Diskon Tarif Jalan Tol Mudik Lebaran Ditetapkan Pekan Ini

Selasa 21 Mei 2019, 23:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan segera menetapkan diskon tarif jalan tol selama masa mudik Lebaran 2019. "Mungkin dalam waktu minggu ini pasti sudah diumumkan, tapi yang umumkan karena sifatnya voluntary dari BUJT (Badan Usaha Jalan Tol), maka yang mengumumkan adalah dari mereka" ujar dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019.

Danang berukar kebijakan itu juga kini tinggal memastikan kapan waktu pelaksanaannya. Diskon itu bisa saja diberikan waktu puncak maupun di luar waktu puncak. "Tadi di luar peak time sehingga sekaligus mendorong masyarakat untuk mengubah perjalanan dari waktu puncak ke waktu yang nggak puncak dengan instrumen diskon tarif tol."

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan sudah membicarakan soal diskon jalan tol itu dengan Badan usaha Jalan Tol. Secara umum, ia mengatakan para pengusaha jalur bebas hambatan sepakat memberikan diskon. "Kita cuma waktunya ini akan kita atur, kapan mulai akan berlaku, ini yg sedang diatur oleh BPTJ, berdiskusi dengan BUJT," ujar Basuki.

Mengenai besaran potongan tarif jalan bebas hambatan itu, ujar Basuki, diserahkan kepada BUJT. "Belum tahu ini nanti, kalau saya sampaikan dikira mendikte mereka," kata dia. Namun ia memastikan BUJT sepakat memberi diskon di semua ruas jalan tol.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Desi Arryani mengatakan usulan pemberian diskon tarif tol saat mudik lebaran 2019 masih terus dibicarakan. Keputusan soal besaran dan jangka waktu pemberlakuan diskon akan diumumkan 10 hari sebelum Idul Fitri yaitu sekitar 25 Mei 2019.

"Kami masih belum ekspos, masih dibicarakan nanti saja tanggal 25," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini saat ditemui dalam tinjauannya ke proyek pembangunan Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama di Jawa Barat, Minggu, 19 Mei 2019.

Usulan ini sebelumnya datang dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengusulkan potongan tarif tol Trans Jawa yang dinilai masih mahal. "Saya sudah bicara dengan Bu Desi untuk evaluasi satu bulan ini di mana nanti ada skema diskon," kata Budi dalam diskusi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019.

Tak hanya Budi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyoroti tarif tol Trans Jawa masih mahal, baik untuk kendaraan pribadi maupun angkutan barang atau truk. "Akibat dari hal ini, volume trafik di jalan tol Trans-Jawa, masih tampak sepi, lengang. Bak bukan jalan tol saja, terutama selepas ruas Pejagan," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)