Belajar dari Colonel Sanders KFC yang Memulai Bisnis Saat Pensiun

Minggu 23 September 2018, 02:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pensiun bukanlah akhir dari karier. Memulai bisnis pada usia pensiun pula bisa menuai sukses.

Pengamat bisnis dan marketing Managing Partner Inventure Yuswohady mengatakan pendiri ayam goreng KFC, Colonel Sanders baru memulai usaha ayam gorengnya saat usia 60 tahun. Kala itu ia sudah pensiun sebagai tentara.

Banyak orang menertawakannya saat itu. Namun, dia yakin dengan keputusannya. Akhirnya terbukti, Kentucky Fried Chicken (KFC) menjadi salah satu restoran terfavorit orang-orang di berbagai belahan dunia.

“Jadi masalahnya tinggal mindset. Kalau kita menganggap diri kita tua dan menganggap sudah bukan masanya, bisa dibilang berbisnis saat pensiun akan dianggap terlambat. Tapi kalau optimis bahwa usia tidak menjadi masalah ya tidak masalah,” ujar Yuswohady.

Kendati begitu, memang harus diakui memulai usaha atau bisnis membutuhkan kerja ekstra. Ada yang menganggap kerja ekstra itu sebagai beban, namun ada juga yang menganggap kerja keras sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Menurutnya, berbisnis saat pensiun tetap memiliki peluang yang sama dengan anak muda. Justru, pensiunan dari profesional lebih memiliki pengalaman yang lebih matang untuk berbisnis. Sehingga lebih bijak dan memahami celah-celah yang harus dihadapi.

“Tapi apakah mereka masih punya ambisi atau tidak. Kalau pas pensiun anaknya sudah sukses semua, atau kebutuhan sudah tidak banyak, pasti mikir apa lagi yang mau dikejar,” katanya.

Setiap orang pasti memiliki kecocokan yang berbeda pada setiap bisnis yang mereka pilih. Pada prinsipnya, katanya, bisnis pensiunan menuntun persiapan yang sama dengan memulai usaha di usia produktif.

Tidak ada pembatasan. Namun, untuk menemukan usaha yang cocok bagi seorang pensiunan juga tidak mudah. Dengan usia yang sudah tidak lagi muda, para pensiunan harus memikirkan usaha yang tepat bagi kondisinya.

“Para pensiunan lebih baik memilih bisnis yang risiko gagalnya rendah, atau mudah dijalankan. Yang paling umum franchise atau bisnis properti seperti kos-kosan. Jadi yang penting penting modalnya, operating per harinya sudah dijalankan orang lain” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Head of SME New Business Bank Commonwealth Weddy Irsan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pensiunan ketika akan membuka usaha.

Pertama, usaha yang baru dimulai tentu memiliki risiko untuk gagal, ketika orang sudah memasuki usia pensiun, tentu tidak bisa mengambil risiko terlalu besar dalam usahanya. Hal itu berbeda ketika memulai usaha di usia yang lebih muda, karena masih memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dari kesalahan.

Kedua, usaha yang cocok untuk memulai usaha setelah pensiun adalah usaha yang tidak memiliki risiko yang terlalu besar, serta bisa juga disesuaikan dengan kapabilitas yang ada.

Misalnya, sebelum pensiun bekerja di perusahaan produksi consumer goods, sehingga memiliki keahlian dan koneksi yang cukup untuk memulai usaha distribusi consumer goods. Contoh lain, bisa juga membuka bisnis yang sudah lebih teruji dan terbukti misalnya membeli/membuka usaha waralaba.

Ketiga, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah memilih usaha yang tidak memerlukan kontrol terlalu banyak dari pemilik usaha, sehingga dapat memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi orang yang memulai usaha di usia yang lebih muda. “Jadi memulai usaha setelah pensiun, bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai dengan niat, pengetahuan dan kemampuan yang disesuaikan,” katanya.

Selain itu, pensiunan juga perlu berhati-hati dalam menggunakan uang pensiun untuk berbisnis, karena sangat berisiko. Apabila bisnis gagal maka dana yang digunakan untuk hidup setelah pensiun habis.

“Maka sebaiknya ada alokasi dana terpisah untuk memulai bisnis dan untuk pensiun. Tentunya dana tersebut harus dipersiapkan jauh sebelumnya,” katanya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life12 Mei 2024, 14:00 WIB

Sering Disepelekan Orang Tua, 5 Dampak Buruk Sering Berbohong kepada Anak

Kebiasaan berbohong kepada anak sesungguhnya tidak baik dalam masa asuhnya. Bahkan cenderung memiliki bahaya yang efeknya tergolong negatif.
Ilustrasi - Kebiasaan berbohong kepada anak sesungguhnya tidak baik dalam masa asuhnya. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production).
Life12 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Manfaat Bermain Sendiri untuk Anak-Anak yang Bantu Menumbuhkan Imajinasi

Ketika anak bermain sendiri, hal ini akan membangun keterampilan serta kemandirian dan meningkatkan kreativitas mereka.
Ilustrasi - Imajinasi selalu bergerak ketika orang tua mendorong anaknya untuk bermain sendiri. (Sumber : Pexels.com/@Polesie Toys).
Life12 Mei 2024, 13:15 WIB

Terbelenggu dalam Kesengsaraan: 10 Gaya Hidup Orang Miskin yang Bikin Sulit Kaya

Ada beberapa gaya hidup orang miskin yang membuatnya sulit kaya.
Ilustrasi - Ada beberapa gaya hidup orang miskin yang membuatnya sulit kaya. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio)
Sukabumi12 Mei 2024, 13:08 WIB

600 Peserta Meriahkan Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi ini diikuti oleh 600 peserta yang berasal dari berbagai daerah
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat melepas 600 peserta Geopark Ciletuh Run 202, Minggu (12/5/2024) | Foto : Dokpim
Sehat12 Mei 2024, 13:00 WIB

Tetap Bisa Makan Enak, 7 Makanan Rendah Purin yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@Vanessa Loring).
Jawa Barat12 Mei 2024, 12:33 WIB

Anggota DPRD Jabar Hasim Adnan Tinjau Jembatan Rusak di Curugkembar Sukabumi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasim Adnan akan mendorong anggaran pemprov Jawa Barat untuk perbaiki Jembatan Cibodas rusak di Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan saat meninjau jembatan Cibodas Curugkembar Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 12:30 WIB

Wajib Diterapkan Bund! 5 Tips Jitu Mengajari Anak Berpikir Sendiri Sejak Dini

Membesarkan anak yang tidak mengikuti orang banyak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Ilustrasi - Membesarkan anak agar mereka dapat berpikir sendiri menjadi tantangan bagi orang tua. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Grabowska).
Life12 Mei 2024, 12:00 WIB

Patut Diterapkan, 5 Cara Membangun Keterampilan Sosial Anak Dari Rumah

Aktivitas mudah yang berfokus pada mendengarkan, berinteraksi, dan bercerita ini akan membuat anak Anda tetap terlibat secara sosial sepanjang hari bahkan di rumah.
Ilustrasi - Membangun keterampilan sosial anak dapat dimulai dari rumah dengan hal sederhana. (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova).
Life12 Mei 2024, 11:30 WIB

Pria Wajib Tahu, 6 Ciri Cewek Matre yang Tidak Boleh Dijadikan Pasangan Hidup

Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. Mereka kerap menunjukkan sikap yang identik kesemuanya tentang materi dan uang semata
Ilustrasi - Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. (Sumber : Pexels/Andrea Piacquadio).
Tips12 Mei 2024, 11:11 WIB

Simak 4 Tips Mencari Lowongan Kerja yang Efektif

Anda yang baru lulus pendidikan atau sedang mencari lowongan pekerjaan, butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan pekerjaan
Tips mencari lowongan kerja di Internet | Foto : Sukabumi Update