Demokrasi Indonesia di 2020 Disebut Cacat dan Terburuk dalam 14 Tahun Terakhir, Setuju?

Sabtu 06 Februari 2021, 05:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - The Economist Intelligence Unit atau EIU baru saja merilis Indeks Demokrasi 2020. Berdasarkan laporan tersebut, Norwegia meraih skor tertinggi yakni 9.81 dan menjadikannya sebagai negara paling demokratis di dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Namun sebelum membahas Indonesia, di posisi kedua ditempati Islandia dengan skor 9.37, disusul Swedia dengan skor 9.26, kemudian Selandia Baru dengan skor 9.25, dan Kanada dengan skor 9.24. Sementara negara dengan indeks demokrasi paling rendah adalah Korea Utara dengan skor 1.08.

Melansir dari laman resmi EIU pada Sabtu, 6 Februari 2021, secara global indeks demokrasi dunia menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Rata-rata skor dunia tahun ini tercatat 5.37, menurun dari yang sebelumnya (2019) 5.44. Angka tersebut juga tercatat sebagai rata-rata skor terendah sejak EIU merilis laporan tahunannya pada 2006 silam di 167 negara di dunia.

Berdasarkan skor yang diraih, EIU mengklasifikasikan negara-negara ke dalam empat kategori rezim, yakni demokrasi penuh, demokrasi cacat, rezim hibrida, dan rezim otoriter. Laporan ini juga mengungkapkan bahwa Pandemi Covid-19 berdampak terhadap demokrasi dan kebebasan di dunia.

"Pandemi menegaskan bahwa banyak penguasa menjadi terbiasa mengecualikan publik dari diskusi tentang masalah-masalah mendesak saat ini, dan menunjukkan elit pemerintah, bukan partisipasi populer, telah menjadi norma," kata penulis laporan EIU, Joen Hoey.

Demokrasi Amerika Serikat Terancam dan Taiwan Jadi Bintang

Kondisi indeks demokrasi Amerika Serikat secara khusus disoroti oleh EIU. Meskipun ada peningkatan di sejumlah aspek, namun demokrasi di negeri Paman Sam ini cenderung mengalami penurunan. Hal itu bisa dilihat dari sederet peristiwa yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Amerika Serikat sendiri tahun 2020 lalu berada di peringkat 25 dunia dengan skor 7.92 dan masuk kelompok demokrasi cacat, turun dari yang sebelumnya 7.96 (2019), 7.96 (2018), 7.98 (2017), dan 7.98 (2016).

Politisasi Pandemi Covid-19, kebrutalan polisi dan ketidakadilan rasial, hingga pemilihan presiden akhir tahun lalu menjadi penyebab menurunnya tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga negara dan partai politik di Amerika Serikat. Hal itu juga dinilai meningkatkan ancaman kebebasan berekspresi dan polarisasi di masyarakat.

Sementara di sisi lain, peringkat indeks demokrasi Taiwan meningkat tajam dibandingkan negara lainnya. Taiwan menduduki peringkat 11 dengan skor 8.94 atau naik 20 peringkat dari tahun sebelumnya. Kategori rezim di Taiwan juga berubah dari demokrasi cacat menjadi demokrasi penuh. 

EIU menuturkan bahwa hal tersebut ditunjukkan melalui pemilu yang diselenggarakan pada Januari 2020 lalu, di mana tingkat partisipasi masyarakat, khususnya generasi muda di Taiwan menguat untuk memilih presiden dan anggota parlemen.

Sedangkan Eropa Barat tercatat menerima tinta merah dalam rapor tahunannya itu. Indeks demokrasi Prancis dan Portugal melorot dan masuk ke kategori rezim demokrasi cacat dan hanya menyisakan 13 negara yang masuk ke kategori demokrasi penuh di kawasan tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia?

Tahun 2020 Indonesia menduduki peringkat 64 dunia dengan skor 6.30 dalam indeks demokrasi yang diterbitkan EIU.

Meskipun dalam segi peringkat Indonesia masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, namun skor itu menurun dari yang sebelumnya 6.48. Ini adalah angka terendah yang didapat Indonesia dalam kurun waktu 14 tahun terakhir sejak 2006.

Semantara angka tertinggi diraih Indonesia pada tahun 2015 dengan skor 7.03. Hasil tahun 2020 lalu itu membawa Indonesia masuk sebagai negara dengan demokrasi cacat.

Ada lima indikator yang digunakan EIU dalam menentukan indeks demokrasi suatu negara, di antaranya proses pemilu dan pluralisme, fungsi dan kinerja pemerintah, partisipasi politik, budaya politik, dan kebebasan sipil.

EIU memberikan skor 7.92 untuk proses pemilu dan pluralisme di Indonesia. Kemudian fungsi dan kinerja pemerintah mendapatkan skor 7.50, partisipasi politik memperoleh skor 6.11, budaya politik 4.38, dan kebebasan sipil dengan skor 5.59.

Untuk di kawasan Asia Tenggara, indeks demokrasi Indonesia sendiri berada di peringkat empat, di bawah Malaysia, Timor Leste, dan Filipina.

Menanggapi laporan tersebut, Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute, Karyono Wibowo mengatakan, hal ini mesti menjadi cambuk bagi pemerintah Indonesia untuk memperbaiki pelaksanaan demokrasi.

Ia berpendapat, Indonesia masih akan menemui sejumlah tantangan, namun Karyono optimis indeks demokrasi Indonesia akan membaik bila kebijakan yang diambil pemerintah mencerminkan prinsip-prinsip demokrasi.

"Pelaksanaan pemilu misalnya perlu diperbaiki. Sejumlah hambatan dalam pelaksanaan pemilu seperti money politic itu juga harus dicegah. Terkait dengan intimidasi dalam pelaksanaan pemilu juga harus dicegah. Kongkalikong antara penyelenggara pemilu dengan kontestan itu juga harus dihindari," katanya dikutip dari Deutsche Welle (DW) Indonesia.

Karyono juga mengungkapkan bahwa fenomena politik identitas menjadi salah satu indikator yang berperan penting dalam menurunnya indeks demokrasi Indonesia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)
Sehat03 Mei 2024, 16:00 WIB

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas.
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Life03 Mei 2024, 15:30 WIB

Begini 5 Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas

Updaters, Inilah Sederet Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. Coba Perhatikan Baik-baik!
Ilustrasi. Konsumtif. Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. (Sumber : Pexels/AlexandraMaria)
Sukabumi03 Mei 2024, 15:21 WIB

Sadisnya Pelajar SMP Sukabumi Ini, 47 Adegan Bunuh dan Sodomi Bocah SD

Kasus tewasnya bocah sd di Cipetir Kadudampit Sukabumi yang tubuhnya ditemukan dengan leher terjerat celana
Rekontruksi penyidikan perkaran pembunuhan disertai tindak asusila bocah sd oleh pelajar SMP di Sukabumi (Sumber: su/awal)
Inspirasi03 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Disini Kualifikasinya!(Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sukabumi03 Mei 2024, 14:50 WIB

Rotary Club Berikan Donasi Rp 100 Juta untuk Penyintas Tanah Longsor di Cibadak Sukabumi

Rotary Club International ikut memberikan bantuan kepada para penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatu Hilir, RT 01 RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi
Rotary Club International memberikan bantuan kepada korban longsor Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)