah beli dari distributor demikian, sekarang adalah milik kita seutuhnya, dan kita bebas untuk menjual harga barang tersebut .

b. belajar mengelola keuangan. dengan kita melakukan pembelian kepada distributor lalu kita juga menjual lagi kepada konsumen, itu akan menjadikan kita lebih teliti dalam keuangan, dan jangan sampai produk yang kita beli dari distributor harganya lebih kecil daripada kita membelinnya,  karena itu akan rugi untuk kita sendiri.

2. Bisnis online dropshipping

Bisnis online dropshipping adalah sistem penjualan barang secara offline atau online, tetapi karena kita dalam situasi covid19 pasti menggunakan sistem online karena juga akan lebih mudah dalam melakukan bisnis tersebut, kita cukup memasarkannya di sosial media yang kita pakai. dengan bisnis ini kita  tidak mesti mempunyai modal, jadi tanpa modal pun jadi , dan bakan tidak mesti punya barang sendiri .

Bisnis dropship ini sejatinya lumayan sipel dan peraktis, karena kita dapat menentukan sebagian  barang dari distributer yang hendak dijual, setelah itu kita bisa juga mengambil sebagian barang dari gambar yang kita promosikan, terus kita dapat menguplodnya ke  media promosi. apabila barang kita dibeli, hingga konsumen menetukan barang yang mau dibeli serta mengirimkan uangnya, setelah itu kita hanya melanjutkan proses pembayaran tersebut ke distributor barang serta memberikan data barang yang mau dibeli beserta informasi pembeli kita.

Untuk melakukan bisnis ini kita tidak pelu mempunyai modal, kita hanya menjual barang dari distributor secara online lewat media sosial gratis seperti dengan facebook, blog gratis , line, shoope, marketplace, lazada dan lainnya .terus keuntungan bisnis ini yaitu beragamnya barang jualan, jadi kita tidak perlu memilii barang atau produk sendiri, barang dapat dipilih dan ditentukan jenis barang apa saja yang akan dijual dan di ambil sebagai lapak. Bahkan kita dapat bekerjasama dengan banyak distributor produk langsung tanpa harus mengeluarkan modal.

Nah, setelah kita mengetahui dari kedua jenis bisnis online di atas ,pasti ada gambaran dong pastinya buat kita untuk memilih mana yang lebih mudah dan menguntungkan di antara keduanya. intinya kita harus bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang kita tekuni, apa saja itu pekkerjaannya, khusunya di bidang bisnis yang sedang kita jalankan atau baru memulai bisnis, kita harus bisa bertanggung jawab, baik kepada distributor, kepada konsumen, pelanggan, dan dan pihak yang lainnya.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)