Kemudahan Investasi Pada Saat Ini Untuk Masyarakat

Kamis 06 Februari 2020, 04:15 WIB

Oleh: Agus Parhan Saepul Anwar

(Mahasiswa Universitas Nusa Putra, Prodi Manajemen)

Kata Investasi, sebetulnya istilah  yang tidak asing lagi didengar oleh telinga masyarakat umumnya, yang ujung-ujungnya berhubungan dengan ekonomi dan pengelolaan keuangan.

Istilah tersebut ialah dalam bentuk penanaman modal dengan harapan mendapatkan keuntungan pada masa mendatang, dengan memanfaatkan dana yang kita miliki saat ini.

Berbicara tentang investasi umunya memang hanya populer dikalangan masyarakat ekonomi menengah keatas, walaupun pada bentuk pengimplementasiannya berbeda-beda, bisa dengan cara tradisional yang selalu terjadi di masyarakat pedesaan seperti membeli tanah, kebun dan emas, maupun secara modern yang selalu terjadi di masyarakat perkotaan dengan menyimpan deposito di bank.

Tapi tidak menutup kemungkinan masyarakat menengah kebawah juga bisa berinvestasi. Di era modern dengan teknologi yang terus berkembang kian pesat pada saat ini, salah satunya dengan adanya smartphone yang memberikan kemudahan untuk bisa mengakses berbagai kebutuhan apapun itu dengan satu genggaman, begitu 

juga dengan investasi, banyak layanan jasa yang menyediakan investasi berbasis online yang sudah mempunyai legalitas dari OJK (otoritas jasa keuangan) yang bisa di akses melalui smartphone.

Bagusnya lagi, investasi berbasis online ini menyediakan layanan yang memudahkan masyarakat, karena dalam bentuk penanaman modal yang sangat minim yaitu dari mulai sepuluh ribu rupiah sampai seratus ribu rupiah dengan investasi berbagai macam, ada investasi online emas, investasi online reksadana, investasi online di saham dan pasar uang sehingga  masyarakat menengah kebawah juga sudah bisa memulai berinvestasi.

Manfaat dari berinvestasi itu sendiri, sangat berdampak baik bagi masyarakat, salah satunya mempersiapkan kehidupan masa depan. Dengan berinvestasi masyarakat dapat memulai merencanakan masa depan agar nantinya tetap terjamin. Mulai dari mempersiapkan biaya pendidikan, dan menjamin keluarga dari segi finansial.

Manfaat tersebut akan di dapatkan dengan berinvestasi jangka panjang, sehingga nantinya akan dapat dinikmati di kemudian hari. 

Memiliki Penghasilan Tambahan dari Penghasilan Pokok

Dengan berinvestasi masyarakat juga akan merasa terjamin karena aset investasi yang di lakukan secara jangka panjang akan dapat menghasilkan keuntungan dan menjadi penghasilan tambahan.

Memperkecil Resiko Terjerat Hutang

Dengan cara menyisihkan pendapatan untuk berinvestasi setiap bulan dalam bentuk tabungan atau asuransi. Selain itu, masyarakat akan lebih terdorong untuk hidup lebih hemat karena harus menyisihkan pendapatan setiap bulannya.

Membangun Kebahagiaan Hidup Keluarga

Dengan melakukan investasi masyarakat dapat membangun kebahagiaan hidup keluarga, dimana kebutuhan keluarga  yang harus terpenuhi di masa depan sudah dipersiapkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).