Sosok Siswi SMK Bogor Andriana Yubelia di Mata Sahabatnya

Jumat 11 Januari 2019, 01:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepergian siswi SMK Bogor Andriana Yubelia Noven Cahya, yang tewas ditikam sepulang sekolah, membawa duka mendalam bagi Ratih Sekar, sahabatnya. 

Di rumah duka RS Borromeus, Bandung, Ratih menumpahkan kesedihan hingga matanya sembap dan basah oleh air mata. Di tepi peti jenazah, ia tak kuasa melihat sahabatnya terbaring dengan gaun hasil rancangannya sendiri.

"Saya nggak menyangka sahabat saya meninggalnya seperti ini," ujar siswi kelas XII SMA Medika di Bandung, Kamis, 10 Januari 2019.

Menjelang tengah hari berbaju seragam sekolah, Ratih datang bersama dua orang kawannya ke rumah duka. Mereka bersama keluarga besar melepas kepergian Andriana untuk selamanya hingga ke pemakaman Cimuncang, Bandung.

Andriana, yang biasa disapa Noven, menjadi korban pembunuhan Selasa 8 Januari lalu. Sepulang sekolah melewati jalan gang, dadanya ditusuk dengan badik oleh seorang pria hingga tewas di tempat.

Siswi kelas XII Jurusan Tata Busana Butik SMK Baranangsiang Bogor itu merantau untuk memenuhi impiannya menjadi desainer. Tiap liburan sekolah ia pulang ke rumah keluarganya di Bandung.

Ratih dan Noven bersahabat sejak mereka sekolah di SMP Santo Yusuf Bandung sejak di kelas 7-8 kemudian pisah saat kelas 9. "Dia orangnya baik. Sama siapa pun yang nggak dikenal juga baik, kenapa harus kayak gini," kata Ratih.

Lulus SMP, Noven sudah merancang cita-cita sebagai desainer. Menurut Ratih, ia memilih sekolah swasta di Bogor daripada sekolah negeri di Bandung. "Waktu SMP masuk rangking 10 besar terus, pas SMK peringkat 5-10 besar," ujarnya.

Sahabatnya itu, kata Ratih, baik dan ramah ke banyak orang, tidak sombong, juga kreatif. "Orangnya ceria dan lebih dewasa dari yang lain," ujarnya.

Selama pisah sekolah, mereka tetap saling berkomunikasi lewat media sosial. Keduanya saling menimpali status yang mereka buat walau tidak rutin setiap hari. Komunikasi itu terjalin sampai Selasa pagi sebelum Noven meninggal.

Menurut Ratih, sahabatnya itu sempat menulis status tentang sakit. "Panas (demam), tapi nggak cerita, nggak ada obrolan cuma (status) itu doang," katanya.

Kini siswi SMK Bogor yang ramah dan ceria itu telah pergi selamanya. Ratih kehilangan sahabat yang setia mendengarkan ceritanya soal apa pun. Saat liburan sekolah mereka biasanya bertemu di Bandung. Kamis tengah hari, 10 Januari 2019, ia mengantarkan sahabatnya dalam pertemuan terakhir sebelum dimakamkan di Cimuncang Bandung.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram