Bupati Tasikmalaya Dorong Masyarakat Konsumsi Produk Lokal

Selasa 07 Maret 2017, 10:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Disain dan kualitas memiliki daya dongkrak penjualan sebuah produk, sehingga produk tersebut diminati dan akhirnya mendatangkan keuntungan bagi pelaku industri, tak terkecuali dalam industri kreatif.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan, pelaku industri di daerahnya mampu meningkatkan kualitas produk dan daya saing ketimbang memperbanyak kuantitas dengan memacu jumlah order.

“Saya melihat produk dalam negeri kurang dilirik, untuk itu saya menginginkan produk dalam negeri semakin diminati dengan menaikan kualitasnya. Kadang-kadang saya berpikir, mungkin dari segi disain kemasan produknya, baik industri rumahan atau lainnya kurang menarik, jadi tidak dilirik,” harap Uu seusai menghadiri acara sosialisasi Aku Cinta Indonesia di Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.

“Dengan sosialisasi Aku Cinta Indonesia di Manonjaya itu, saya berkeinginan mendorong ekonomi masyarakat dari segi konsumsi dan produksi, utamakan apapun yang diolah dan hasil produk dalam negeri terutama yang lokal, dengan begitu geliat ekonomi terus ada dan sirkulasi uang juga tidak kemana-mana,” terang Uu.

Bupati yang didorong maju oleh KH. Asep Maosul Affandi anggota DPR-RI Fraksi PPP untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 mendatang ini, meminta kepada dinas terkait di Tasikmalaya lebih sering menyelenggarakan even ekonomi, seperti eksibisi atau pameran. Hal ini guna mendorong dan memberi stimulan bagi para pelaku industri dengan menampilkan produk-produk khas Tasikmalaya.

“Apalagi untuk kuliner, produk olahan makanan harus lebih alami, tanpa bahan tambahan yang mengandung kimiawi,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Sogiri menegaskan, Tasikmakaya berpotensi menghasilkan produk unggulan agro industri dan handycraft. Karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar membeli produk lokal, terutama yang diproduksi di Kabupaten Tasikmalaya. “Ulah jarajan nu luar wae. Namun demikian, aspek kualitas produk merupakan hal yang harus diutamakan.” ajaknya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (7/3).

Kabupaten Tasikmalaya dikenal menghasilkan produk kerajinan cukup bagus, kerajinan anyaman banyak dijumpai di Kecamatan Rajapolah baik berupa benda-benda yang memiliki multifungsi atau pun hiasan. Berbagai handycraft anyaman terbuat dari bahan alami seperti pandan, bambu, rotan, daun mendong atau eceng gondok, dan bahan sintetis lainnya hingga kertas dan plastik banyak dijumpai di daerah tersebut.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi