Direktur RLI: Dosen, Guru dan Mahasiswa di Sukabumi Harus Produktif Tulis Karya Ilmiah

Minggu 05 Januari 2020, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kurangnya produktivitas dalam menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) di kalangan dosen mendapat sorotan dari Direktur Research And Literacy Institut (RLI) Mulyawan Safwandy Nugraha. Hal itu dikatakan Mulyawan dalam Seminar Nasional dan Workshop dengan tema "Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Optimalisasi TIK dalam Penulisan KTI", yang digelar di Gedung KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Minggu (5/1/2020).

"Dalam Seminar Nasional dan Workshop ini, lembaga RLI mengambil peran untuk mengedukasi para guru, dosen dan mahasiswa terkait dengan tata cara penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)," ucap Mulyawan kepada sukabumiupdate.com, usai seminar.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 100 orang dari kalangan guru, dosen dan mahasiswa serta masyarakat umumnya tersebut digagas oleh RLI bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan STAI Syamsul Ulum.

BACA JUGA: Direktur RLI: Jangan Terlalu Ngumbar Janji, Cangkeul!

"Materi seminar yang diberikan adalah seputar penulisan KTI dan bagaimana optimalisasi TIK (Teknologi Informasi Informatika) dalam penulisan KTI itu sendiri. Seminar dan workshop ini bertujuan memberikan edukasi kepada guru, dosen dan mahasiswa, karena mereka semua dituntut untuk membuat KTI yang baik dan benar. Maka perlu kiranya ada sebuah pengetahuan baru untuk meningkatkan kualitas dalam hal kepenulisan," jelas Mulyawan.

Lanjut Mulyawan, KTI sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti makalah, laporan penelitian, penyusunan buku-buku ilmiah, maupun karya ilmiah yang dipublikasikan dalam media massa. Untuk melakukan kegiatan tersebut, ditempuh berbagai upaya, salah satunya adalah membudayakan kegiatan membaca dan menulis di kalangan dosen, guru dan mahasiswa.

BACA JUGA: 106 Mahasiswa Universitas Nusa Putra Terima Bidikmisi dan PPA

"Penulisan karya ilmiah di kalangan dosen memprihatinkan. Hal ini ditandai dengan produktivitas dosen yang rendah dalam penulisan karya ilmiah, termasuk di dalamnya pemakaian bahasa Indonesia ragam keilmuan. Disamping itu, kalangan perguruan tinggi pun hendaknya menjalin kerjasama dengan pihak luar, dalam hal ini adalah lembaga-lembaga penerbitan, media massa, dan lain-lain. Sebagian besar kegiatan dosen saat ini, diorientasikan pada kegiatan pendidikan dan pengajaran," tambah Ketua IGI, Jasmansyah.

Sementara itu, Ketua STAI Syamsul Ulum Syafrudin  berharap seminar tersebut bisa menjadi kegiatan yang rutin dan digelar di berbagai daerah atau tempat-tempat lain. Sehingga, sambung Syafrudin, kegiatan serupa bisa lebih menjangkau guru, dosen dan mahasiswa serta masyarakat lainnya untuk mendapatkan edukasi yang baik tentang cara penulisan karya ilmiah.

BACA JUGA: Mahasiswa DKV Universitas Nusa Putra Kembangkan Kompetensi Lewat Fieldwork

"Mungkin bisa digelar di tempat lain supaya makin luas dan menjadi suatu gerakan edukasi yang baik kepada masyarakat, terutama untuk dosen, guru dan mahasiswa," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)