Hotel Prodeo Surgaku

Kamis 16 April 2020, 06:40 WIB

Oleh: Nurlaelaniriskaa

Wabah Covid-19 ini masih belum berakhir. Seluruh bagian dalam sistem pemerintahan bersatu padu melawan. Mulai dari petinggi negara hingga rakyatnya. Di indonesia sendiri kini sudah mencapai 4.839 kasus. Sungguh bukan angka yang main-main. Segala upaya dilakukan, mulai dari pembubaran kerumunan, upaya tilang bagi pengendara yang tidak memakai masker penutup mulut, dan banyak lagi.

Salah satu fenomena baru yang menjadi sorotan belum lama ini, adalah pembebasan 36.554 narapidana melalui program asimilasi dan integrasi sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), di wilayah lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Indonesia.

Masyarakat dibuat bingung, resah dan kecewa oleh keputusan kemenkumham. Menyayangkan upaya aparat penegak hukum dan warga selama ini yang bahu membahu mengamankan lingkungan dengan menangkap para bengis, kini dengan mudahnya pesakitan itu di bubarkan dengan begitu optimis.

Para napi itu seperti berprinsip "Hotel prodeo surgaku" angkat kaki lama-lama akan membuatnya rindu. Benar saja, tak butuh waktu lama keresahan yang di alami terjadi. Banyak napi yang diciduk melalukan aksi tak terpuji lagi. Mulai dari pencurian motor, perampokan, pembunuhan, dan banyak lagi. Sungguh miris ditengah wabah dan kondisi indonesia yang sedang tidak baik, mereka menambah kepusingan bagi sebagian pihak yang selama ini mengupayakan yang terbaik.

Sudah di beri hati untuk bebas bersyarat, kini di masukkan lagi ke dalam jeruji besi, dengan hukuman yang lebih berat sebab sisa pidana pertama dan massa pidana baru di kalkulasi. Begitulah perjanjian yang sudah di sepakati bersamaan dengan adanya program ini.

Dengan kondisi serba salah seperti ini, akan sulit menyamakan persepsi. Bagi pemerintah hal ini baik dilakukan sebagai upaya pencegahan, namun bagi masyarakat hal ini meresahkan karna sudah terbukti, narapidana kini berkeliaran kembali dengan profesi yang ia sukai, sebagai sosok yang kehadirannya tak seorang pun ingini.

Teringat sebuah kutipan dari Mantan Presiden RI ke-6 "Keputusan dan kebijakan apapun tidak akan pernah memuaskan semua pihak. Jika, niat, tujuan dan konsepnya baik, lakukan saja." Semua keputusan akan ada baik buruknya, maka pilihlah yang paling sedikit buruknya.

Aku satu dari banyaknya masyarakat yang merasa tak puas dengan kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah, salah satunya Kemenkumham. Seharusnya indonesia dapat belajar dari negara-negara lain, yang telah berhasil mengatasi wabah Covid-19 ini. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik?

Kita tak perlu menghadirkan masalah baru, karna ini tidak akan menghasilkan titik temu. Indonesia hanya butuh disiplin dan sadar. Disiplin untuk tidak berkumpul, sering cuci tangan dengan air mengalir, disiplin untuk tetap #dirumahsaja, dan disiplin untuk seluruh perintah yang telah di berlakukan di seluruh dunia. Sadar bahwa wabah ini mematikan, jangan egois merasa sehat dan tak mau dengar masukan. Marilah sepakat untuk disiplin dan sadar, karna ini adalah tugas kita semua.

Kini pemerintahan, bidang kesehatan, pendidikan, aparatur negara, dan seluruh komponen khususnya di Indonesia sedang di uji melalui kehadiran wabah yang belum kunjung pergi.

Aku dan kita semua tau, situasi ini sungguh berat, namun percayalah tak ada satupun peristiwa terjadi tanpa kehendaknya. Tetaplah beraktifitas meski terbatas, jangan lupa untuk selalu berdo'a. Jaga kesehatan dan bertahanlah untuk #dirumahsaja

Cepat sembuh bumiku! Cepat sembuh ibu pertiwi!

#IndonesiaLawanKorona #IndonesiaBersatu #IndonesiaBisa! #Opini

|[email protected]|netizen

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 13:00 WIB

Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian. (Sumber : Freepik.com).
Sehat17 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Minuman Herbal Ini Mampu Obati Asam Urat, Minum Tiap Pagi Hari!

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian sendi dan sering menimbulkan rasa nyeri yang begitu menyakitkan, sampai tidak beraktivitas. Terntaya ada beberapa minuman herbal yang bisa mengobati asam urat
Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life17 Mei 2024, 12:30 WIB

10 Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup

Meredakan Nyeri Asam Urat. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko serangan gout.
Ilustrasi. Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup (Sumber : Pexels/EllaColsson)
Life17 Mei 2024, 12:15 WIB

6 Dampak Buruk Sering Menuruti Kemauan Anak, Orang Tua Jangan Menyesal!

Selalu menuruti kemauan anak rupanya memiliki dampak buruk yang mesti diperhatikan oleh orang tua ketika mendidiknya. Semua ini perlu diperhatikan demi kebaikan anak ketika dewasa
Ilustrasi dampak buruk selalu menuruti kemauan anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockproject)
Bola17 Mei 2024, 12:00 WIB

Bojan Sebut Motivasi Pemain Persib Berlipat Jelang Leg 2 Semifinal Championship Series

Pemain Persib motivasinya kian berlipat jelan menghadapi Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series.
Pemain Persib motivasinya kian berlipat jelan menghadapi Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi17 Mei 2024, 11:58 WIB

Merinding! Ulat Bulu Warna-warni Serbu di Alun-alun Masjid Agung Kota Sukabumi

Binatang yang bisa bikin gatal ini turun dari sejumlah pohon ketapang kencana dan tanaman pelindung di kawasan tersebut.
Pohon pelindung ketapang kencang di alun-alun masjid agung Kota Sukabumi dipenuhi ulat bulu (Sumber: warganet/akun medsos @abcdadan)
Life17 Mei 2024, 11:45 WIB

Patut Ditiru! 6 Ajaran Hidup Para Perantau Agar Bisa Sukses di Tanah Orang

Kaum perantau tentu bukan tanpa prinsip dan ajaran hidup di tanah rantauan. Mereka tentu membawa modal ajaran hidup yang dipegangnya erat demi bisa meraih sukses di sana
Ilustrasi Ajaran hidup perantau agar cepat sukses di tanah rantau (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Sehat17 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Golongan Obat-obatan untuk Meredakan Nyeri Asam Urat dan Efek Sampingnya

Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh. (Sumber : Freepik/fabrikasimf)
Jawa Barat17 Mei 2024, 11:21 WIB

Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa melakukan audiensi di kantor BJB Syariah Pusat, di Bandung, Kamis, (16/5/2024).
Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa
Life17 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kreatifitas Hidup, Hindari Yuk!

kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan membunuh kreatifitas hidup. Setiap orang harus menghindarinya agar tidak merusak masa depan dan kehidupannya
Beberapa kebiasaan buruk yang membuat kreatifitas menghilang (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)