Lebaran, Bank Indonesia Suplai Uang Tunai Rp 40 T untuk Jabar

Selasa 21 Mei 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bank Indonesia menyiapkan hampir Rp 40 triliun khusus untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di Jawa Barat pada libur Lebaran 2019. “Jawa Barat total kebutuhannya antara Rp 30-40 triliun,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Barat, Doni Primanto Joewono,di Bandung, Selasa, 21 Mei 2019.

Doni merinci, BI Perwakilan Jawa Barat menyiapkan Rp 13,7 triliun, lalu Bank Indonesia Wilayah Cirebon (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) menyiapkan Rp 7,25 triliun, kemudian Bank Indonesia Wilayah Tasikmalaya (Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Ciamis) menyiapkan Rp 3,41 triliun.

“Itu total Rp 24,39 triliun  di luar Bogor, Depok, Bekasi yang ada di wilayah BI DKI Jakarta. Kalau total di Jawa Barat RP 30-40 triliun,” kata Doni.

Bank Indonesia Jawa Barat sendiri menghitung kebutuhan uang tunai di wilayahnya naik tipis dibandingkan Lebaran 2018 lalu. DI wilayah BI Jawa Barat pada Lebaran 2018 kebutuhan uang tunai Rp 13,61 triliun, sementara pada Lebaran ini Rp 13,73 triliun. 

Doni mengatakan, BI Perwakilan Jawa Barat sejak 2 Mei 2019 sudah mendistribusikan sebagian besar uang itu pada seluruh bank di wilayahnya “Dari Rp 13,73 triliun itu, kami sudah droping ke bank Rp 11,4 triliun, itu sudah disebar,” kata dia.

Diproyeksikan kebutuhan uang pecahan kecil yakni nominal Rp 20 ribu hingga Rp 2 ribu  di wilayahnya menembus Rp 1,5 triliun, sementara uang pecahan besar yakni di atas Rp 50 ribu menembus Rp 12 triliun. “Sampai hari ini uang pecahan kecil yang ditarik perbankan sekitar Rp 1,2 triliun atau sektiar 77 persn dari target. Dan pecahan besar yang sudah ditarik Rp 3,4 triliun atau 30 persen dari target,” kata Doni.

BI Wilayah Jawa Barat tahun ini juga mendistribusikan penyediaan uang tunai untuk BPR, lewat bank nasional tempat rekening penyimpannya masing-masing. “Kita drop kebutuhan BPR lewat bank umum Rp 47 miliar,” Doni menuturkan.

Doni mengatakan, khusus layanan penukaran uang bisa dilakukan nasabah lewat bank masing-masing. Alternatifnya, lewat kas keliling di 44 lokasi di Jawa Barat, hingga layanan mobil penukaran uang terpadu yang mulai melayani sejak hari ini, 21 Mei.

“Bagi masyarakat yang tidak menjadi nasabah bank, kami menyediakan, pertama kas keliling itu ada di 44 titik sejak 2 Mei sampai 29 Mei, kemudian mobil penukaran uang terpadu ini kami laksanakan sejak hari ini sampai 29 Mei,” kata Doni.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).