Jalan Tol, Kenaikan Tarif dan Kemudahan Akses Kita

Rabu 29 Januari 2020, 03:30 WIB

Oleh: Leni Nopitasari

(Mahasiswi Univerisitas Nusa Putra, Prodi Manajemen)

Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), kenaikan tarif tol karena berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruhi inflasi. BPJT juga berwenang untuk melaksanakan sebagian wewenang pemerintah, mulai dari pengaturan, pengusahaan dan pengawasan Badan Usaha Jalan Tol sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.  

Tarif harga tol  bisa naik tiap 2  tahun. Tentu, hal ini dapat membebani para pengguna jalan tol, karena harus mengeluarkan tambahan biaya. Kenaikan tarif tol ini mengacu pada UU Nomor38 tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang jalan tol.

Kenaikan ini disesuaikan setiap dua tahun dengan mempertimbangkan tingkat statistik (BPS). Adapun rumus baru cara menghitungnya yakni tarif lama dikali satu ditambah inflasi.

Penyesuaian tarif tol untuk golongan 1 sampai golongan V dilakukan dengan besaran berbeda.

Layanan jalan tol mempermudah pengguna untuk bisa sampai ketujuannya dengan waktu tempuh yang singkat. Penambahan akses jalan tol juga dapat mengurangi kemacetan dijalan raya biasa.

Setiap perjalanan mempunyai tujuan yang berbeda, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan  dengan menambah jalur baru agar pengemudi bisa sampai cepat tujuan. Secara otomatis, para pengendara siap-siap menambah pengeluaran di jalan tol berikutnya karena setiap tol yang di lalui akan dikenakan tarif yang bervarisi dan telah di tetapkan.

Pembangunan jalan tol juga merupakan pembangunan nasional, mampu memberikan manfaat bagi warga sekitar yang dilalui tol. Efek manfaat lainnya akan meningkatkan kunjungan ke tempat wisata karena aksesnya lebih mudah di lalui dan lebih cepat.

Dari tahun ke tahun volume kendaraan meningkat dan membutuhkan akses jalan yang tepat. Dengan jalan tol, di harapkan mampu mengatasi kemacetan. Terutama, saat musim  hari raya dan tahun baru, volume kendaraan akan bertambah. Jalan tol inilah menjadi akses utama bagi para pengendara untuk di lalui.

Selain itu, pengguna jalan tol dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di jalan tol, seperti rest area, untuk keamanan dan kenyamanan mulai dari rambu yang jelas, penarangan jalan dan lain-lain.

Kembali ke soal tol, apakah pajak diperolehnya? sebenarnya tol tidak sepenuhnya memenuhi pengertian pajak. Karena pajak dipungut oleh negara, tidak peduli apakah  pemakai jalan atau jembatan. Dalam jalan raya bebas hambatan, sama seperti parkir, setiap orang memiliki kebebasan memilih.

Setiap orang boleh memilih jalan lain kalau tidak mau membayar tol. Bahkan bila tidak ada jalan alternatif, seseorang masih punya pilihan, jalan atau tidak jalan. Dalam pajak, jalan atau tidak jalan, seseorang harus tetap membayar. Sementara dalam pajak regressive, akan dikenakan pajak yang sama jumlahnya tidak peduli baik orang itu kaya atau miskin.

Di dalam tol, harus membayar jumlah yang sama tidak peduli orang itu mampu atau tidak mampu. Ini tidak adil untuk si miskin yang secara proporsional dengan penghasilan mereka harus membayar jumlah yang sama dengan yang kaya. Setiap orang di jalan tol adalah konsumen.

Mengapa jalan tol dibangun? 

Pembangunan jalan tol dilakukan untuk memperlancar lalu lintas didaerah yang telah berkembang, meningkatkan hasil guna dan daya guna pelayanan distribusi barang dan jasa untuk menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi,meringankan beban pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan dan meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan. (UU 38/2004 Pasal 43 ayat 1).

Dari berbagai permasalahan yang ada pada jalan bebas hambatan, point penting nya adalah bagaimana dapat mengambil keputusan dan tindakan yang tepat sesuai yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang , pengendara hanya mematuhi besaran biaya yang harus dikeluarkan tanpa berhak ikut campur tangan dengan kebijakan ini.

Baik itu kendaran empat maupun kendaraan besar yang di lalui kisarannya berbeda dan rata- rata berapa persen kenaikannya ? Kemudian pengendara memakai e-toll untuk membayar jalan tidak seperti di tahun yang lalu, masih menggunakan pembayaran secara manual di situlah kemajuan sarana dan psarana yang telah di fasilitasi.

Dengan kebijakan ini mampu atau tidak mampu pengendara, tetap harus membayar dan bervariasi.Pengguna jalan tol dikenakan kewajiban membayar tol yang digunakan untuk pengembalian investasi, pemeliharaan, dan pengembangan jalan tol.

Jadi siapapun kita, semua sama di jalan tol sebagai konsumen.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

Berikut bacaan doa memohon kebahagiaan hidup kepada Allah SWT yang bisa diamalkan umat muslim.
Ilustrasi - Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat. (Sumber : pexels.com/@Monstera Production)
Nasional19 Mei 2024, 17:31 WIB

Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang Selatan, 3 Orang Tewas

Pesawat latih jatuh di BSD Tangerang Selatan. Tiga orang dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 17:04 WIB

BPJS Kesehatan Soal Isu Data Fiktif Kepesertaan JKN yang Dikeluhkan Bupati Sukabumi

BPJS Kesehatan angkat bicara terkait isu data fiktif kepesertaan JKN yang dikeluhkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kepala BPJS Kesehatan cabang Sukabumi Dwi Surini. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik19 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Espresso Sabrina Carpenter yang Viral di TikTok

Lagu Espresso Sabrina Carpenter sudah ditonton sebanyak lebih dari 61 juta kali dan banyak dijadikan backsound music video viral di TikTok.
Ilustrasi. Official Video Lagu Espresso Sabrina Carpenter (Sumber : YouTube/SabrinaCarpenter)