Dua Mahasiswi Universitas Nusa Putra Mulai Internship di KBRI Singapura, Ini Tugasnya!

Senin 09 September 2019, 11:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dua mahasiswi Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Wafa dan Tasya Rahmania Khairunnisa Hamidah mulai menjalankan program internship (magang) di KBRI Singapura pada hari Senin (2/9/2019). Sehari sebelumnya, keduanya telah tiba di KBRI Singapura dan mendapat sambutan hangat dari pihak KBRI.

BACA JUGA: Mantap, Wafa Mahasiswi Universitas Nusa Putra Sukabumi Internship di KBRI Singapura

Kepada sukabumiupdate.com pada hari Mingggu (8/9/2019), melalui aplikasi perpesanan, keduanya berbagi cerita pengalamannya dari mulai hari pertama datang sampai soal tugas yang diperolehnya masing-masing selama magang. "Alhamdulillah saat datang di hari minggu lalu, kami disambut baik" kata Tasya.

"Waktu datang ke KBRI, ada Bu Lita, dari bagian pendidikan dan sosial budaya (Pensosbud) yang nyambut dengan ramah," sambung Wafa.

Selanjutnya, mereka segera mencari tempat tinggal, setelah mendapatkan beberapa pilihan, akhirnya mereka memutuskan untuk menyewa Flat HDB di Jelapang Road 510 Lt. 14 No.60, lokasinya lumayan jauh dari KBRI. "Karena yang dekat-dekat harganya mahal sekali," ujar Wafa.

Setiap hari untuk pergi ke KBRI, lanjut Wafa mereka menggunakan mode transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT), dilanjutkan naik bus. "Kurang lebih satu jam setengah perjalanannya, tapi transportasi di sini nyaman-nyaman, jadinya tidak terasa lama," terangnya.

BACA JUGA: Tasya, Mahasiswi Universitas Nusa Putra Sukabumi Peserta Internship di KBRI Singapura

Selama magang, keduanya mendapat tugas yang berbeda dari KBRI Singapura. Tasya mendapat tugas di bagian Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI). Tugasnya, kata dia melayani Warga Negara Indonesi (WNI) yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indoensia (TKI) di Singapura, dari mulai membuat kontrak kerja mereka sampai negosiasi dengan majikannya kalau gaji mereka dibayar di bawah standar KBRI.

“Jadi kalau misalnya gaji mereka di bawah standar KBRI, aku harus negosiasi sama majikannya untuk menaikan gaji pekerja tersebut,” tuturnya.

"Untuk jam kerjanya dari jam sembilan sampai jam 17.00, tapi kalau aku kadang-kadang bisa lebih karena harus buat kontrak TKI yang kadang-kadang jam 17.00 lewat masih ngantri di KBRI," imbuhnya.

Berbeda dengan Tasya, Wafa mendapat tugas sebagai staf di Pensosbud, tugasnya tersebut banyak berkaitan dengan Duta Besar (Dubes), ikut menghadiri gathering mahasiswa Indonesia di Singapura yang diadakan minggu lalu serta kegiatan lainnya. "Tugas lainnya, untuk minggu pertama saya membuat kliping mengenai berita-berita Indonesia di media Singapura dan ada tugas kearsipan," jelasnya.

BACA JUGA: Internship di KBRI Singapura, Apa Saja Persiapan Dua Mahasiswi Universitas Nusa Putra Sukabumi Ini? 

Meskipun baru satu minggu mereka magang, namun keduanya mengaku sudah mendapatkan pengalaman menarik selama menjalankan tugasnya masing-masing. Wafa menuturkan, dia merasa senang bisa bertemu dengan orang-baru baru, bisa mengerti permasalahan-permasalahan TKI di Singapura. "Terus saya juga pernah magang di bidang kearsipan jadi disini tidak mengalami kesulitan," tuturnya.

Sementara, Tasya yang banyak berhubungan dengan urusan ketenagakerjaan TKI mengaku senang bisa membantu warga Indonesia di luar negeri. "Mudah-mudahan mereka merasa terbantu dengan tugas yang saya dapatkan ini," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya
Science06 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Mei 2024, Yuk Cek Dulu Langit di Awal Pekan!

Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua).
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova