Sapto Anggoro: Manajemen Media Kunci Penting Untuk Kembangkan Media Siber

Minggu 28 Mei 2023, 10:24 WIB
Sapto Anggoro: Manajemen Media Kunci Penting Untuk Kembangkan Media Siber. | (Sumber : Istimewa.)

Sapto Anggoro: Manajemen Media Kunci Penting Untuk Kembangkan Media Siber. | (Sumber : Istimewa.)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pendataan, Penelitian, dan Ratifikasi Dewan Pers Sapto Anggoro menegaskan, manajemen media adalah pemegang kunci penting dalam mengembangkan media platform digital.

Media harus mampu menyesuaikan dengan perubahan di era digital, di samping maraknya pertumbuhan media siber/online secara nasional.

“Karena sebagian besar berangkatnya dari wartawan, tapi soal manajemen kan beda lagi. Dalam hal ini Dewan Pers memilih melakukan pembinaan,” ungkap Sapto dalam acara Diskusi Peningkatan Kapasitas Media Siber dengan tema, “Pengembangan Model Bisnis Media di Era Digital”, yang juga menghadirkan Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya, dan Praktisi Media Siber katadata.co.id, kerjasama Dewan Pers dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali dan Pemprov Bali di Aula Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali, Denpasar, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Menurut Sapto, pengelolaan media siber tak bisa lepas dari karakteristik konsumen berita. Mengetahui apa saja informasi yang diminati oleh publik, akan menentukan popularitas dari media tersebut.

Diskusi Peningkatan Kapasitas Media Siber dengan tema ‘Pengembangan Model Bisnis Media di Era Digital”,. | IstimewaDiskusi Peningkatan Kapasitas Media Siber dengan tema ‘Pengembangan Model Bisnis Media di Era Digital”,. | Istimewa

“Itu yang paling penting. Banyak yang membuat berita soal politik, sosial, hukum dan HAM. Padahal, konten yang paling banyak dikunjungi ternyata bukan itu. Ternyata adalah info kesehatan. Kenapa info kesehatan ini tidak jadi yang utama untuk ditampilkan, karena itu berpotensi viral,” pesan Sapto Anggoro yang juga mantan Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet ini.

Sapto melanjutkan, model bisnis media online sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti kerja sama dengan pemerintah daerah, menggaet sponsorship, pendanaan CSO (Civil Society Organization, membangun media melalui kehumasan ataupun event organizer (EO) dan mengembangkan komunitas pembacanya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat Kota Sukabumi yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

“Ini kan belum tentu wartawan mau melakukan hal-hal seperti itu kan,” sentil Sapto dalam diskusi yang dimoderatori Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja (Edo).

Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya lalu menambahkan, kepercayaan publik terhadap media tidak berkurang meskipun platform media mengalami perubahan dari zaman ke zaman.

Era digital seperti sekarang ini, media harus cukup mampu menyesuaikan dengan perubahan yang sedang berjalan. Dengan begitu, pemain media mampu berakselerasi menyesuaikan pada kondisi yang ada.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Sukabumi yang Wajib Kamu Coba!

Beradaptasi dengan platform baru dapat dilakukan dengan mengemasnya menjadi lebih baik.

“Tantangan perkembangan media selalu berubah dari zaman ke zaman dari analog, cetak, elektronik dan ada konvergensi media digital, juga ada media sosial. Perubahan itu harus dilakukan untuk situasi saat ini,” imbau Agung Dharmajaya.

Perubahan itu dikatakan harus disikapi dengan realistis. Agung mengingatkan, di era disrupsi media seperti sekarang ini, para pelaku industri media baik wartawan atau pemilik media tetap menaati kaidah-kaidah jurnalistik demi menghasilkan pemberitaan yang obyektif.

Maryadi seorang praktisi media siber membagikan pengalamannya mengenai persaingan bisnis media digital. Menurut Maryadi, para pelaku industri media siber harus berani meninggalkan pola lama.

Baca Juga: 5 Penginapan Murah di Sukabumi di Bawah Rp300 Ribuan, Cocok Untuk Backpacker!

Pelaku media siber perlu melakukan terobosan baru untuk memberikan dorongan “amunisi”. Maryadi menambahkan, ada media siber yang mengembangkan teknik backlink demi mendapatkan market share iklan dan riset dengan infografis.

“Sumber pendanaan besar itu ada pada grant (hibah) dari pihak lain. Nilainya bisa miliaran seperti membuat riset. Ini bisa digarap media online. Perlu memanfaatkan media sosial dan aplikasi. Termasuk, memahami tren yang berkembang di masyarakat,” ungkap Maryadi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992