Kecelakaan Bus Masuk Jurang di Tegal: 1 Orang Tewas, Sopir dan Kernet Diamankan

Minggu 07 Mei 2023, 15:46 WIB
Detik-detik kecelakaan bus masuk jurang di kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah terekam kamera warga | Foto: Instagram

Detik-detik kecelakaan bus masuk jurang di kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah terekam kamera warga | Foto: Instagram

SUKABUMIUPDATE.com - Kepolisian menyebut sebanyak 37 penumpang menjadi korban kecelakaan bus di kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah. Satu di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Detik-detik peristiwa tersebut terekam kamera amatir warga di sekitar lokasi hingga viral di media sosial. Bus tersebut terperosok ke jurang dan terbalik di aliran sungai.

Dalam peristiwa ini, warga bergotong royong melakukan evakuasi. Korban kemudian dibawa ke rumah sakit di wilayah Tegal untuk mendapatkan penanganan medis.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Sajarod mengungkap data manifest penumpang bus mencapai 50 orang. Namun saat kejadian baru 37 penumpang yang sudah berada di dalam bus yang sedang dipanasi.

"Dari manifest 50 orang tapi di dalam bus saat kejadian ada 37 sisanya 13 belum naik. Kemudian dari 37 itu satu meninggal dunia dalam perawatan, sempat dibawa ke rumah sakit. Sedangkan korban luka berat berjumlah satu dan luka ringan 35," kata Sajarod dikutip dari suara.com, Minggu (7/5/2023).

Baca Juga: Detik-detik Bus Berisi Puluhan Penumpang Masuk Jurang Terekam Warga, Begini Nasibnya

Kekinian, kata Sajarod, pihaknya masih mendalami penyebab pasti daripada kecelakaan tersebut dengan mengamankan sang sopir dan kernet bus.

Sajarod menyebut sopir dan kernet tidak ada di dalam bus saat kecelakaan terjadi. Keduanya justru berada di sekitar parkiran meninggalkan bus dalam kondisi nyala.

"Saat itu sopir di luar posisinya, di tempat parkiran yang manasin adalah kernetnya. Dia (kernet) juga di luar setelah itu," kata Sajarod.

Sementara itu dikutip dari tempo.co, seorang keluarga korban Muhammad Amin, menyatakan rombongan dalam bus nahas itu mau ziarah dari Tangerang Selatan Provinsi Banten ke Guci Tegal Jawa Tengah dan mobil mengalami kecelakaan masuk jurang.

Menurut Amin pihak keluarga langsung mendapat kabar atas kecelakaan yang terjadi. Salah seorang korban meninggal merupakan keluarganya. "Saya dapat kabar mertua meninggal. Ada dua bus yang berangkat dari kampung ini dan satu bus yang kecelakaan," ujarnya.

Dia mengatakan sekelompok orang yang mengalami kecelakaan ini merupakan rombongan pengajian. Namun, ia belum mengetahui pasti berapa orang yang meninggal akibat kejadian tragis tersebut. "Ini rombongan pengajian se-Pondok Serut," kata dia.

Amin menambahkan sampai saat ini pihak keluarga juga masih menunggu jenazah yang berada di RS Tegal. "Korban ada di RS Tegal. Saya dapat kabar dari pengurus pengajian," tandasnya.

SUMBER: SUARA.COM/TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Kebiasaan Sepele yang Akan Menghancurkan Karier Anda dengan Cepat

Kebiasaan tertentu ternyata berdampak pada karier. Jadi, rusaknya karier seseorang terkadang disebabkan oleh kebiasaan buruk di masa lalunya.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa menghancurkan karier seseorang. (Sumber : Pexels/ Alex Green).
Life18 Mei 2024, 12:00 WIB

6 Kebiasaan Baik yang Akan Membawa Keberuntungan Hidup di Masa Depan, Yuk Terapkan!

Keberuntungan hidup terkadang didapatkan oleh sebab kebiasaan baik yang sering dilakukan secara konsisten. Ini penting diketahui semua orang selama hidup.
Ilustrasi - Kebiasaan penting yang bisa membawa keberuntungan hidup di masa depan kelak. (Sumber : Pexels.com/Tranmautritam).
Nasional18 Mei 2024, 11:44 WIB

Kritik Program Susu Gratis, Drh Slamet Sebut Jadi Celah untuk Pemburu Rente

Impor susu segar akan berdampak negatif pada industri susu dalam negeri.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Mei 2024, 11:34 WIB

Huni Rumah Tak Layak, Nasib Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

Kondisi rumah yang ditempati keluarga Hendi sangat mengkhawatirkan.
Fitria (kerudung kuning) bersama anaknya di rumah mereka di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat18 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Manfaat Almond Untuk Wanita, Bantu Diet dan Turunkan Kolesterol

Manfaat kesehatan kacang Almond bagi wanita apabila dikonsumsi.
Ilustrasi - Manfaat kesehatan kacang Almond bagi wanita apabila dikonsumsi. (Sumber : pixabay/@stevepb).
Jawa Barat18 Mei 2024, 11:24 WIB

Gegara Iphone, Kades di Cianjur Divonis 9 Bulan! Coblos Surat Suara Caleg di Pemilu 2024

Kasus ini terbongkar berkat keberanian netizen memposting video aksi curang kades soemantri. Sang kades diduga mencoblos surat suara DPRD Kabupaten yang berwarna hijau
Ilustrasi surat suara. tergiur janji manis caleg (calon legislatif), Kepala Desa Mentengsari, di Cianjur, Jawa Barat, Somantri nekat melakukan kecurangan pada pemilu 2024 lalu (Sumber: istimewa)
Sehat18 Mei 2024, 11:00 WIB

Alami Asam Urat? Konsumsi 5 Makanan Kering Ini Untuk Cegah Hiperurisemia

Beberapa makanan kering ini bisa cegah Hiperurisemia bagi penderita asam urat.
Ilustrasi - makanan kering ini bisa cegah Hiperurisemia bagi penderita asam urat. (Sumber : pixabay/@akirEVarga).
Nasional18 Mei 2024, 10:53 WIB

Benih Lobster Senilai Rp 35 M dari Palabuhanratu Gagal Diselundupkan ke Singapura

Terduga pelaku membawa benih lobster ke Pulau Bangka menggunakan truk.
(Foto Ilustrasi) Polda Kepulauan Bangka Belitung menggagalkan upaya penyelundupan 177.600 ekor benih lobster mutiara dari Palabuhanratu menuju Singapura. | Foto: Istimewa
Kecantikan18 Mei 2024, 10:30 WIB

7 Kesalahan Memakai Parfum yang Bikin Aroma Wangi Cepat Hilang, Yuk Hindari!

Jarang orang ketahui sebenarnya dalam memakai parfum ada cara tertentu agar tahan lama dan tidak salah dalam pemakaian.
Ilustrasi - Kesalahan memakai parfum yang harus diperhatikan banyak orang. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Sukabumi18 Mei 2024, 10:23 WIB

Minta Dikirim Uang, Fakta Hilangnya Gadis Sukabumi Setelah Pamit Kerja ke Bogor

Nurlela dijemput seorang laki-laki menggunakan sepeda motor.
Foto Nurlela (21 tahun). Nurlela adalah warga Desa Sindangraja, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa