Pemakaman Jurnalis Ging Ginanjar Tunggu Keluarga

Senin 21 Januari 2019, 02:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.comGing Ginanjar, 55, satu di antara pendiri Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), rencananya akan dimakamkan di Cimahi, Jawa Barat. Jenazah disemayamkan di Rumah Sakit Siloam Semanggi sambil menunggu kedatangan anggota keluarga dari Belgia.

 

Ging, wartawan BBC Indonesia, meninggal di rumah di kompleks Urbana Place Blok E 11 Jalan Merpati Raya Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu 20 Januari 2018. Sejumlah kerabat dan teman berdatangan hingga Senin dini hari ke rumah itu setelah mendengar kabar duka tentang jurnalis yang pernah dipenjarakan di era Presiden Soeharto itu.

 

Dari laman LinkedIn Ging diketahui bahwa profesinya sebagai wartawan dimulai pada September 2005. Dia menjadi koresponden di DW Radio di Brussels, Belgia hingga menghembuskan napas terakhirnya.

 

Sepanjang kariernya, Ging juga merangkap sebagai wartawan paruh waktu di media internasional untuk liputan isu Indonesia sejak 2010. Selain di DW Radio Jerman, artikelnya juga dimuat Asia Calling News Network.

 

Di dalam negeri, Ging berkontribusi mengirimkan berita untuk Majalah Tempo, Majalah Historia, dan Kantor Berita Radio (KBR). Dia kemudian dipercayakan menduduki posisi editor berita di BBC Indonesia sejak 2 Juni 2014.

 

Ging pernah mendekam di penjara pada masa pemerintahan Presiden ke-2, Soeharto. Sebabnya, ikut menggelar Kongres Rakyat Indonesia yang mengkritik pemilihan kembali Soeharto sebagai presiden pada 1998 lalu. 

 

"Saat saya dan beliau sama-sama menjadi editor di media Deutchewelle Jerman, beliau orangnya santai tapi tajam kalau kasih angle," kata Zaki Amrullah saat ditemui dirumah duka, Minggu 20 Januari 2019.

 

Menurut Zaki, saat masih menjadi editor arahan terhadap isu hak asasi manusia dan gender kuat sekali, Zaki pun kaget saat mendengar kabar dari grup media sosial bahwa temannya telah tiada.

 

"Setelah dari Jerman saya belum bertemu kembali sama beliau, saya kaget dan tahu beliau sudah tidak ada dari Facebook teman," kata rekannya yang lain, Ibay.

Hingga berita ini dibuat belum ada keterangan resmi perihal sebab kematian Ging Ginanjar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)