Puan Singgung Pemimpin Medsos! Anies Ganjar dan Emil, Siapa Punya Follower Terbanyak?

Senin 24 Mei 2021, 17:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyinggung pemimpin yang hanya rajin di media sosial atau medsos. Lalu diantara tiga pemimpin daerah yang selalu kejar-kejaran dalam sejumlah survei calon presiden ini, siapa yang punya follower di medsos terbanyak? Anies, Ganjar atau Emil (Ridwan Kamil).

Menyalin tempo.co, persaingan politik menuju 2024 kembali memanas, setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak diundang pada rapat konsolidasi yang digelar oleh partainya sendiri PDIP. Dalam rapat tersebut hadir Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Puan pun menyinggung soal pemimpin yang hanya tampil di medsos alias media sosial, tapi tak pernah turun ke lapangan. Sentilan ini dengan mudah dibaca publik, bahwa Puan sedang mengarahkan tudingannya ke Ganjar yang aktif di berbagai kanal medos.

Ganjar memang selalu berada di puncak survei pilpres, posisinya kadang nomor satu atau kadang nomor tiga. Selalu di tiga besar.

Baca Juga :

Ganjar Tak Diundang Rapat PDIP, Puan Hadir di Jawa Tengah

Ganjar Pranowo bersama dua gubernur di Pulau Jawa, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil menduduki peringkat teratas calon presiden (capres) 2024 dalam survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia. Survei dilaksanakan pada 4-10 Maret 2021 dengan 1.200 responden berusia 17-21 tahun.

Berdasarkan hasil survei, urutan pertama adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang meraih 15,2 persen. Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak Oktober 2017. Anies bersama Sandiaga Uno memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta pada 2017 dalam dua putaran. Sebelumnya, Anies menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk Kabinet Kerja sejak tanggal 26 Oktober 2014.

Urutan kedua adalah Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah yang meraih 13,7 persen. Ganjar dipilih sebagai Gubernur Jawa Tengah periode kedua sejak 5 September 2018. Sebelumnya, ia adalah Gubernur Jawa Tengah periode pertama sejak 23 Agustus 2013 hingga 23 Agustus 2018.

Urutan ketiga adalah Ridwan Kamil Gubernur Jawa Tengah yang meraih 10,2 persen. Sebelum menjadi gubernur, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek merangkap dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung. Hingga akhirnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak 5 September 2018.

Ketiga capres ini sama-sama aktif dalam media sosial. Ini dibuktikan dengan jumlah pengikut di Instagram yang mencapai jutaan pengikut. Ganjar memiliki 3,4 juta pengikut di Instagram pribadinya @ganjar_pranowo. Anies sendiri memiliki 5 juta pengikut di Instagram pribadinya @aniesbaswedan. Sedangkan Kang Emil memiliki jumlah pengikut yang fantastis yaitu mencapai 13,8 juta pengikut pada Instagram pribadinya @ridwankamil.

Adapun untuk Twitter, Ganjar di akun @ganjarpranowo punya pengikut 1,9 juta, Anies Baswedan di @aniesbaswedan punya pengikut 4,2 juta dan Ridwan Kamil di akun @ridwankamil punya pengikut 4,4 juta.

Tidak hanya itu, ketiga gubernur yang digadang-gadang bakal maju capres ini, Ganjar, Anies dan Ridwan Kamil juga hobi bersepeda. Itu terbukti dalam unggahannya di sosial media yang menampilkan mereka saat sedang bersepeda. Tidak hanya bersepeda, berbagai jenis olahraga lain juga sering dilakukan para gubernur ini. Salah satunya adalah bermain bulu tangkis.

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Internasional15 Juni 2024, 00:38 WIB

Panglima TNI: Ormas Sipil Bisa Ikut Pasukan Perdamaian di Palestina

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyatakan bahwa keikutsertaan organisasi tersebut akan diatur oleh Kementerian Luar Negeri.
Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI | Foto : Youtube Kompas
Sukabumi15 Juni 2024, 00:14 WIB

Penempatan Guru P3K PAI Di Cidolog Sukabumi Picu Polemik, Peran Pengawas PAI Disorot?

Penempatan guru P3k PAI di SDN Tegallega, Desa Tegallega, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi memicu polemik ditengah warga.
Polemik penempatan guru P3K PAI di SDN Tegallega Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi15 Juni 2024, 00:03 WIB

Bertemu Ratusan Kades, Bapenda Sukabumi Sosialisasikan Optimalisasi PBB P2

Kegiatan sosialisasi ini salah satu langkah Bapenda Kabupaten Sukabumi dalam menggenjot penerimaan PAD dari sektor PBB P2.
Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi PBB P2 yang digelar Bapenda Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi14 Juni 2024, 23:50 WIB

Tak Ditanggung BPJS, Kisah Korban Geng Motor di Sukabumi Sempat Tertahan di IGD Gegara Biaya

Pengobatan AAM (21 tahun) seorang pemuda asal Citamiang, Kota Sukabumi yang merupakan korban keganasan kawanan geng motor hingga tiga jari kanannya hampir putus tak ditanggung BPJS
Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD R Syamsudin SH (RS Bunut) Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi14 Juni 2024, 22:31 WIB

Rawan Kecelakaan, 5 Orang Tewas Tertabrak Kereta Sukabumi Selama Semester I 2024

Keberadaan rel kereta api di Sukabumi menyisakan cerita-cerita tragis. Terutama seringnya kecelakaan yang merenggut nyawa.
Dalam semester 1 tahuan 2024, sebanyak 5 orang tewas akibat tertabrak kereta api di Sukabumi| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi14 Juni 2024, 22:25 WIB

DPRD Sukabumi Soroti Soal UHC hingga DTKS di Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf membeberkan apa saja yang disampaikan pihaknya dalam Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan.
Jajaran Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menghadiri kegiatan Forum Kemitraan Pengelolaan Kerjasama Fasilitas Kesehatan tahun 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Keuangan14 Juni 2024, 21:49 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

BSI International Expo 2024 bertema Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem akan digelar selama 4 hari di JCC Senayan, Jakarta.
BSI siap menggelar BSI International Expo 2024. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat14 Juni 2024, 21:24 WIB

Parkir di Masjid Raya Al Jabbar Digratiskan Sementara, Ini Alasannya

Gratiskan sementara biaya parkir, Pengelola Masjid Raya Al Jabbar Bandung tegaskan bila ada yang memungut dinyatakan ilegal.
Masjid Raya Al Jabbar. (Sumber : Humas Pemkot Bandung)
Sukabumi14 Juni 2024, 21:20 WIB

Diguyur Hujan Deras, BPBD Kota Sukabumi Tangani 4 Bencana Alam di Cikole

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menangani bencana alam yang terjadi di empat lokasi di Kecamatan Cikole
BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana banjir di Cikole | Foto : Asep Awaludin
Internasional14 Juni 2024, 21:10 WIB

Wukuf di Arafah, 1.169 Tenda Disiapkan bagi Jemaah Haji Indonesia

Menyambut pelaksanaan puncak haji, PPIH Arab Saudi mempersiapkan sebanyak 1.169 tenda di Arafah bagi jemaah Indonesia.
Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Arafah. (Sumber : Kemenag RI)