TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Hanjeli, Membangun Kemandirian Pariwisata Sukabumi dari Desa

Fitriansyah
Penulis
Jumat 9 Sep 2022, 12:35 WIB
Hanjeli, Membangun Kemandirian Pariwisata Sukabumi dari Desa

BALEWARGA - Alhamdulillah, Hari Kamis, 08 September 2022 kunjungan dari SMKN 1 Surade ke Desa Wisata Hanjeli sekitar 100 orang dari jurusan APHP. Kunjungan ini yg kedua kalinya setelah Pandemi Covid. 

Bicara pariwisata pasti bicara potensi lokal. Sukabumi dikenal dengan jargon Gurilapss yaitu potensi alamnya yg sangat luar biasa. Potensi ini satu persatu sudah mulai terlihat progresnya terutama yg berada di kawasan CPUGGp. 

Selain potensi alam dan buatan, Sport Tourism menjadi sebuah atraksi yg menjanjikan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan peningkatan ekonomi lokal, termasuk Wisata Edukasi menjadi sebuah trend masa kini tentang pariwisata yg fokus terhadap kualitas dimana menggabungkan unsur konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat lokal dengan konsep pariwisata berkelanjutan (Sustainable Tourism)

Saya sedang mencoba berharap bagaimana kemandirian pariwisata lokal jika disupport oleh kebijakan daerah yg keberpihakannya terhadap pariwisata edukasi menjadi bagian dari pariwisata yg terintegrasi. Dimana setiap sekolah yg ada di Sukabumi difokuskan untuk mengunjungi ke destinasi wisata yg memang memiliki nilai lebih dalam hal kaitan pendidikan sehingga anak2 bisa mendapatkan pengalaman baru dalam hal edukasi terutama dalam unsur "what to see, what to do, what to feel dan & what to buy" sesuai kaidah pariwisata. 

photoHari Kamis, 08 September 2022 kunjungan dari SMKN 1 Surade ke Desa Wisata Hanjeli sekitar 100 orang dari jurusan APHP. Kunjungan ini yg kedua kalinya setelah Pandemi Covid. - (Desa Wisata Hanjeli)</span

Jika pak Menteri membuat tagline/Hastag atau kampanye tentang liburannya #DiIndonesiasaja saya berharap ada kampanye serupa yg sama untuk daerah kita yaitu liburannya "DiSukabumisaja untuk anak2 sekolah biar mereka bisa menikmati wisata edukasi yg dikelola oleh masyarakat lokal sehingga bisa meningkatkan ekonomi lokal yang signifikan. 

Terima Kasih Sudah berkunjung ke Dewi Hanjeli.

Salam dari Desa

Dari Desa untuk Indonesia. 

Baca Juga :


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini