Novel Baswedan Kantongi Sejumlah Bukti Pihak Terlibat, Siapa?

Minggu 06 Agustus 2017, 05:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan kepolisian telah mendeteksi potensi serangan terhadap Novel Baswedan sebelum peristiwa (11/4/2017). Dahnil, berdasarkan komunikasinya dengan Novel, mengatakan kepolisian telah mengirimkan intelijen ke sekitar lingkungan rumah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi itu.

"Di awal, Novel Baswedan punya optimisme kasus ini bisa dituntaskan, karena ada deretan peristiwa yang menyertai sebelum serangan kepada Novel. Polda Metro Jaya, saat itu Iriawan, mengatakan ada potensi penyerangan terhadap Novel," ucap Dahnil dalam diskusi Cerita Novel, KPK, dan Pansus DPR, di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

Saat itu, kata Dahnil, kepolisian Polda Metro Jaya pun mengirimkan tim pengamanan di lingkungan rumah Novel. Namun, tak berapa lama kemudian, tim dari kepolisian yang diduga dari Mabes Polri juga turut mengamankan.  “Mereka pun ditarik. Artinya sejak awal, Polda sudah beromunikasi dengan Novel,” ujar Dahnil.

Novel, Dahnil bercerita, pun memiliki tanda bahwa akan ada serangan terhadap dirinya sebelum 11 April. “Tapi karena telah siaga, serangan itu masih gagal,” katanya. Novel pun lengah seusai salat subuh 11 April. “Seminggu-dua minggu dia yakin akan ada data intelijen di awal penyerangan,” kata dia lagi.

Potensi serangan tak sampai di situ. Dahnil mengatakan jauh sebelum serangan 11 April, Novel telah mengendus adanya serangan terhadap penyidik KPK yang lain. Bentuknya, penyerangan atau perampokan untuk mengambil barang bukti dalam perkara kasus korupsi tertentu. “Ini yang tidak dipublikasikan,” ujar Dahnil. Awalnya, ia optimistis bahwa pelaku serangan dapat ditangkap kepolisian. 

Optimisme Novel memudar. Sebabnya, Dahnil menyebutkan sejak pekan ketiga hingga hari ke-116 pasca-serangan terhadap Novel, muncul banyak keganjilan dari penyelidikan ini. Pertama, kata dia, keganjilan terkait lamanya waktu untuk kepolisian menentukan tersangka kasus ini. Kedua, penerbitan sketsa terduga pelaku oleh kepolisian yang dinilai ganjil. “Maka koalisi mendorong ada TPGF (Tim Gabungan Pencari Fakta),” ujarnya.

Dahnil Anzar memastikan Novel Baswedan mengantongi sejumlah bukti terkait keterlibatan sejumlah pihak dalam serangan 11 April. Namun, Dahnil mengatakan, “Bagaimana mungkin ini bisa dibongkar kalau proses primer dengan menangkap pelaku tidak dilakukan kepolisian,” katanya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).