Honeywell-ITB Resmikan “Control LAB” Kelas Dunia

Kamis 01 Desember 2016, 04:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Perusahaan bidang verifikasi teknologi dan manufaktur, Honeywell dan Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan control lab kelas dunia pertama di Indonesia yang akan memberikan mahasiswa akses teknologi kendali terbaru di industri penyulingan, pemrosesan, manufaktur dan yang dapat membekali para insinyur dengan pengetahuan industrial internet of things (lioT).

"Kami sangat berterima kasih pada komitmen Honeywell dalam mendukung peningkatan kualitas kurikulum dan fasilitas belajar kami," kata Rektor ITB Prof Kadarsah Suryadi, disela-sela peresmian control lab tersebut, di Gedung Labtek VIII Kampus ITB Kota Bandung, Kamis (1/12).

Control lab baru ini terletak di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB) dan dilengkapi Experion PKS Orion yang digunakan di sistem pengendalian terdepan, terbuka dan cyber-secure di pasar.

Sistem ini akan digunakan untuk memberi pelajaran tentang termodinamika, pengendalian proses dasar dan advanced control yang lazim digunakan di industri minyak dan gas, penyulingan, petrokimia, energi dan pertambangan.

Kadarsah menuturkan keberadaan control lab ini dapat membantu pihaknya untuk memastikan agar para mahasiswa mendapatkan pendidikan teknis kelas dunia yang dibutuhkan saat mereka masuk ke dalam dunia kerja usai lulus kuliah nanti.

"Khususnya di era ini, di mana bangsa Indonesia bertekad untuk meningkatkan daya saing di industri manufaktur," kata dia.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof Intan Ahmad mengatakan kerja sama antara institusi pendidikan dan sektor swasta sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dukungan Honeywell pada ITB, kata Intan, adalah salah satu contoh nyata bagaimana sebuah perusahaan dapat membantu institusi pendidikan tinggi dan pihaknya berharap upaya ini akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya di Indonesia.

"Kemenristekdikti sangat bangga akan fasilitas baru ini dan kami yakni bahwa lab ini dapat menjadi contoh sebuah center of excellence di bidang riset dan pengembangan untuk sistem pengendalian untuk Indonesia dan dunia," kata dia.

Sementara itu, Presiden Direktur Honeywell Indonesia Alex Pollack mengatakan dikarenakan pertumbuhan energi di Indonesia dan kebutuhan insinyur yang berkemampuan dan siap kerja telah meningkat di semua sektor teknologi.

Menurut dia, control lab baru ini dilengkapi dengan teknologi terbaru Honeywell yang menggabungkan kemampuan perangkat lunak dengan keahlian di bidang ini.

"Lab ini akan sangat bermanfaat bagi ITB untuk tahun-tahun mendatang. Kami percaya bahwa posisi ITB sebagai institusi pendidikan terdepan akan membantu mahasiswa agar lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan seiring dengan perkembangan sektor industri di Indonesia, khususnya di sektor migas agar menciptakan lingkungan operasi yang lebih aman, produktif dan efisien," kata dia.

Adapun miniatur unit manufaktur operasi penyulingan yang terdapat di control lab ini termasuk unit destilasi skala kecil yang dirancang sebagai sebuah miniatur dari unit pengoperasian untuk memperlihatkan berbagai teknik sistem pengendalian yang digunakan untuk menyuling minyak mentah, biodisel, minyak tanah, kimia, pelarut dan materi lainnya.

Kedua sistem kendali yang bisa digunakan sebagai proses pendukung proses belajar mengajar seputar operasi pabrik, tuning, troubleshooting model identification and testing, advanced process control dan manajemen aset.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)