Prabowo Diminta Mundur dari Menhan Ikuti Jejak Mahfud, Ini Kata TKN

Rabu 31 Januari 2024, 23:47 WIB
Prabowo bersama Bersama Gibran menghadiri acara PAKU Integritas, Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Sumber : akun medsos Prabowo Subianto)

Prabowo bersama Bersama Gibran menghadiri acara PAKU Integritas, Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Sumber : akun medsos Prabowo Subianto)

SUKABUMIUPDATE.com - Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud MD tengah menjadi sorotan publik setelah resmi mengundurkan diri sebagai anak buah Presiden Jokowi, Rabu siang (31/1/2024).

Mengutip dari suara.com, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden menanggapi keputusan pasangannya itu sebagai jalan terbaik agar tak ada konflik kepentingan. Bahkan, Ganjar berharap sikap Mahfud bisa ditiru oleh paslon lain yang masih memangku jabatan publik.

"Mudah-mudahan ini menjadi contoh baik soal pertanggungjawaban. Barangkali yang lain juga mengikuti," kata Ganjar di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Untuk diketahui, dari tiga paslon Pilpres 2024, tinggal pasangan nomor urut 02 yang masih mempunyai jabatan publik, yakni Capres Prabowo Subianto hingga kekinian masih menjabat Menteri Pertahanan. Sementara cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka, juga tetap menjadi Wali Kota Solo.

Baca Juga: Siapa Pengganti Mahfud MD di Kabinet? Ini Kata Stafsus Jokowi

Prabowo sendiri tidak banyak berkomentar saat ditanya awak media perihal pengunduran diri rivalnya. "Itu hak politik," kata Prabowo di Jakarta.

Sedangkan Gibran emoh dikait-kaitkan dengan Mahfud MD yang mengundurkan diri. "Kita kembalikan lagi ke Pak Mahfud, kita menghargai semua keputusan beliau," kata Gibran.

Sementara itu, terkait saran agar Prabowo Subianto mengikuti jejak Mahfud, ditanggapi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Menurutnya, Prabowo tidak perlu mundur sebagai Menteri Pertahanan.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani memastikan penyalahgunaan wewenang atau konflik kepentingan antara posisi Prabowo sebagai capres dan Menhan tidak akan terjadi.

"Tidak akan terjadi, insyaallah tidak akan terjadi," kata Muzani di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2024).

Sebelumnya Muzani menegaskan bahwa Prabowo tidak akan mengikuti jejak Mahfud MD yang keluar dari kabinet dengan memilih mundur sebagai Menkopolhukam. Ia berujar TKN menyarankan Prabowo untuk tidak mundur.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Tanggapi Dugaan Pemicu Tanah Longsor di Cibadak

Penegasan itu menjawab harapan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang berharap paslon lain bisa mengikuti jejak cawapres Mahfud MD yang sudah lebih dulu mundur sebagai Menkopolhukam.

"Kami menyarankan kepada Pak Prabowo untuk tidak perlu mundur sebagai Menhan," ujarnya.

TKN justru meminta agar Prabowo menuntaskan tugasnya sebagai Menhan sampai dengan masa akhir kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Menurut Muzani, meski berstatus sebagai Menhan, Prabowo bisa membedakan dan membagi posisinya.

"Dan kami minta agar Pak Prabowo menyelesaikan tugasnya sampai akhir periode sebagai Menhan dan selama menjadi capres beliau juga wayahnya cuti ya cuti, wayahnya menjalankan tugas ya menjalankan tugas," kata Muzani.

"Dan sepertinya Pak Prabowo akan menyelesaikan tugas sampai akhir periode," sambungnya.

Sumber : suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi23 Oktober 2024, 22:10 WIB

Banggar DPRD Sukabumi dan Pemda Sepakati RAPBD 2025, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025.
Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi sepakati RAPBD 2025 | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi23 Oktober 2024, 21:49 WIB

Kecewa, 16 Anggota Walk Out Saat Paripurna Pembentukan AKD DPRD Kota Sukabumi

Sebanyak 16 Anggota DPRD Kota Sukabumi dikabarkan tak kembali saat jeda istirahat sidang paripurna membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) di ruang sidang Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) malam.
Rapat paripurna pembahasan AKD di Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Dok. Sekwan
Inspirasi23 Oktober 2024, 20:53 WIB

Jejak Inspiratif, Sosok Wamen Pendidikan Dr. Fajar Dimata Guru dan Kakak Kelas di YASTI Sukabumi

Kemunculan nama Fajar Riza Ulhaq di jajaran Kabinet Merah Putih menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan kakak kelasnya semasa sekolah tingkat menengah di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, Dr. Fajar merupakan alumni MTs YASTI
Dr. Fajar Riza Ulhaq, Wamen Pendidikan RI 2024-2029 (kiri), Haerudin (Guru MTs Yasti Cisaat Sukabumi) | Foto : Sukabumiupdate.com
Musik23 Oktober 2024, 20:00 WIB

Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan

Festival musik yang akan mendatangkan musisi dari K-Hip Hop dan K-R&B yakni NEVAEVA! Festival 2024 secara resmi mengumumkan batal diselenggarakan.
Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan (Sumber : Instagram/@nevaeva_indonesia)
Jawa Barat23 Oktober 2024, 19:58 WIB

Anggota DPRD Jabar Haji Aka Minta Negara Cari Solusi untuk Masalah Gurandil di Sukabumi

Hal ini lebih khusus disampaikan kepada Dinas ESDM Jabar.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana mengikuti rapat kerja dengan mitra kerja Komisi IV di kantor BAPENDA Kabupaten Garut pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 Oktober 2024, 19:29 WIB

Hilang Kendali di Tikungan Lalu Tabrak Warung, Pemotor Tewas di Simpenan Sukabumi

Mereka diduga kehilangan kendali sehingga terjatuh ke sebelah kiri jalan.
Lokasi kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel23 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Makanan Khas Kota Tangerang yang Unik dan Menggugah Selera

Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba.
Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba. (Sumber : Instagram/@laksatangerangcikimhua/@sumsum_pisangmas).
Entertainment23 Oktober 2024, 18:30 WIB

NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap

Kabar bahagia datang dari NCT DREAM yang akan comeback dengan merilis album terbaru bertajuk DREAMSCAPE pada 11 November 2024. Renjun akan berpartisipasi usai hiatus.
NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap (Sumber : Instagram/@nct_dream)
Life23 Oktober 2024, 18:00 WIB

Kumpulan Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki dan Perempuan, Yuk Amalkan

Berdoa meminta jodoh terbaik merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Allah SWT.
Meminta jodoh yang terbaik adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang bisa membimbing kita dalam menjalankan ibadah dan meraih ridho Allah. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi23 Oktober 2024, 17:53 WIB

Satu Tewas! Pemotor Satria Kecelakaan Tunggal di Jalan Simpenan Sukabumi

Kecelakaan melibatkan pengendara dan penumpang sepeda motor Satria F 150.
Sepeda motor Satria F 150 yang kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa