Prabowo Diminta Mundur dari Menhan Ikuti Jejak Mahfud, Ini Kata TKN

Rabu 31 Januari 2024, 23:47 WIB
Prabowo bersama Bersama Gibran menghadiri acara PAKU Integritas, Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Sumber : akun medsos Prabowo Subianto)

Prabowo bersama Bersama Gibran menghadiri acara PAKU Integritas, Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Sumber : akun medsos Prabowo Subianto)

SUKABUMIUPDATE.com - Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud MD tengah menjadi sorotan publik setelah resmi mengundurkan diri sebagai anak buah Presiden Jokowi, Rabu siang (31/1/2024).

Mengutip dari suara.com, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden menanggapi keputusan pasangannya itu sebagai jalan terbaik agar tak ada konflik kepentingan. Bahkan, Ganjar berharap sikap Mahfud bisa ditiru oleh paslon lain yang masih memangku jabatan publik.

"Mudah-mudahan ini menjadi contoh baik soal pertanggungjawaban. Barangkali yang lain juga mengikuti," kata Ganjar di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Untuk diketahui, dari tiga paslon Pilpres 2024, tinggal pasangan nomor urut 02 yang masih mempunyai jabatan publik, yakni Capres Prabowo Subianto hingga kekinian masih menjabat Menteri Pertahanan. Sementara cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka, juga tetap menjadi Wali Kota Solo.

Baca Juga: Siapa Pengganti Mahfud MD di Kabinet? Ini Kata Stafsus Jokowi

Prabowo sendiri tidak banyak berkomentar saat ditanya awak media perihal pengunduran diri rivalnya. "Itu hak politik," kata Prabowo di Jakarta.

Sedangkan Gibran emoh dikait-kaitkan dengan Mahfud MD yang mengundurkan diri. "Kita kembalikan lagi ke Pak Mahfud, kita menghargai semua keputusan beliau," kata Gibran.

Sementara itu, terkait saran agar Prabowo Subianto mengikuti jejak Mahfud, ditanggapi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Menurutnya, Prabowo tidak perlu mundur sebagai Menteri Pertahanan.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani memastikan penyalahgunaan wewenang atau konflik kepentingan antara posisi Prabowo sebagai capres dan Menhan tidak akan terjadi.

"Tidak akan terjadi, insyaallah tidak akan terjadi," kata Muzani di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2024).

Sebelumnya Muzani menegaskan bahwa Prabowo tidak akan mengikuti jejak Mahfud MD yang keluar dari kabinet dengan memilih mundur sebagai Menkopolhukam. Ia berujar TKN menyarankan Prabowo untuk tidak mundur.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Tanggapi Dugaan Pemicu Tanah Longsor di Cibadak

Penegasan itu menjawab harapan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang berharap paslon lain bisa mengikuti jejak cawapres Mahfud MD yang sudah lebih dulu mundur sebagai Menkopolhukam.

"Kami menyarankan kepada Pak Prabowo untuk tidak perlu mundur sebagai Menhan," ujarnya.

TKN justru meminta agar Prabowo menuntaskan tugasnya sebagai Menhan sampai dengan masa akhir kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Menurut Muzani, meski berstatus sebagai Menhan, Prabowo bisa membedakan dan membagi posisinya.

"Dan kami minta agar Pak Prabowo menyelesaikan tugasnya sampai akhir periode sebagai Menhan dan selama menjadi capres beliau juga wayahnya cuti ya cuti, wayahnya menjalankan tugas ya menjalankan tugas," kata Muzani.

"Dan sepertinya Pak Prabowo akan menyelesaikan tugas sampai akhir periode," sambungnya.

Sumber : suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)