Melalui Rakernas FKDB, Wagub Kalbar Sepakat Tingkatkan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan

Kamis 17 Januari 2019, 10:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Kapuas Dharma Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (17/1/2019).  Rakernas ini dinilai terasa istimewa, pasalnya di buka secara langsung oleh Gubernur Kalbar, Ria Norsan.

Ria mengaku baru mengetahui FKDB sudah ada di Kalbar sejak 2015. Ia mengapresiasi dan berharap FKDB dapat besinergi dengan Pemerintah Daerah Kalbar dalam setiap kegiatannya, seperti salah satunya produksi tempe. Apalagi Kalbar salah satu provinsi produsen kacang kedelai untuk keperluan produksi tempe.

"Apalagi dengan dibukanya pelabuhan Mempawah sebagai pelabuhan Internasional, mudah-mudahan bisa meningkatkan dan memperlancar segala kegiatan pembangunan di Kalimantan Barat. Terlebih setelah tahu bahwa FKDB menitik beratkan pada sektor ketahanan dan kedaulatan pangan," ujarnya Ria dalam sambuatannya.

Hal ini sangatlah penting mengingat siapapun bangsa yang bisa menguasai dan mengembangkan bidang pertanian, kata Ria maka bangsa tersebut akan menjadi bangsa pemenang, seperti bangsa Jepang yang telah membuktikan kemampuan dan kemajuan di bidang pertanian.

"Malam tadi saya dikirim tempe oleh FKDB sehingga saya harus hadir pada Rakernas kali ini," candanya.

Ketua Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN), Asep Syaripudin yang juga  ketua dewan penasihat FKDB menyampaikan, meskipun baru mengenal FKDB dua bulan yang lalu. Namun ia menyatakan FKDB adalah sebuah organisasi yang sangat solid, dimana tujuan utamanya adalah bagaimana mencapai kemakmuran dan kesejahteraan bersama untuk bangsa ini.

"Dengan mengusung kedaulatan pangan, ada juga hal yang sangat unik, saat yang lain lebih mengidolakan tema teknologi informasi. Selain itu, kemampuan FKDB menampung kaum milenial dengan tetap fokus pada dua bidang pokok, yaitu ekonomi dan pendidikan adalah suatu kemampuan yang luar biasa," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum FKDB sekaligus pembina YPPDB, Ayep Zaki menegaskan sikapnya bahwa FKDB pada prinsipnya adalah bersikap netral, dalam pengertian bahwa FKDB adalah merupakan pendukung pilar-pilar bangsa dan pemerintah yang syah.

"Sehingga dimanapun kehadiran FKDB adalah harus bersinergi dengan pemerintah daerah setempat. Seperti halnya dipilihnya Provinsi Kalimantan Barat untuk Rakernas saat ini dikarenakan secara historis, FKDB sejak dari awal tahun 2005 telah menancapkan kegiatannya di sini, Sebagai bagian dari program kemakmuran khususnya wilayah Kalimantan, umumnya nasional di sepenjuru nusantara," paparnya.

Lebih lanjut Zaki menyampaikan, FKDB harus menjadi yang paling patuh pada pemerintah dan dengan kepatuhan membayar pajak pada pemerintah itu merupakan pembuktian komitmennya.

"Selain itu karena saya lahir dari rahim manufaktur, maka mari sama-sama kita kembangkan teknologi dan industri antara lain motor listrik, yang mudah-mudahan ini mendapat dukungan dari semua pihak terutama pemerintah," tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat04 Maret 2024, 09:30 WIB

Mengenal Agorafobia, Gangguan Kecemasan Saat Seseorang Takut di Tempat Umum

Mari Mengenal Agorafobia, Salah Satu Gangguan Kecemasan Saat Seseorang Takut Berada di Tempat Umum atau Keramaiaan.
Ilustrasi - Stres Sendirian. Mengenal Agorafobia, Gangguan Kecemasan Saat Seseorang Takut Tempat Umum (Sumber : pexels.com/@MART PRODUCTION)
Jawa Barat04 Maret 2024, 09:09 WIB

Mulai 4 Maret! Simak 11 Pelanggaran yang Bakal Ditindak saat Operasi Lodaya

Tujuan operasi ini adalah meningkatnya kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.
(Foto Ilustrasi) Humas Polda Jawa Barat membagikan 11 pelanggaran yang akan ditindak selama Operasi Keselamatan Lodaya 2024. | Foto: Istimewa
Sehat04 Maret 2024, 09:00 WIB

Lemon: Kandungan Nutrisi dan 8 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Lemon penuh dengan nutrisi yang sangat bermanfaat, terutama vitamin C.
Ilustrasi - Lemon penuh dengan nutrisi yang sangat bermanfaat, terutama vitamin C. (Sumber : pexels.com/@Kelly).
Internasional04 Maret 2024, 08:50 WIB

FB Setop Pembayaran ke Media Australia, Kabar Buruk untuk Publisher Rights RI

Meta Platforms mengatakan pihaknya akan berhenti membayar penerbit berita Australia untuk konten yang muncul di Facebook.
(Foto Ilustrasi) Perusahaan induk FB, Meta, menolak melanjutkan pembayaran ke penerbit berita Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi04 Maret 2024, 08:03 WIB

Dinsos Fokus Tangani Kemiskinan dan Tingkatkan Kesejahteraan Warga Kota Sukabumi

Isu sosial merupakan masalah yang kompleks masing-masing negara dan di daerah.
Dinsos Kota Sukabumi menggelar FPD untuk penyusunan RKPD tahun 2025 di Hotel Fresh, Jumat, 1 Maret 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life04 Maret 2024, 08:00 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Konten yang Disukainya di Medsos

Cara menebak kepribadian seseorang berdasarkan konten yang disukainya di media sosial bisa menjadi trik untuk mencari tahu karakter asli orang lain meskipun hal tersebut tidak akurat 100 persen
Ilustrasi - Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Konten yang Disukainya di Medsos (Sumber : Freepik/@freepik)
Gadget04 Maret 2024, 07:53 WIB

Ahmad Syahroni: PAN Sukabumi Butuh Sosok Bernyali untuk Nakhodai Partai

Fungsionaris DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Ahmad Syahroni memberikan tanggapan, menurutnya untuk kedepan PAN Kabupaten Sukabumi membutuhkan sosok kepemimpinan yang berani, punya nyali tinggi untuk kemajuan partai dan memiliki jejaring dan diterima semua kal
Faizal Akbar Awaludin, Bendahara DPD PAN Kabupaten Sukabumi / Caleg Terpilih DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029 | Foto : Ist
Sukabumi04 Maret 2024, 07:52 WIB

FPD Diskumindag: Pengembangan Koperasi hingga Ekonomi Kreatif di Kota Sukabumi

FPD ini untuk mewujudkan keselarasan antara rencana dan implementasi program.
Diskumindag Kota Sukabumi menggelar FPD pada Jumat, 1 Maret 2024 di Hotel Balcony. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Kecantikan04 Maret 2024, 07:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit yang Mudah Dicoba!

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka yang mudah dilakukan di rumah
Ilustrasi - 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit yang Mudah Dicoba! (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 06:00 WIB

Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Cegah Gula Darah Naik!

Intip Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Ini Cegah Gula Darah Naik!
Ilustrasi. Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Cegah Gula Darah Naik! (Sumber : Instagram/@guniezzt)