6 Fakta Gempa Donggala dan Data Korban yang Terus Bertambah

Sabtu 29 September 2018, 04:41 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa Donggala, Sulawesi Tengah, menambah deretan jumlah bencana yang terjadi di Indonesia. Belum selesai merehabilitasi kerusakan infrastruktur dan pemulihan korban akibat gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Juli lalu, Jumat petang, 28 September 2018, lindu kembali mengguncang. Gempa 7,7 skala Richter di Donggala tersebut menimbulkan kehancuran rumah, infrastruktur dan korban meninggal.

Presiden Joko Widodo memerintahkan pejabatnya bergerak cepat memberi pertolongan, baik dalam evakuasi maupun bantuan logistik. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto langsung mengerahkan pasukan dan peralatan militer ke Palu. Pasukannya diberangkatkan dengan pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Sabtu pagi ini, 29 September 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membentuk tim dan posko khusus guna mempercepat pelaksanaan tanggap darurat. Tim yang diberi nama Quick Response Team itu mulai bekerja pada Sabtu ini. “Supaya proses koordinasi antara petugas yang di lapangan dengan kantor pusat lebih efektif," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan pengecekan awal, Budi Karya menyebut, beberapa infrastruktur seperti fasilitas transportasi udara dan laut mengalami kerusakan. Berikut ini 6 masalah penting yang timbul akibat gempa.

1.Landasan Pacu Bandara Retak

Landasan pacu Bandar Udara SIS Al-Jufri Palu retak 500 meter dari 2.500 meter panjang runway. Akibatnya, pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737 tidak dapat mendarat. Selain landasan pacu, kerusakan juga menimpa menara pantau. Bandara ini terpaksa ditutup untuk semua penerbangan mulai 28 September 2018 pukul 19.26 sampai dengan 29 September 2018 pukul 19.20 WITA.

 2.Jaringan Telekomunikasi Terputus

Hingga pukul 05.00 pada Sabtu, 29 September 2018, lebih dari 500 Base Transceiver Station atau BTS telekomunikasi seluler tidak berfungsi.  Penyebabnya antara lain terhentinya pasokan listrik dari PLN yang rusak akibat gempa.

Ferdinandus Setu, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Infoermasi, mengatakan untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Kominfo menyiapkan perangkat Internet satelit untuk memudahkan pengiriman informasi dan data pascagempa.

3.Gangguan Gardu Induk PLN

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menerima laporan dari PLN bahwa tujuh gardu induk terkena dampak gempa. “PLN segera memulihkan gardu induk yang padam tersebut. Sampai Jumat malam baru dua yang bisa dihidupkan," kata Wiranto pada Sabtu dini hari, 29 September 2018. General Manager PT PLN Suluttenggo Edison Sipahutar  membenarkan, sistem kelistrikan sebagian  wilayah Sulawesi Tengah padam.

4.Dermaga Pelabuhan Bergeser

Selain retaknya landasan pacu Bandara SIS Al-Jufri dan rusaknya menarawa pantau, dampak gempa juga menggeser dermaga Pelabuhan Ogoamas ke sisi kanan sepanjang tiga sentimeter. Begitu pula Pelabuhan Pantoloan  di Kota Palu, yang mengalami kerusakan parah dan robohnya quay crane.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R. Agus H. Purnomo mengatakan,  quay crane roboh dan kini pelayanan kepelabuhanan dihentikan sementara. Sedangkan  Pelabuhan Wani ada beberapa bangunan dan dermaga mengalami kerusakan.

5.Kapal Motor Terbawa Arus

KM Sabuk Nusantara 39 yang bersandar di Pelabuhan Wani terlempar dan terbawa arus sejauh 70 meter dari dermaga. Ini terjadi ketika gelombang tsunami Kota Palu. Seluruh awak KM Sabuk Nusantara 39 selamat. Saat kejadian, ada tiga orang ABK yang turun ke darat untuk bertemu keluarganya, 17 sisanya di atas kapal.

6.Data Korban Meninggal Bertambah

Semula baru dilaporkan 1 orang meninggal akibat gempa Donggala. Kementerian Sosial melaporkan jumlah korban meninggal luka akan terus bertambah. "Jumlah korban yang meninggal bisa bertambah karena info dari Kabupaten Sigi ada 10 orang yang teridentifikasi," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat, Sabtu, 29 September 2018. Menurut Harry, pada Jumat malam korban meninggal yang terdata baru tiga orang. Sementara untuk korban lainnya masih menunggu pendataan.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life08 Mei 2024, 16:45 WIB

5 Tips Mengajarkan Tata Krama Kepada Anak, Salah Satunya Jadilah Teladan

mungkin sulit untuk membantu anak menguasai semua tata krama yang benar. Dengan menggunakan pesan yang konsisten, penjelasan yang benar , pengingat, dan konsekuensi, Anda akan menanamkan perilaku baik ke mereka
Ilustrasi menanamkan tata krama pada anak yang baik (Sumber : pexels.com /@Vlada Karvovich)
Sukabumi08 Mei 2024, 16:30 WIB

Ngaku Mau Diperkosa, Pelaku Pembunuhan Waria di Citepus Sukabumi Dikenai Pasal Berlapis

Polisi menerapkan pasal berlapis kepada pelaku berinisial A (20 tahun) atas kasus pembunuhan seorang asisten rumah tangga (pembantu) bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun).
Barang bukti pembunuhan Ceceu alias Ajo Sutarjo seorang asisten rumah tangga di Citepus  Sukabumi | Foto : Ist
Life08 Mei 2024, 16:30 WIB

Lebih Bahagia, Ini 12 Cara Menenangkan Hati Saat Hidup Banyak Masalah

Hal yang paling penting untuk menenangkan hati saat hidup banyak masalah adalah berikan waktu dan kesempatan untuk merasa tenang dan terhubung dengan diri sendiri.
Ilustrasi. Agar Lebih Bahagia, Ini Cara Menenangkan Hati Saat Hidup Banyak Masalah (Sumber : Freepik/@jcomp)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 16:01 WIB

DPRD dan Pemkab Sukabumi Duduk Bersama Cari Solusi Pencabutan Status UHC Non-Cut Off

Rapat tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mencari solusi terkait dengan Pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan.
Suasana rapat kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dengan Pemerintah daerah bahas pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Food & Travel08 Mei 2024, 16:00 WIB

Libur Panjang Mei 2024 Telah Tiba, Yuk Kunjungi 7 Tempat Wisata Indah dan Menarik di Sukabumi

Libur panjang di bulan Mei 2024, mending mengunjungi tempat wisata yang ada di Sukabumi saja.
Ilustrasi Pantai Panganten Sukabumi - Libur panjang di bulan Mei 2024, mending mengunjungi tempat wisata yang ada di Sukabumi saja. (Sumber : Instagram/@muhammadsidik99).
Life08 Mei 2024, 15:45 WIB

Tata Krama Seperti Apa Yang Harus Diajarkan Pada Anak? Berikut Ulasannya

Mengajari anak mengenai tata krama dan bersikap sopan santun adalah bagian penting dalam mengasuh anak yang perlu diajarkan oleh orang tua
Ilustrasi tata krama anak yang tahu cara tata krama (Sumber : pexels.com/ @Polesie Toys)
Life08 Mei 2024, 15:30 WIB

10 Ciri Anak Sering Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua

Komunikasi terbuka, dukungan emosional, dan pengaturan yang jelas dalam keluarga dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres yang mungkin dialami anak karena sering dimarahi orang tua.
Ilustrasi. Ciri Anak Sering Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua (Sumber : pexels/augustderichelieu)
Life08 Mei 2024, 15:15 WIB

Jangan Khawatir Bunda, Berikut 7 Tingkah Aneh Balita yang Sebenarnya Normal

Balita yang selalu melakukan tingkah aneh mungkin mengkhawatirkan bagi orang tua. Tetapi ada beberapa tingkah yang sebenarnya normal meski jika dilihat sedikit berbeda
Ilustrasi tingkah aneh yang dilakukan balita (Sumber : pexels.com/@Emma Bouso)
Sukabumi08 Mei 2024, 15:13 WIB

Cerita Dinsos Tangani Bayi yang Dibuang TKW di Semak-semak Gunungguruh Sukabumi

Duduh menyebut bayi telah diserahkan kepada keluarga dan akan diurus oleh adik YS.
Penyerahan bayi laki-laki yang ditemukan di semak-semak kebun warga kepada keluarga. Penyerahan dilakukan di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi08 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Crew Full Time di Gerai Es Krim dengan Penempatan Cibolang Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Crew Full Time di Gerai Es Krim dengan Penempatan Cibolang Sukabumi (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)