Muncul Gerakan Donasi Internet Gratis Bagi Siswa Miskin di Masa Pandemi

Selasa 04 Agustus 2020, 11:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung membuat pola seluruh aktivitas berubah. Salah satunya dari sektor pendidikan. Para pelajar baik itu tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi terpaksa belajar dengan metode jarak jauh atau dalam bentuk daring.

Dilansir dari Suara.com, tentunya hal ini berimbas bagi mereka yang harus mendapat fasilitas pendidikan di negeri ini dan yang paling subtil adalah kuota internet. 

Di sisi lain, kondisi perekonomian masyarakat tidak seragam. Pada kenyataanya, banyak pelajar dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah mengalami hambatan dalam proses belajarnya. Berkaitan dengan itu, seorang warga bernama Wahyu Wiwoho menggalang dana bertajuk "Internet Gratis Untuk Pelajar Kurang Mampu" di laman kitabisa.com.

"Inilah yang membuat saya tergerak untuk membantu sesama dengan kekuatan yang kita miliki masing-masing," tulis dia dalam laman isebagaimana dilansir Suara.com, Selasa (4/8/2020).

Wahyu mengatakan, berapapun nominal yang disumbangkan oleh segenap pihak yang melihat kampanye ini, bukan jadi soal. Kata dia, yang paling penting adalah kerja kolektif masyarakat Indonesia sehingga gerakan ini menjadi besar.

"Berapapun nominal yang teman-teman keluarkan tidak menjadi masalah, karena yang dibutuhkan adalah kolektivitas agar gerakan ini bisa menjadi besar sehingga dampaknya akan bisa segera terasa bagi pelajar yang membutuhkan," lanjut dia.

Wahyu menambahakan, dalam kondisi pandemi virus corona --yang membikin sulit secara ekonomi-- menghilangkan hak rakyat Indonesia untuk mengakses pendidikan.

Dia berujar, sejatinya pendidikan mampu mengentaskan kemiskinan. "Jangan sampai kondisi pandemi dan kesulitan ekonomi menghilangkan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan, karena sejatinya hanyalah pendidikan yang dapat mengentaskan mereka dari kemiskinan," bebernya.

Nantinya, donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membeli modem dan kuota internet bagi seribu pelajar dengan latar belakang kurang mampu.

Dalam hal ini, bantuan ini akan menyasar kepada pelajar yang berada di Jabodetabek dan daerah lainnya.

"Namun tidak tertutup kemungkinan juga bisa untuk mereka yang tinggal di daerah lain," tutup Wahyu.

Hingga pukul 17.00 WIB, donasi yang terkumpul mencapai Rp 7.501.307. Sementara itu, dana yang dibutuhkan dalam kampanye internet gratis ini adalah Rp 200.000.000.

 

Sumber: Suara.com

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi22 April 2024, 13:43 WIB

Percepatan Pembangunan, Sekda Kota Sukabumi dalam Sosialisasi Penyaluran TKD 2024

Sosialisasi penyaluran TKD baru dapat dilaksanakan pada April ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Sosialisasi Penyaluran TKD Tahun 2024 di Kantor KPPN Sukabumi, Senin (22/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life22 April 2024, 13:30 WIB

6 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Teman Kerja, Banyak Drama dan Gosip!

Dampak negatif dekat dengan teman kerja ini bisa mengganggu produktivitas dan mengaburkan garis antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
Ilustrasi. Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Teman Kerja, Banyak Drama dan Gosip! (Sumber : pexels/tirachardkumtanom)
Sukabumi22 April 2024, 13:24 WIB

Selama Lebaran 2024 BPBD Kota Sukabumi Tangani Sejumlah Bencana

Sejumlah kejadian bencana di Kota Sukabumi terjadi sejak H-7 lebaran.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat22 April 2024, 13:15 WIB

6 Faktor Penyebab Gigi Kuning, Ini yang Wajib Diketahui!

Senyum adalah salah satu aset terbesar dalam penampilan seseorang. Namun, apa yang terjadi ketika senyum yang indah itu terhalang oleh perubahan warna pada gigi?
llustrasi. Menyikat gigi yang kuning. Sumber : pixabay/lookiesjenn
Sehat22 April 2024, 13:00 WIB

Diet Rendah Kolesterol: 13 Makanan dengan Nutrisi Terbaik, Tinggi Serat dan Lemak Tak Jenuh

Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh.
Ilustrasi - Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh. (Sumber : pexels.com/@Marvin Bayer).
Info22 April 2024, 12:15 WIB

Telah Hilang STNK Mobil F 7543 SD

Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi
Ilustrasi. Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi tahun 2010 warna kuning metalik kombinasi dengan Nomor Polisi F 7543 SD (Sumber : istimewa)
Bola22 April 2024, 12:00 WIB

Indonesia Cetak Sejarah! Tim Debutan yang Berhasil Lolos ke-8 Besar Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024.
Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024. (Sumber : pssi.org)
Gadget22 April 2024, 11:45 WIB

6 Cara Efektif Atasi Radiasi Gadget, Bisa Bikin Mata Plong!

Hindari tidur dengan gadget masih menyala atau berada di dekat tempat tidur Anda, karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengganggu kualitas tidur Anda.
Ilustrasi. Anak kecil bermain gadget. Sumber : pixabay/haniffer11
Sehat22 April 2024, 11:30 WIB

6 Dampak Buruk Jarang Minum Air Putih untuk Kesehatan

penting untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Air putih. Sumber : pixabay/doneloo12
KATA WARGANET22 April 2024, 11:24 WIB

Seleksi Jabatan di Kota Sukabumi dan Mundurnya Dirut RSUD R Syamsudin SH

Pejabat Walikota Sukabumi harus segera mencari sosok pengganti Donny Sulivan yang secara mendadak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Rumah Sakit Syamsudin SH.
Bangunan depan RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi (Sumber: akun medsos)